Social Icons

Pages

May 1, 2013

Satu Pertanyaan Yang Mengubah Hidup Anda

Setiap saat, kita selalu mengajukan pertanyaan buat diri sendiri. Dan setiap jawaban yang keluar akan menentukan tindakan apa yang diambil. Masalahnya banyak orang memiliki kebiasaan salah dalam bertanya, yang mana membuat mereka meragukan kemampuan diri sendiri.

“Kenapa aku bisa sebodoh ini?”

“Kenapa aku bisa berbuat kesalahan seperti ini?”

“Haruskah aku berhenti saja dan menyerah?”

Pernahkah Anda bertanya seperti di atas? Pasti pernah. Dengan bertanya seperti itu, otak pasti akan memberikan jawaban. Tapi jawaban tersebut membuat Anda makin loyo, down dan tidak bersemangat.

Ketika Anda bertanya, “Kenapa aku bisa sebodoh ini?”, lalu keluar jawaban, “Ya, jelas kamu bodoh. TK aja 5 tahun.” Jawaban seperti itu pasti membuat Anda lemah, membuat Anda ragu dengan kemampuan untuk berbuat lebih baik.

Pertanyaan negatif seperti di atas tidak akan membuat hidup menjadi lebih baik, yang ada malah makin berantakan.

Tanyalah pertanyaan yang membuat Anda lebih powerful, lebih berdaya dan lebih bersemangat, bukan sebaliknya. Tanyakan pertanyaan yang lebih baik, yang mana jawabannya menghasilkan daya yang mendorong Anda ke arah hidup yang lebih baik.

Saya sangat percaya dengan kekuatan pertanyaan, tapi pertanyaannya harus tepat dan benar. Tanyakanlah pertanyaan yang sedikit memaksa pikiran Anda untuk menemukan solusi yang luar biasa. Pertanyaan seperti itu adalah pertanyaan yang dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, kalau bukan dahsyat.

Tentu saja ada banyak jenis pertanyaan yang mengubah hidup menjadi lebih baik. Tapi ada satu pertanyaan yang bisa mengubah hidup Anda di bidang apa pun. Karena pertanyaan ini mengarahkan pikiran untuk mencari jalan menuju perbaikan positif.

Pertanyaan itu adalah:

“Bagaimana aku bisa melakukannya dengan lebih baik?”

Setiap tindakan yang kita lakukan pasti akan mendatangkan hasil. Tapi hasil itu bisa berupa sesuatu yang Anda harapkan dan yang tidak Anda harapkan (ini yang sering terjadi).

Sayangnya, banyak orang sudah terbiasa bertanya dengan cara yang salah. Saat hasil dari tindakan mereka tidak sesuai harapan, mereka malah bertanya, “Kok bisa seperti ini?, “Aduuuh, kenapa bisa gagal, ya?” atau “Kenapa gagal terus ya?”

Ketika mereka baik secara sengaja maupun tak sengaja bertanya seperti itu, apa yang terjadi? Pasti down. Kenapa? Karena pertanyaan negatif akan menghasilkan jawaban yang melemahkan semangat.

Jawabannya mungkin berupa, “Kamu gagal karena kamu gak pantas”, atau “Ya, gagal, karena kamu memang gak mampu.” Jawaban tersebut perlahan-lahan mengikis potensi yang sebenarnya besar. Jawaban itu akan membuat Anda makin bersemangat untuk menyerah secepat mungkin. Anda mulai ragu dengan apa yang sudah Anda mulai.

Kali ini, Anda harus secara sadar menanyakan, “Bagaimana aku bisa melakukannya dengan lebih baik?” Dengan bertanya seperti itu, Anda bisa memperbaiki kegagalan dan kesalahan yang terjadi. Bukan hanya itu, pertanyaan ini mendorong Anda meningkatkan kemampuan diri. Anda yang sudah mendapatkan hasil yang baik akan terus terpacu melakukan yang lebih baik lagi.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanyalah menjadi lebih baik dan lebih baik. Untuk menjadi lebih baik dari kemarin dan esok, selalu tanyakan satu pertanyaan ini. Dengan begitu, pikiran Anda akan mengarahkan hidup Anda menuju jalan yang lebih baik.

Sampai jumpa lagi di artikel lain yang lebih dahsyat.

Salam.
-----------------------------------------------------
Sudah baca buku kitab motivasi? Wajib baca! lihat penjelasan di sini.

No comments:

Post a Comment