Social Icons

Pages

May 13, 2013

Mendatangkan Hal Positif Hanya Dengan 5 Menit Sehari

Sadarkah Anda bahwa Anda sedang hidup dalam dunia yang penuh dengan hal-hal negatif? Lihat sekeliling Anda, khususnya media. Berita seperti apa yang Anda temui? Berita apa yang sering terpampang di halaman depan koran? Berita apa yang sering menjadi hotnews?

Secara umum, berita-berita yang masuk golongan seperti itu adalah berita negatif. Halaman depan surat kabar sering dihiasi berita mengenai kriminalitas, pembunuhan, pemerkosaan, perang, skandal, perseteruan, konspirasi dan lainnya. Berita TV juga hampir sama. Berita seperti ini sudah menjadi santapan normal bagi kita.

Kenapa harus berita negatif?
Media tahu betul betapa kuatnya karakter psikologis manusia. Kita sebagai manusia lebih perhatian pada sesuatu yang negatif. Reaksi manusia terhadap sesuatu yang negatif jauh lebih kuat ketimbang yang positif.

Tebak saja, mana yang lebih laku, berita mengenai keharmonisan rumah tangga selebritis atau kasus kekerasan rumah tangga selebritis?

Mana yang lebih menarik perhatian, berita mengenai kerja sama dua negara atau berita mengenai dua negara yang bersiap perang? You know what I mean.

Dalam evolusi kehidupan manusia, waspada terhadap hal negatif adalah keharusan. Apalagi bagi manusia yang hidup di zaman dulu. Itu semua demi kelangsungan hidup. Dunia saat itu masih begitu liar. Kalau tidak berhati-hati, nyawa bisa terancam setiap saat. Jadi kewaspadaan terhadap hal negatif sebetulnya sangat berguna untuk bertahan hidup.

Dan kemampuan seperti ini sampai sekarang masih dimiliki oleh kita sebagai manusia. Sensitivitas kita terhadap hal negatif masih belum berubah. Yang berubah saat ini adalah semakin banyaknya kadar kenegatifan yang menyerang diri kita.

Kenapa bisa begitu?

Kita sekarang hidup di zaman informasi, di mana jutaan informasi berlalu lalang melewati hidup kita dengan sangat cepat. Informasi juga bisa diakses dengan sangat mudah berkat kemajuan teknologi yang kita nikmati saat ini. masalahnya hal-hal negatif juga ikut membesar tingkatannya. Hampir setiap hari Anda dijejali dengan hal-hal negatif. Mungkin Anda tidak menyadari ini. Anda juga tak pernah memikirkan akibatnya terhadap cara pandang Anda terhadap hidup ini.

Anda tak pernah berpikir bahwa Anda secara tidak langsung telah menjadi lebih negatif.

Anda tidak sadar menjadi lebih fokus terhadap hal-hal negatif.

Anda tidak sadar suka bereaksi negatif terhadap apa pun yang terjadi.

Anda tidak tahu bahwa Anda perlahan-lahan mengembangkan pola pikir negatif.

Anda tidak tahu bahwa Anda cenderung lebih pesimis dalam hidup karena terus disuapi oleh hal-hal negatif.

Pernahkah Anda menyadari itu?

Semua ini bisa mendatangkan hal-hal negatif dalam kehidupan Anda. Kalau Anda terus fokus pada hal-hal negatif, hal-hal positif pasti sulit datang. Ketika Anda fokus ke arah negatif, Anda pasti tidak sempat melihat hal-hal positif yang mungkin melewati Anda.

Analoginya seperti ini. Di sebelah kiri Anda adalah hal negatif, sebelah kanan hal positif. Anda terus menoleh ke kiri, apakah bisa melihat sesuatu yang ada di sebelah kanan Anda? Saya yakin Anda sangat paham.

Ketika Anda dijejali hal negatif, Anda takkan sempat fokus ke arah positif, itu pasti. Makanya banyak orang mengeluh sial dan tidak beruntung. Menurut saya itu dikarenakan mereka fokus pada hal yang sial.

Setelah Anda mengetahui efeknya, lalu bagaimana mendatangkan hal positif?

Sangat mudah, hanya perlu 5 menit setiap hari, sebelum tidur.

Sebelum tidur, ingat kembali atau tuliskan kembali 5 hal positif yang Anda syukuri hari itu?

kalau tidak ada gimana?

Tidak mungkin tidak ada. Sekali lagi, itu masalah kebiasaan dari fokus. Orang yang terbiasa berpikir negatif akan sulit untuk berpikir positif.

Cari 5 hal yang Anda syukuri. Bisa saja berupa pujian dari teman, bos atau pasangan. Bisa juga ditraktir teman. Bisa juga karena membeli barang baru. Atau karena bisa menemani anak Anda yang lucu. Bahkan hal-hal kecil pun bisa disyukuri, seperti bisa makan tiga kali sehari atau bisa tinggal di tempat yang layak. Masih banyak orang yang hidup kelaparan dan tidak punya tempat tinggal yang layak. Lihat saja negara miskin di Afrika. Pokoknya, selalu ada kejadian yang bisa disyukuri.

Lalu bayangkan sejenak kejadian tersebut. Dengan begitu Anda melatih diri untuk fokus ke arah positif. Lagipula otak bawah sadar lebih kuat sesaat sebelum tidur. Hal ini tentunya bisa mengubah pola pikir, sikap dan cara pandang yang tentunya akan mengundang hal positif ke dalam hidup Anda.

Selain itu, dalam lingkungan Anda, usahakan kurangi porsi fokus yang negatif. Perbanyak fokus ke arah yang negatif.

Percaya tidak percaya, penelitian menunjukkan bahwa latihan syukur seperti ini bisa membawa manfaat besar; menjadi lebih positif, mampu menghadapi tantangan dengan lebih bijak, dan percaya diri meningkat.

Kesimpulannya, bagaimana mendatangkan hal positif? Salah satu cara mudahnya adalah dengan bersyukur. Dan hebatnya, itu bisa dilakukan 5 menit sehari.

Salam.
-------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment