Social Icons

Pages

July 20, 2013

Ingin Disiplin? Ikuti 6 langkah Ini

Salah satu hambatan terbesar yang dihadapi orang dalam bertindak adalah kurangnya disiplin. Ini mungkin terjadi pada Anda. Anda punya banyak impian atau target yang ingin diraih, tapi kurang disiplin untuk meraihnya. Anda hanya semangat dan panas di awal, istilahnya panas-panas tahi gajah. Tapi lama-lama Anda jadi dingin dan melupakan apa yang ingin diraih.

Ketika Anda jadi dingin, Anda pun mulai merendahkan diri. Anda merasa tidak berguna karena tidak disiplin sehingga membawa lebih banyak kegagalan. Akhirnya Anda yakin bahwa Anda orangnya tidak disiplin.

Ada 6 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi disiplin atau minimal lebih disiplin dari biasanya.

1. Maafkan diri anda

Ingat, tak ada manusia di kolong bumi ini yang sempurna, tanpa cacat dan tanpa salah. Sadarlah bahwa menyakiti diri dengan mengatakan Anda tidak disiplin hanya akan memperburuk keadaan. Lepaskan beban tersebut. Rasa yang paling terkasihan adalah rasa rendah diri.

2. Disiplin datangnya dari motivasi

Perlu Anda ketahui, disiplin adalah sebuah konsep pengembangan diri. Coba pikir, orang-orang mengatakan disiplin adalah mendorong atau memaksa diri melakukan apa yang tidak ingin dilakukan. Tapi pertanyaannya, bagaimana Anda melakukannya? Semua itu membutuhkan motivasi. Tanpa motivasi, Anda sulit atau bahkan tidak mungkin mau melakukan sesuatu. Jadi, motivasi adalah konsep kuncinya. Motivasi adalah sesuatu yang bisa dikuasai. Saya sudah jelaskan ini semua dalam buku motivasi paling lengkap, yang berisi semua ilmu motivasi, bagaimana menguasai dan memotivasi diri. Klik di sini untuk penjelasan lebih detil.

3. Fokus pada motivasi

Apa motivasi Anda dalam mengejar impian atau meraih apa pun? Bagaimana Anda bisa tetap termotivasi meski banyak rintangan atau bahkan gagal berkali-kali? Jawabannya adalah motivasi. Milikilah motivasi dalam melakukan apa pun. Tanpa motivasi, Anda pasti sulit menyelesaikan apa pun. Orang-orang sukses memiliki satu kesamaan yaitu, motivasi untuk sukses. Tanpa motivasi, sukses adalah hal yang sangat jauh dari jangkauan. Ketika Anda ingin menyerah, ingat-ingat lagi motivasi Anda saat memulai. Apa motivasi Anda? Fokus pada motivasi tersebut. Caranya? Sekali lagi ada di buku saya, The Science of Motivation. Buku ini satu-satunya buku yang membahas motivasi secara ilmiah.

4. Jangan terlalu berpikiran rumit

Kadang disiplin itu sulit karena merasa apa yang ingin dikerjakan memang terasa sulit. Jadi berpikirlah lebih simpel. Jangan memperumit keadaan. Contohnya, Anda merasa olahraga itu sulit? Kalau begitu, itu pasti karena Anda berpikir olahraga butuh waktu berjam-jam, capek, berkeringat dan lelah. Cobalah yang simpel dulu. Coba lakukan selama 5-10 saja. begitu terbiasa dan nyaman, tingkatkan sampai 20-30 menit. Begitu seterusnya sampai terbiasa, maka Anda sendiri takkan sadar bisa sedisiplin itu.

5. Fokus pada kenikmatan

Sangat sulit untuk jadi disiplin kalau Anda benci melakukannya. Satu jam melakukannya terasa seperti satu hari. Waktu terasa berjalan seperti siput hamil. Cari cara agar Anda bisa menikmati apa yang dilakukan. Contohnya, pas Anda olahraga, dengarkanlah musik atau cari teman bicara atau berolahraga di tempat lain (bukan cuma tempat itu-itu saja). Malas mengerjakan tugas kuliah? Carilah tempat yang nyaman, putar musik yang mantap (jangan putar lagu yang bisa bikin hati remuk dan menangis bombay), sediakan minuman atau cemilan favorit dan lainnya. Cari cara agar Anda bisa enjoy mengerjakannya.

6. Ulangi terus sampai terbiasa

Kadang, meski sudah berusaha untuk disiplin, Anda pasti pernah bolong juga. It’s OK. Jangan jadikan itu alasan buat menyerah dan mengatakan Anda tidak disiplin. Ini hanyalah alasan ilusi untuk menjadi malas kembali. Jangan sampai itu terjadi. Mulai lagi. Anda harus punya komitmen untuk melakukan apa yang ingin dilakukan. Katakanlah Anda akan melakukannya 30 hari tanpa bolong. Lakukan dengan komitmen sampai selesai, sampai terbiasa. Kalau sudah terbiasa, tak ada lagi yang namanya tidak disiplin.

Semoga 6 langkah di atas menjadikan Anda lebih disiplin, mampu mengerjakan lebih banyak dan selalu menyelesaikan sesuatu tepat pada waktunya.

Salam.
---------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment