Social Icons

Pages

May 20, 2013

Pentingnya Kepercayaan Diri

Apakah Anda percaya dengan kemampuan diri sendiri?

Apakah Anda malah meremehkan kemampuan Anda sehingga membuat Anda tidak percaya diri dalam melakukan apa pun?

Saya percaya setiap orang, termasuk Anda, hanya akan melakukan apa yang menurut Anda yakin dan sanggup dilakukan. Anda tidak akan mau melakukan itu kalau jauh di dalam lubuk hati Anda tidak percaya bisa melakukannya. Meskipun melakukannya, Anda pasti setengah hati.

Jadi bisa dikatakan, apakah Anda mau melakukan sesuatu atau tidak tergantung pada seberapa besar kepercayaan diri yang ada dalam diri Anda. Anda pasti sulit melakukan sesuatu yang besar jika kepercayaan diri Anda sangat kecil.

Kepercayaan diri yang kecil ini akan membuat Anda menjadi musuh utama bagi diri sendiri. Anda mulai meremehkan diri sendiri.


“Aku kan bodoh. Mana mungkin aku bisa.”

“Aku gak akan bisa melakukannya.”

“Ini bukan keahlianku.”

“Ah, aku ini kan lulusan S-3 (Sertifikat SD Saja), mana mungkin aku bisa jadi orang hebat.”

“Aku cuma orang biasa, gak pantas bermimpi.”

Anda sendiri memandang sebelah mata pada diri Anda. Secara otomatis kepercayaan diri Anda ikut anjlok. Akibatnya, kemampuan diri ikut berkurang drastis dari kapasitas yang sebenarnya.

Jujur, kita sebagai manusia memiliki potensi yang sangat besar. Masalahnya, potensi itu terhambat hanya karena kita tak percaya kita bisa, padahal belum mencoba. Banyak orang doyan menjadi peramal kelas teri dengan meramal bahwa diri mereka tidak akan berhasil. Apakah itu benar? Belum tentu. Peramal kelas wahid saja bisa salah, apalagi manusia biasa yang meramal dengan kesimpulan yang tidak masuk akal.

Belum mencoba saja sudah menjatuhkan vonis, “Aku pasti gak bisa.” 

Belum memulai saja sudah menjatuhkan talak sepuluh, “Tidak bisa, titik.”

Tanpa bukti apa pun langsung menjatuhkan hukuman, “Seumur hidup pasti begini-begini terus.”

Anda mengalami krisis kepercayaan diri yang parah sehingga sulit meraih apa pun.

Tahukah Anda bahwa ketika Anda tidak percaya diri, apa pun yang dilakukan biasanya terlihat jelek di mata Anda? Anda selalu merasa hasil dari apa yang Anda lakukan selalu terlihat cacat. Jadinya, Anda semakin meremehkan diri Anda. Semua ini berakar dari ketidakpercayaan diri Anda pada kemampuan yang dimiliki. Meskipun orang lain menilai bagus, Anda tetap merasa tidak bagus karena rasa tidak percaya diri mengalihkan fokus Anda ke arah yang jelek-jelek.

Jadi, mengapa kepercayaan diri sangat penting? Karena kepercayaan diri berhubungan langsung dengan potensi dan kemampuan diri. Semakin rendah kepercayaan diri, semakin jauh potensi Anda bersembunyi. Potensi berhubungan langsung dengan apa yang bisa diraih. Ketika potensi dan kemampuan Anda mengecil, hasil yang diperoleh pun lebih kecil dari hasil besar yang sebenarnya bisa Anda capai.

Kepercayaan diri --> potensi --> Hasil yang dicapai

Kepercayaan diri mempengaruhi potensi yang pada akhirnya mempengaruhi hasil yang Anda raih.

Itulah kenapa orang yang tidak percaya diri sulit melakukan hal-hal besar. Mereka tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki. Jadinya, mereka hanya percaya mampu melakukan hal-hal kecil.

Ketika ditanya, “Kamu yakin gak bisa berhasil?”, mereka akan menjawab, “Gak mungkin lah. Aku hanya orang kecil, orang biasa.” Apa reaksi orang tersebut ketika bertemu peluang besar? Biasanya mereka akan melewatkannya begitu saja. Rasa tidak percaya diri menurunkan kemampuan yang sebenarnya sehingga peluang itu terlihat sangat besar dan tak terjangkau.

Anda lihat sendiri betapa merugikannya ketika Anda tidak yakin dengan apa yang bisa Anda lakukan. Potensi besar perlahan-lahan terkubur, semakin lama semakin dalam sampai akhirnya tertimbun selamanya.

Anda harus sadar bahwa manusia diberkati dengan kemampuan, kapasitas dan potensi yang bisa dibilang tak terbatas. Keajaiban demi keajaiban terus terjadi. Hal-hal diluar logika dan imajinasi terus bermunculan. Makanya Anda juga harus percaya bahwa Anda punya potensi untuk melakukan dan meraih apa pun. Anda harus percaya diri bisa melakukannya.

Di artikel berikutnya saya akan berikan rahasia membangun kepercayaan diri.

Semoga bermanfaat dan salam.
----------------------------------------------------------------------------

1 comment: