Social Icons

Pages

October 3, 2013

7 Ciri Seorang Achiever Sejati

Achiever adalah seorang yang meraih prestasi atau pencapaian yang tinggi. Seorang achiever bisa juga disamakan dengan orang yang sukses meraih apa yang diinginkan. Nah, setiap orang pasti ingin menjadi seorang achiever, yang mampu meraih target apa pun yang dipasang. Tapi tentu saja tidak semua orang mampu. Meski setiap orang punya syarat untuk menjadi seorang achiever, tapi tidak semua orang mampu memanfaatkannya.

Lalu apa yang membedakan seorang achiever dan bukan? Jawabannya ada pada sifat-sifat yang dimiliki achiever. Apa saja? Mari kita simak.

1. Punya impian besar

Seorang achiever punya impian yang lebih tinggi, target yang lebih besar atau tujuan yang lebih jauh daripada kebanyakan orang. Dan ketika achiever berhasil meraihnya, mereka menjadi sukses besar. Pencapaian mereka dianggap fantastis, padahal mereka hanya memasang target yang jauh lebih tinggi. Sebaliknya, orang yang bukan achiever, hanya berani memasang impian yang kecil, tidak berani menggapai langit, takut kesakitan kalau terjatuh.


2. Punya kemauan besar

Orang paling pintar sekali pun kalau tidak punya kemauan, akan sulit meraih apa pun. Sebaliknya, orang dengan banyak keterbatasan bisa sukses karena mereka mau. Perlu digarisbawahi, semua prestasi yang diraih seorang achiever bukan karena mereka bisa atau tidak, melainkan mereka MAU atau TIDAK. Kalau ada kemauan, jalan pasti akan terbentang. Kalau tidak ada kemauan, meskipun ada jalan, Anda pasti takkan melakukannya.


3. Ngotot besar

Achiever selalu ngotot dengan impiannya. Mereka ngotot, makanya bisa berhasil. Cobalah lihat orang-orang sukses. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa mereka bisa meraih sesuatu yang kadang sulit diterima akal sehat? Itu karena mereka ngotot. Mereka sering gagal, malah gagal terlalu sering. Tapi mereka tetap ngotot, sampai akhirnya sukses. Ingat kutipan ini, kalau Anda ngotot, kegagalan cepat atau lambat pasti menyerah dan Anda pasti sukses.


4. Punya mental juara yang besar

Kata orang, kita boleh saja miskin, tapi mental kita harus mental pemenang. Itu benar adanya. Apa pun yang kita raih saat ini adalah hasil cerminan dari mental kita. Sulit bagi seseorang untuk menang kalau mentalnya mental cemen dan pecundang. Orang bermental pecundang bisa terlihat dari sikap dan perilakunya yang lebih kurang seperti ini; mudah putus asa, takut, berpikiran negatif, pesimis dan lainnya. Dengan mental cemen seperti itu apakah bisa menjadi pemenang?


5. Berani gagal

Ada pepatah Cina yang mengatakan bahwa jika Anda takut disengat lebah, Anda tidak berhak mendapatkan madunya. Pepatah ini sangat dalam maknanya. Dalam arti lain, jika Anda takut gagal, Anda tidak berhak untuk mendapatkan kesuksesan. Kesuksesan dan kegagalan selalu berjalan berpasangan bagai sepasang kekasih mesra yang tak terpisahkan. Kalau Anda tidak bisa menerima kegagalan, kesuksesan pun tidak bisa menerima Anda. Ini fakta pahit yang harus Anda terima. Lihat orang sukses di sekitar Anda! Berapa kali mereka harus gagal sebelum sukses? Mungkin tak terhitung. Orang gagal, baru gagal sekali dua kali, langsung patah semangat dan berhenti. Sebelum Anda siap dengan kesuksesan, Anda harus siap menerima tembakan peluru kegagalan bertubi-tubi. Kalau Anda tidak mau, sayang sekali, jangan berharap untuk sukses.


6. Siap membayar harga

Apa harga untuk menebus kesuksesan? Tindakan, usaha gigih, pantang menyerah dan banyak lagi. Apakah Anda sanggup dan bersedia membayar harganya? Begitu ditanya hal ini, banyak orang terdiam seperti melihat hantu conjuring. Anda mau makan enak dan berkelas, berarti Anda harus siap membayar uang dalam jumlah yang lebih banyak. Di dunia ini tak ada yang gratis, begitu pula dengan sukses. Anda harus menebusnya.


7. Berbicara dengan tindakan

Seorang achiever selalu berbicara dengan tindakan. Lain halnya dengan yang bukan achiever, mereka bertindak dengan berbicara. Mereka adalah anggota NATO, No Action Talk Only. Apa yang dibicarakan lebih bombastis daripada tindakannya. Istilahnya omdo, omong doang. Sukses diukur dari seberapa besar tindakan Anda, bukan seberapa besar omongan Anda kecuali Anda seorang pembicara atau guru. Sukses hanya bisa diwujudkan dengan tindakan, bukan dengan ucapan seperti seorang penyihir yang mewujudkan sesuatu dengan mantra sihir.

Nah, apakah Anda memiliki semua ciri tersebut? Kalau belum, jangan galau dan meraung-raung sambil garuk-garuk dinding. Pelan-pelan terapkan ciri tersebut dalam diri Anda. Anda pasti bisa asalkan ada kemauan besar, seperti pada poin 2. Kalau Anda punya semua ciri itu, selamat! Anda calon seorang achiever sejati.

Semoga bermanfaat, pastikan stay up to date di blog ini dan mohon bagikan blog ini ke teman-teman Anda. Salam.
----------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment