Social Icons

Pages

July 10, 2013

7 Kebiasaan Orang-orang Yang Bahagia

Ada yang mengatakan hidup ini indah. Ada pula sebagian orang yang mengatakan hidup ini sulit dan penuh masalah. Jika Anda termasuk orang yang bahagia, tentu akan mengatakan dunia ini indah. Bagi yang tidak bahagia, pasti mengatakan dunia ini tak ada enaknya.

Nah, jika Anda melihat orang-orang yang bahagia, mereka semua memiliki persamaan, yaitu dalam hal tindakan, cara pandang, pola pikir atau pun sikap. Pada kesempatan kali ini, saya akan bagikan 7 kebiasaan yang dimiliki orang-orang bahagia.

#1: Berpikir positif

Ketika terjadi sesuatu masalah atau pun hal-hal negatif, mereka selalu berpikir positif. Mereka bisa mengambil hikmah di balik setiap masalah. Mereka yang selalu positif dalam hidup ini sulit untuk dikalahkan oleh masalah apa pun.

#2: Selalu Bersyukur

Bersyukur adalah menghargai dan puas dengan apa yang dimiliki sekarang serta tidak mengeluh dengan apa yang belum dimiliki. Banyak orang baru mau bersyukur kalau hal-hal besar datang, padahal mereka bisa bersyukur bahkan terhadap hal-hal kecil sekalipun. Pernahkah Anda bersyukur karena bisa makan nasi? Tahukah Anda di Afrika sana, banyak orang mati kelaparan? Sebutir beras saja sangat berharga bagi mereka. Pikirkan apakah perkataan saya benar atau tidak.

#3: Tidak Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Ini penyakit yang sering tak disadari orang. Anehnya, mereka suka membandingkan kelebihan orang lain dengan kelemahan diri sendiri. Ya pasti tidak adil. Coba saja bandingkan dokter yang bisa mengobati orang sakit dengan Anda yang tak bisa? Ini perbandingan yang dibuat orang tolol. Setiap orang punya kelebihan sendiri. Jadi tidak perlu membanding-bandingkan seperti itu. Yang ada hasilnya malah bikin galau.

#4: Tidak Bereaksi Dengan Hal-hal Sepele

Pernahkah Anda melihat orang yang sedikit-sedikit stres hanya karena masalah sepele? Ingat baik-baik, kalau Anda suka stres hanya karena masalah kecil, masalah besar pasti akan membuat Anda depresi. Orang yang bahagia takkan dijatuhkan oleh hal-hal yang sepele yang tidak bermanfaat. Biarkan hal-hal seperti itu berlalu bagai angin sepoi-sepoi, dan lanjutkan hari-harimu.

#5: Senyum

Telah dibuktikan secara ilmiah bahwa orang yang bahagia cenderung lebih sering tersenyum dan tertawa. Ini dikarenakan ketika tersenyum atau tertawa, otak kita melepaskan hormon endorfin yang efeknya mirip dengan morfin yang bisa membuat kita merasa bahagia. Cara mudahnya, lihat saja orang yang sedang bahagia, apakah wajahnya tersenyum atau menangis bombay. Anda sudah tahu jawabannya.

#6: Berani Menerima Kenyataan

Menerima kenyataan tidak sama dengan pasrah. Menerima kenyataan berarti kita tahu bahwa sesuatu telah terjadi dan takkan bisa diubah kembali. Istilahnya merelakan atau ikhlas. Ketika kita ikhlas, kita takkan terbebani atau menyesal. Makanya orang yang rasa ikhlasnya besar selalu tegar apabila masalah datang. Mereka tahu sesuatu terjadi karena ada sebabnya. Saat kita berani menerima kenyataan, kita pasti mampu memetik hikmah dalam bentuk pengalaman. Ini berbeda dengan orang yang sulit menerima kenyataan. Mereka akan selalu bertanya-tanya kenapa harus terjadi begini dan begitu, kenapa hidup ini tak adil. Mereka tak bisa menerima sesuatu yang telah terjadi tersebut. Berani menerima kenyataan adalah salah satu rahasia bahagia terbesar. Jika Anda bisa menerima kenyataan terhadap apa pun yang terjadi, semuanya akan terasa lapang.

#7: Kebahagiaan Ada Di Dalam

Rumus kebahagiaan yang dianut kebanyakan orang adalah bahagia identik dengan materi atau harta. Apakah Anda juga begitu? Yakinkah Anda bahwa uang dan harta berlimpah adalah jalan satu-satunya untuk bahagia? Pikirkan kembali. Kalau memang begitu, kenapa ada orang yang kaya tapi tidak bahagia dan banyak masalah? Kalau memang begitu, berapa banyak orang yang tidak kaya? Pasti lebih banyak porsi orang yang tidak kaya dengan orang yang kaya. Kalau begitu, berarti orang yang tidak kaya atau mayoritas orang di dunia ini berada di ambang ketidakbahagiaan. Uang memang bisa membuat Anda bahagia, tapi belum tentu sepenuhnya. Uang hanya salah satu cara, bukan satu-satunya cara. Dan itu pun tidak bertahan lama. Kebahagiaan yang bertahan lama adalah kebahagiaan yang datang dari hati, bukan dari sumber luar seperti materi.

Di artikel sebelumnya, saya pernah membahas tentang rahasia hidup bahagia tanpa syarat. Silakan baca.

Semoga dengan 7 kebiasaan di atas, Anda akan bertransformasi menjadi orang yang jauh lebih bahagia dari yang sekarang.

Salam.
----------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment