Social Icons

Pages

July 13, 2013

Lakukan Sekarang Atau Tidak Sama Sekali

‘Just Do it Now’ mungkin adalah slogan yang sangat mudah dipahami, tetapi tidak mudah untuk dilakukan. Malah, slogan ini membuat banyak orang merasa takut. Jika Anda ingin sukses dalam hal apa pun, Anda harus mengambil tindakan untuk meraihnya.

Tindakan adalah hal yang paling penting untuk mendapatkan kesuksesan. Tindakan adalah jembatan yang menghubungkan impian dan kenyataan. Sayangnya, tidak semua orang berani menyeberangi jembatan tersebut. Alasan klasik yang paling sering kita dengar adalah karena malu atau takut. Alasan itulah yang membuat mereka sulit menerapkan slogan ‘Just Do It Now’ dalam tindakan nyata.

Bagi Anda yang masih belum terbiasa untuk langsung mengambil tindakan, maka slogan ini akan membuat emosi Anda campur aduk seperti gado-gado. Malu, takut, gelisah, gugup, tegang, khawatir dan keringatan adalah hal yang wajar ketika ingin memulai suatu tindakan. Mungkin Anda merasa lebih baik mundur dan menyerah.

Sungguh ironis! Di satu sisi Anda ingin sekali sukses, tetapi di sisi lain, Anda takut dan tidak siap jika harus menerima kegagalan. Dua emosi ini menabrak Anda sekaligus dari dua sisi berlawanan. Akhirnya, Anda lebih memilih untuk diam saja sambil membayangkan hidup dalam indahnya kesuksesan. Konyol, bukan?

Ada juga yang sebelum mengambil tindakan, selalu menganalisa dan berpikir terlebih dahulu. Sayangnya, kebanyakan dari mereka terlalu lama berpikir dan pikiran mereka makin lama makin negatif dengan membayangkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi nanti. Akibatnya, muncul sekarung alasan untuk membatalkan tindakan.

Pernah mendengar orang yang berkata seperti ini, “Ah, nanti kalau waktunya sudah tepat, baru nanti aku bergerak...”. Jika Anda juga berpikiran seperti ini, bahwa Anda akan mengambil tindakan jika waktu dan kondisinya sudah pas, maka Anda tidak akan pernah melakukannya. Percayalah! Tidak ada waktu yang pas. Tidak ada kondisi yang 100% sempurna. Yang ada hanya waktu dan kondisi SEKARANG. Tidak ada esok atau lusa, yang ada hanyalah sekarang. Now or never, sekarang atau tidak sama sekali.

Terlalu banyak berpikir malah akan membuat Anda semakin sulit untuk mengambil tindakan. Banyak orang yang gagal justru karena terlalu jenius dalam berpikir dan berteori.

Teori memang penting, tetapi jika Anda tidak pernah mengambil tindakan, teori tersebut hanya akan menjadi barang rongsokan. Teori adalah awal yang bagus, tetapi tindakan-lah yang menentukan hasil akhirnya.

Herannya, ketika orang tidak memutuskan untuk bertindak, mereka dengan senang hati menghibur diri sendiri dengan mengatakan, “Ah, gak apa-apa. Minimal aku sudah berusaha untuk berpikir keras sebelum mencoba...” Mereka suka membuat-buat alasan yang justru menjadikan mereka makin lemah.

Mungkin Anda bertanya, ”Bukankah menyakitkan jika kita mengambil tindakan tapi akhirnya gagal juga?”

Segala sesuatu yang Anda lakukan pasti beresiko. Tergantung Anda berani menerima resiko itu atau tidak. Jika Anda bertindak, maka ada 2 resiko yang mungkin Anda terima. Pertama, Anda akan gagal. Kedua, Anda berhasil. Tapi jika Anda tidak bertindak sama sekali, maka hanya ada satu resiko yang harus Anda tanggung, yaitu gagal 100%. Kalau ada tindakan, minimal peluang berhasilnya 50%. Pilihan ada di tangan Anda sendiri.

Saya memiliki sebuah kalimat bijak favorit yang bunyinya, ”Jika Anda tidak berani mendekati lebah karena takut disengat, maka Anda tidak pantas untuk mendapatkan madu.”

Sama halnya jika Anda takut ditolak dan tidak berani menerima kegagalan, maka Anda tidak pantas mendapatkan kesuksesan. Selalu ada pengorbanan yang harus Anda berikan untuk memperoleh apa yang Anda inginkan. Jika Anda ingin sukses, maka Anda berkorban dengan cara kerja keras, komitmen, disiplin dan lain-lain. Jika Anda ingin juara kelas, Anda harus berkorban dnegan cara rajin belajar dan selalu latihan. TAKE ACTION dan JUST DO IT NOW begitu ada kesempatan.

Jangan terlalu menggunakan logika dalam berpikir jika ingin sukses. Karena apa yang Anda anggap benar secara logika seringkali tidak berhasil dan apa yang anggap konyol dan mustahil secara logika seringkali berhasil. Dengan tindakan, berarti Anda telah mengambil sebuah langkah yang berarti, meskipun baru satu langkah. Itu jauh lebih baik daripada berdiri seperti patung tanpa pernah melangkah sedikitpun dan membayangkan bisa sukses.

Semoga bermanfaat dan silakan sharing pendapat Anda dengan memberikan komentar.
---------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment