Social Icons

Pages

July 31, 2013

Benarkah Motivasi Tidak Penting?

Motivasi adalah kekuatan tak terlihat yang menyebabkan kita melakukan suatu tindakan. Setiap tindakan yang kita lakukan pasti ada alasannya, dan alasan tersebut diringkas menjadi motivasi. Motivasi sendiri berasal dari dua kata, yaitu motif dan aksi. Motif adalah alasan sedangkan aksi adalah tindakan. Motivasi berarti tindakan yang disebabkan oleh adanya suatu alasan. Saya juga membahas ini di buku saya, The Science of Motivation.

Tindakan atau action yang kita lakukan, sangat tergantung dengan seberapa besar motivasi yang muncul. Kalau motivasi besar, kita cenderung mudah melakukan sesuatu. Begitu pula sebaliknya, kalau tidak ada motivasi, mikirin aja udah males. Jika ada alasan yang sangat kuat, motivasi pasti akan besar pula yang menyebabkan kita berani melakukan sesuatu, meskipun pada awalnya kita tak berani melakukannya.

Seorang pengecut bisa berubah mendadak jadi pemberani karena motivasi yang besar. Orang pesimis bisa berubah jadi optimis karena motivasi besar yang dimiliki. Motivasi juga membuat kita berani mengambil resiko yang pada awalnya tak berani ambil. Semua impian dan prestasi besar di dunia ini bisa diraih karena adanya motivasi. Tanpa adanya motivasi, mustahil kita bisa meraih sesuatu. Motivasi itu ibarat bahan bakar yang membuat kita melaju kencang menuju apa pun yang kita impikan.

Tapi, ada beberapa orang yang berpikir bahwa motivasi tidak ada gunanya? Benarkan seperti itu? Semua itu dikarenakan motivasi tidak bisa bertahan lama. Mungkin kita semangat pada awalnya, tapi hari demi hari semangat tersebut makin lemah dan akhirnya hilang entah ke mana. Panas-panas tahi gajah.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Anda mungkin pernah mengikuti seminar motivasi yang membuat semangat Anda begitu menyala-nyala. Tapi beberapa hari kemudian, Anda kembali lagi seperti biasa. Semangat yang tadinya membara tiba-tiba hilang tanpa alasan yang jelas. Bukankah seminar motivasi yang cukup menguras uang membuat semuanya jadi sia-sia saja?

Dengan pemikiran seperti itu, wajar saja kalau Anda berpikir motivasi tidak penting. Wajar saja kalau banyak orang mempertanyakan seberapa pentingnya motivasi. Dan bagi Anda yang berpikir motivasi tidak penting, maka Anda salah. Mengapa? Mari saya jelasksan.

Anda harus ingat, segala sesuatu di dunia ini tidak ada yang tetap. Semuanya berubah dari masa ke masa. Hanya ada satu yang tetap, yaitu perubahan. Begitu pula dengan motivasi. Jadi tidak mungkin motivasi terus tetap selamanya tanpa berubah. Tidak mungkin orang bisa terus-terusan bersemangat non-stop. Ini non sense. Ada kalanya Anda begitu bersemangat, ada kalanya Anda begitu putus asa, ada kalanya Anda begitu malas. Ini wajar. Orang sukses juga tidak memiliki motivasi yang terus menyala. Ada kalanya mereka tidak bersemangat sama sekali. Yang jadi perbedaan adalah, ketika tidak bersemangat, orang sukses tahu bagaimana menyemangati diri sendiri. Mereka bisa memotivasi diri sendiri untuk take action.

Motivasi juga bisa dianalogikan seperti halnya makan, minum atau mandi. Apakah sekali makan langsung kenyang seumur hidup? Tentu tidak. Begitu lapar, kita harus makan. Begitu haus kita harus minum. Begitu badan kotor, kita harus mandi. Begitu pula dengan motivasi. Ketika kita tidak termotivasi, kita butuh suntikan motivasi. Bisa dibilang, motivasi diperlukan saat Anda sedang loyo, lesu, malas melakukan apa pun.

Hampir semua orang membutuhkan motivasi. Seperti yang dijelaskan tadi, motivasi terdiri dari motif dan aksi. Tidak ada tindakan tanpa motif. Tanpa motif atau alasan, hampir mustahil Anda melakukan suatu tindakan. Apalagi tindakan besar, tentu membutuhkan motivasi yang besar pula. Orang yang tidak bersemangat sudah pasti membutuhkan motivasi. Orang yang sudah termotivasi pun butuh motivasi supaya motivasinya makin besar.

Jadi, tidak benar kalau motivasi itu tidak penting. Tanpa motivasi, Anda sulit meraih sukses. Memang motivasi tidak menjamin kesuksesan. Tapi tanpa motivasi, sukses adalah misi yang mustahil dicapai. Mission impossible. Tidak ada orang sukses yang tidak termotivasi pada saat meraihnya. Kalau tidak ada motivasi, Anda cenderung mudah menyerah bahkan oleh kegagalan-kegagalan kecil. Bahkan Anda sulit untuk memulai sesuatu. Ini dikarenakan, motivasi adalah kekuatan yang mendorong seseorang memulai suatu tindakan.

Semoga penjelasan ini membuat Anda sadar betapa pentingnya motivasi bagi kesuksesan dan kehidupan Anda. Jika ingin mengetahui segala ilmu mengenai motivasi paling lengkap dan paling praktis, silakan baca buku saya yang berjudul, The Science of Motivation.

Salam.
--------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment