Social Icons

Pages

June 30, 2013

Rahasia Hidup Bahagia Tanpa Syarat

Suatu ketika, ada seorang anak muda yang selalu sedih, hidup dalam kemiskinan, kesepian dan sebatang kara. Ia berusaha mencari jawaban akan kebahagiaan, namun tidak ada jawaban yang memuaskan. Sampai suatu ketika, ia bertemu dengan orang tua berusia 80 tahun yang hidup sendirian bersama pelayannya. Istrinya sudah meninggal 10 tahun lalu. Bukan hanya tua dan sendirian, ia juga buta dan hanya bisa duduk di kursi roda karena lumpuh.

Anak muda ini melihat orang tua tersebut selalu tersenyum dan sinar wajahnya terlihat bahagia walaupun keadaannya seperti itu.

Karena penasaran, anak muda ini bertanya padanya bagaimana ia bisa tetap bahagia meski buta dan tak bisa berjalan. Di sisi lain ia masih muda dan kondisinya lebih baik, tapi malah tidak bahagia.

Orang tua tersebut menjawab, “Aku bahagia karena aku memilih untuk bahgia. Kebahagiaan itu adalah keputusan. Tidak peduli apakah Anda sedih atau bahagia, yang penting aku bisa memutuskan untuk sedih atau bahagia. Dan aku memilih untuk bahagia. Itulah keputusan yang kubuat meski menghadapi masa sulit. Aku bisa saja mengeluh tentang diriku yang sekarang ini, atau bersyukur atas apa yang masih kumiliki dan bisa kuperbuat saat ini. Kita hanya hidup sekali. Dan saranku adalah simpanlah kebahagiaanmu dan keluarkan semua kesedihanmu dari dalam pikiranmu.”

Pembaca sekalian,

Apa pun keadaan yang Anda miliki, senang atau sedih, Anda punya kendali. Anda bisa memilih. Anda bisa memilih untuk merasa sedih atau memilih untuk merasa senang di sini juga dan detik ini juga. Apa yang terjadi pada diri Anda memang tidak bisa berubah, tapi pilihan Anda bisa berubah. Itu yang harus Anda sadari.

Ada beberapa tips untuk menjadi orang yang bahagia tanpa syarat. Tanpa syarat maksudnya adalah tanpa embel-embel apa pun. Banyak orang kepingin bahagia, tanpa ada syarat dan ketentuan berlaku.

Pernah dengan orang mengatakan, “Aku baru bahagia kalau punya banyak uang.”?
“Gimana gak sedih, gak punya duit, pacar pun tak punya.”

“Aku senang kalau punya duit banyak, pacar cantik, rumah gede, punya pesawat jet dan bla bla bla.”

Akrab dengan perkataan seperti itu?

Itulah bahagia dengan syarat tertentu. Dan biasanya orang jadi sedih jika syarat itu tak terpenuhi. Padahal bahagia bisa diraih tanpa itu semua.

Yang pertama adalah putuskan untuk bahagia detik ini juga. Kalau selama ini Anda suka bergalau ria, itu karena Anda memilih untuk galau. Nah, sebaliknya, Anda juga bisa memilih untuk berhepi ria.

Yang kedua, hargai dan syukuri apa yang dimiliki saat ini. banyak orang tidak menghargai apa yang dimiliki sampai itu semua direnggut darinya. Ketika Anda bersyukur, Anda merasakan kebahagiaan dan kekayaan batin. Kencangkan sabuk syukur Anda dengan menghargai apa yang sudah dimiliki.

Yang ketiga, jauhkan pikiran dari hal negatif. Anda mungkin sudah mengerti ini. bagaimana mungkin bisa bahagia kalau pikiran terus memikirkan sesuatu yang galau? Ya, ujung-ujungnya meraung-raung.

Yang keempat, berikan sebagian milik Anda pada orang lain. Istilah kerennya sedekah. Khusus untuk ini, saya tak perlu lagi menjelaskan sampai mulut berbuih. Banyak yang membahas tentang sedekah ini. Sedekah, apabila bisa membantu apalagi membuat orang bahagia, otomatis kita akan lebih bahagia. Ada rasa bahagia tersendiri ketika melihat orang lain bahagia karena pemberian kita.

Yang terpenting adalah kebahagiaan sejati yang datang dari dalam diri Anda lebih bertahan lama ketimbang kebahagiaan semua yang ada syarat dan ketentuan berlaku. Ketika kebahagiaan diraih tanpa syarat, kondisi separah apa pun tidak akan sanggup membuat Anda bersedih.

Salam.
------------------------------------------------------------------------------

4 comments: