Social Icons

Pages

May 22, 2013

Rahasia Membangun Kepercayaan Diri

Di artikel sebelumnya, saya membahas pentingnya kepercayaan diri dalam meraih apa pun.

Besar kecilnya kepercayaan diri akan mempengaruhi potensi Anda. dan potensi ini akan mempengaruhi apa yang Anda capai dalam hidup ini. Itulah mengapa orang yang kepercayaan dirinya kecil sulit untuk meraih hal-hal besar karena mereka merasa tidak pantas. Demikian sekilas info.

Sekarang, bagaimana sih membangun kepercayaan diri?

Ada tiga langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk membangun kepercayaan diri. Are you ready?

Langkah pertama adalah menyadari kapan krisis kepercayaan diri datang. Satu hal penting yang harus selalu Anda ingat adalah setiap perubahan dimulai dari sebuah kesadaran. Tanpa menyadari, Anda tidak akan membuat perubahan.

Contohnya, orang yang kecanduan merokok. Mereka tahu bahaya merokok. Mereka sering mendengar ini di mana pun. Tapi mereka tidak sadar sepenuhnya. Ketika paru-paru sudah bolong, baru kesadaran itu datang. Mereka baru betul-betul menyadari bahaya sudah datang. Kalau sudah sadar, apa yang terjadi? Mereka berusaha berhenti. Paham?

Begitu pula Anda harus menyadari bahwa Anda sedang dilanda krisis kepercayaan diri, baru kemudian bisa mengambil tindakan untuk meredamnya. Tanpa sebuah kesadaran penuh, Anda akan terus mengalami rasa tidak percaya diri. Tanpa disadari, Anda akan terus mengatakan, “Ah, aku nggak bisa.”, “Aku gak pantas.”, atau “Aku bukan siapa-siapa.” Semua itu terjadi begitu saja seperti kebiasaan. Namanya juga gak sadar, betul?

Jadi, Anda harus sadar sepenuhnya. Ketika Anda menyadari bahwa Anda sedang melakukan ritual menjatuhkan kepercayaan diri, disitulah Anda bisa stop.

Langkah kedua adalah, sebutkan apa yang tidak Anda sukai dari diri Anda. Ini sama saja dengan menyebutkan kekurangan dalam diri Anda. Mengapa harus begitu?

Orang yang tidak percaya diri, biasanya beralasan dengan membeberkan semua kekurangannya.
“Ah, aku mana bisa. Aku kan jelek, kurus, miskin, bodoh, TK aja 10 tahun baru lulus.”

Satu hal yang harus Anda camkan baik-baik. Bahkan orang paling hebat dan sukses sekalipun, pasti punya kekurangan. Siapa sih orang paling sempurna di dunia ini? Mana ada. Setiap manusia dilahirkan dengan beberapa kelebihan dan kekurangan. Sayangnya banyak orang memanfaatkan kekurangan ini untuk menyerang balik dirinya. kekurangan dijadikan alasan untuk tidak berani bermimpi besar. Padahal kalau mau jujur, orang sukses dulunya juga banyak sekali kekurangan.

Tujuan dari langkah kedua ini adalah untuk membuat Anda menerima diri Anda sepenuhnya. Jangan hanya mau menerima kelebihan tapi membenci kekurangan Anda. Ketika Anda mampu menerima diri sepenuhnya, Anda perlahan akan mencintai diri Anda, yang kemudian meningkatkan level kepercayaan diri.

Satu penyakit yang dialami orang adalah membandingkan kekurangan dirinya dengan kelebihan orang lain. Jaka sembung bawa cangkul, mana nyambung, betul? Banyak orang suka mengeluh karena rumput tetangga lebih hijau. Padahal ada juga orang lain yang mengatakan rumput Anda lebih hijau.

Membanding-bandingkan diri Anda dengan orang lain kurang baik. Yang terpenting adalah bandingkan diri Anda yang kemarin dengan hari ini, apakah jauh lebih baik?

Langkah ketiga adalah sebutkan kelebihan Anda. kelebihan-kelebihan Anda inilah yang harus Anda asah sampai setajam pisau sehingga kelebihan ini akan mendorong Anda menuju hidup yang lebih baik. Ketika Anda fokus pada kelebihan yang dimiliki, kelebihan ini makin besar.

Lain halnya dengan orang gagal yang suka fokus pada kekurangannya. Ketika pikiran fokus pada kekurangan, maka semakin Anda memikirkannya, semakin muak diri Anda pada diri sendiri. Jadinya, semakin benci pada diri Anda. Dengan begitu, coba jawab, apakah kepercayaan diri Anda bisa meningkat? Mustahil.

Tindakan Anda fokus pada kekurangan justru memperparah krisis kepercayaan diri.

Satu pesan terakhir, orang sukses adalah mereka yang memanfaatkan kelebihannya, bukan mengeluhkan kekurangannya.

Semua tiga langkah di atas membuat kepercayaan diri Anda meningkat sehingga Anda siap melakukan hal-hal besar yang memang seharusnya menjadi hak Anda.

Salam. 
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment