Social Icons

Pages

June 13, 2013

Mau Sukses Dengan Bermalas-malasan?

Ini adalah artikel yang inspiratif, semoga Anda bisa memetik manfaatnya.

Ini berawal dari seorang kenalan yang iseng bertanya pada seorang peramal beberapa waktu lalu. Katakannya namanya A. Ini adalah cerita nyata, bukan cerita khayalan, meskipun nama aslinya saya samarkan untuk melindungi privasinya. Ia bertanya kapan rezeki besarnya datang. Lalu si peramal mengatakan bahwa tidak lama lagi, sekitar bulan Mei (sudah lewat, karena ini bulan Juni). Kenalan ini bekerja sebagai marketing properti atau real estate, yang sangat bergantung pada komisi penjualan rumah. Memang ada gaji pokok, tapi terlalu kecil. Tapi jika berhasil menjual, maka bonusnya lumayan besar.

Setelah ia mengatakan ini, saya dan teman saya hanya tertawa, sekaligus bersama-sama membuktikan apakah perkataan peramal itu tepat atau tidak.

Sampai akhirnya bulan Juni datang, lalu teman-temannya bertanya sudah berapa unit rumah yang berhasil terjual? Apa yang terjadi? Ternyata tidak ada satu pun. Nah, ramalan si peramal meleset, tidak sesuai harapan. Saya pun ikut tergelitik untuk mengetahui lebih lanjut.

Di sinilah terkuak apa yang tidak kami ketahui sebelumnya. Setelah mengorek informasi lebih jauh, ada alasannya mengapa ramalan bahwa rezekinya datang di bulan Mei ternyata salah. Ini saya asumsikan ramalannya tepat, ini dikarenakan ramalan itu tidak sepenuhnya benar.

Jadi apa yang dia lakukan selama berbulan-bulan sehingga tidak pecah telor (tidak bisa menjual satu rumah pun)? Ternyata ia hanya bekerja selama 3-5 jam sehari. Jam 9 masuk kantor, kadang jam 12 atau jam 1 sudah pulang. Alasannya klasik, yaitu ngantuk, kepingin tidur siang. Padahal malam tidak pernah tidur larut. Ini dilakukan hampir tiap hari.

Lalu saya bertanya lagi, apakah pernah membagikan brosur? Ternyata tidak pernah. Ngomong sih mau, tapi tidak pernah dilakukan. Pernah ke pameran? Tidak pernah juga. Kalau begini, sampai kapan bisa dapatkan calon customer. Emangnya bisa datang sendiri? Herannya, ia sendiri sadar, tapi apa yang dia lakukan tetap seperti dulu, cepat pulang ke rumah buat tidur siang dengan alasan ngantuk, padahal ini hanya untuk menutupi kemalasannya. Dan kerjaannya selama 3-5 jam itu pun tidak jelas apa yang ia lakukan.

Ia saat ini sedang dalam masa percobaan 3 bulan, jika tidak berhasil closing satu pun, maka ia akan didepak. Dan waktunya hampir tiba. Makanya akhir-akhir ini ia tambah stres.

Saya hanya bisa tertawa dalam hati. Kalau begini, tidak usah bertanya pada peramal. Saya pun sudah bisa meramal seperti apa masa depannya.

Yang ingin saya sampaikan adalah, meskipun peramal paling hebat mengatakan Anda pasti sukses, tapi kalau Anda hanya duduk bermalas-malasan, ongkang-ongkang kaki sambil menunggu sukses datang dengan sendirinya, sampai kiamat pun sukses takkan bisa diraih.

Itulah yang terjadi pada si A. Ia dengan pedenya mengatakan ia bakal sukses di bulan Mei. Tapi apa yang dia lakukan malah menjauhkan dirinya dari kesuksesan.

Kita tidak membutuhkan peramal yang mengatakan tanpa tindakan dan usaha, jangan pernah berharap menggapai kesuksesan. Semua orang juga sudah tahu. Sukses itu tidak mudah, banyak rintangan dan halangan, dan butuh usaha dan pengorbanan yang kadang tidak sedikit. Memang begitulah adanya.

Tapi banyak orang menggampangkan kesuksesan. Ini bisa terlihat dari si A tadi yang berpikir sukses bisa diraih dengan mudah, yaitu dengan tidur-tiduran atau bermalas-malasan. Ia seolah yakin apa yang dikatakan peramal itu sudah pasti, jadi tidak perlu lagi berjuang. Toh, mungkin ia percaya rezeki sudah diatur oleh Tuhan. 

Halo, kalau tidak usaha, darimana rezeki bisa datang? Memangnya rezeki tumbuh dari pohon, atau jatuh dari langit? Kalau pun iya, Semua itu cuma khayalan yang hanya ada di film.

Saya di sini bukan bermaksud menilai si A begini begitu. Saya hanya ingin Anda belajar dari kejadian ini bahwa kesuksesan butuh usaha dan perjuangan besar. Tidak ada orang sukses yang saat berjuang dulu selalu bermalas-malasan. Setuju?

Semoga artikel ini bisa membuka mata dan menyadarkan hati Anda. Ingin sukses dengan bermalas-malasan? Silakan bermimpi sepanjang malam dan sepanjang hari :)

Salam.
----------------------------------------------------------------------------------

1 comment: