Social Icons

Pages

July 25, 2013

5 Tips Bahagia Tanpa Mengubah Apa pun

Tidak peduli siapa diri Anda, di mana Anda berada atau apa yang Anda miliki atau tidak miliki, Anda bisa bahagia saat ini juga tanpa perlu mengubah situasi apa pun dalam hidup ini.

Ini di karenakan bahagia tak ada hubungannya dengan kondisi luar dan syarat apa pun. Orang yang berbahagia bisa bahagia tidak peduli seperti apa hidupnya saat ini.

Ada 5 tips yang bisa Anda ambil untuk menjadi bahagia tidak peduli hidup Anda seperti apa.

1. Lepaskan masa lalu

Banyak orang merasa bisa melakukan ini. Mereka pikir sudah merelakan apa yang telah terjadi, padahal mereka masih membawa benih kebencian, kemarahan, dendam, sakit hati dan penyesalan dari masa lalu, yang menguras energi dan pikiran.

Penyakit hati yang terus di bawa hingga kini hanya akan menghambat kemajuan hidup Anda. Anda akan terus bergulat dengan penyakit hati tersebut alih-alih melepaskannya lalu menjalani hidup dengan tenang. Dan sayangnya, banyak orang tidak sadar betapa berbahayanya hal tersebut bagi kebahagiaan hidup.

Ketika Anda terus menyimpan amarah, dendam dan kebencian, satu-satunya orang yang terluka adalah diri sendiri. Ini sama seperti Anda minum racun, tapi berharap orang lain yang mati. Andalah yang mati duluan.

Orang lain hanya melukai hati Anda sekali, tapi Anda sendiri melukai diri Anda dengan terus mengingatnya dalam waktu lama. Anda digigit ular hanya sekali, bukannya mengeluarkan racunnya, Anda malah dendam dengan ular itu sampai lupa bahwa racun terus menyebar ke tubuh. Siapa yang rugi? Anda sendiri.

2. Terimalah diri Anda apa adanya

Pernahkah Anda ketemu dengan orang yang tidak percaya diri dengan penampilannya? Banyak dari mereka yang merasa terlalu pendek, terlalu kurus, terlalu gemuk, hidup pesek, mata cipit, terlalu banyak lemak di paha, wajah jelek, terlalu cantik (ini mungkin gak ada)?

Apa yang terjadi kemudian? Ketika seseorang merasa tidak cukup tinggi, ideal, cantik atau sempurna, mereka cenderung minder dan tidak bahagia. Mereka tidak bisa menerima diri mereka yang sekarang. Ini mungkin sering terjadi pada wanita. Itulah sebabnya banyak dari mereka yang berusaha memperbaiki penampilan diri dengan pergi ke salon kecantikan, operasi plastik untuk memuluskan wajah dan memancungkan hidung seperti yang dilakukan selebritis korea. Semua itu mungkin bisa ditebus kalau punya uang.

Bagi yang tidak punya cukup uang? Biasanya akan merengut dan mengeluh kenapa orang lain terlihat cantik dan tampan dengan penampilan yang ideal, sedangkan dirinya jauh dari sempurna.

Ingat, ketika Anda bisa menerima diri apa adanya, Anda otomatis mencintai diri sendiri. Anda menjadi nyaman tanpa beban, tanpa rasa malu dengan diri Anda.

3. Bersyukurlah

Ini juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya yang berjudul Meraih hal positif hanya dalam 5 menit sehari.

4. Lakukan apa yang Anda cintai

Sangat sulit bagi Anda untuk bahagia jika terus melakukan apa yang tidak disukai. Memikirkan saja sudah bikin muak. Apalagi jika dilakukan terus-terusan setiap hari sampai bosan.

Tanyakan apa yang sangat ingin Anda lakukan tapi terus tertunda? Lakukan sekarang juga. Melakukan apa yang Anda cintai membuat Anda memiliki waktu yang berkualitas dan menyenangkan. Selain itu, pikiran Anda terus diisi oleh pengalaman positif selama kegiatan itu.

Lakukanlah selagi masih ada waktu dan kalau punya waktu. Setiap orang pasti punya sesuatu yang sangat ingin dilakukan.

Lihat saja contohnya berjalan-jalan selama liburan. Hampir semua orang menyukainya. Bagaimana perasaan saat itu? pasti senang, bukan? Hari demi hari dilewati dengan penuh suka cita dan waktu terasa seperti terbang begitu cepat.

5. Stop berlagak menjadi orang yang bukan diri Anda

Istilah ringkasnya adalah gengsi. Banyak orang demi gengsi, rela memaksakan diri menjadi orang yang bukan dirinya. Bahkan ada yang rela menjadi sosok yang sebetulnya tidak sanggup ia jalani.

Pernah lihat orang yang berlagak sok kaya, padahal kenyataannya tidak? Kemampuannya dipaksakan di luar batas normal untuk menjadi apa yang dianggap hebat oleh orang lain. Mereka rela melakukan itu supaya bisa diterima oleh orang lain, supaya dianggap hebat oleh orang lain. Padahal akibatnya bisa merugikan diri sendiri.

Tidak perlu gengsi-gengsian. Kalau memang mampu ya silakan, kalau memang tidak mampu ya katakan tidak mampu. Tidak perlu berlagak mampu. Gengsi itu mungkin nikmatnya hanya sementara, tapi begitu Anda tidak mampu lagi memberinya makan, Anda yang akan dimakan gengsi itu. Hiduplah sesuatu kebutuhan.

5 tips di atas bisa dilakukan siapa pun tidak peduli apa pun kondisi yang sedang terjadi. Seperti yang saya katakan di artikel sebelumnya, kebahagiaan sejati itu datangnya dari dalam, tanpa syarat apa pun.

Bagikan artikel ini ke teman-teman dan tunggu artikel berikutnya.

Salam.
----------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment