Social Icons

Pages

June 4, 2013

Ingin Menikmati Hidup? Atur Waktu Anda

Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda pasti menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan sehari-hari. Bahkan terlalu banyaknya waktu yang dipakai untuk pekerjaan, sampai-sampai waktu lainnya harus dikorbankan. Misalnya banyak yang terlalu fokus pada pekerjaannya sampai melupakan waktu untuk keluarga atau refreshing.

Jika Anda ingin menikmati waktu bersama orang yang Anda cintai atau sekadar ingin menikmati hidup dengan lebih baik, Anda harus belajar bagaimana mengelola waktu dengan benar. Jika tidak mengelolanya dengan maksimal, Anda akan selalu terjebak dalam rutinitas yang seolah tak ada habisnya dan tidak bisa keluar darinya. Ibarat masuk ke dalam labirin luas dan tersesat sampai tak bisa keluar lagi.

Ada beberapa cara untuk mengatur waktu Anda.

#1: Buat daftar apa yang akan dilakukan hari ini.

Jika Anda berlari ke sana kemari kocar kacir seperti anak ayam, Anda takkan sampai ke tempat tujuan. Inilah yang dilakukan orang yang tidak tahu apa yang mau dilakukan. Jadi, mereka hanya melakukan apa yang muncul di pikiran mereka.

Jadi, di pagi hari sebelum Anda mulai beraktivitas, buatlah daftar dari apa yang akan Anda lakukan hari itu. Buat jadwal kegiatan Anda. Seorang direktur saja butuh jadwal yang diatur sekretarisnya. Kalau tidak, mereka juga pasti bingung mau ngapain.

Saya juga telah membahas ini di artikel BagaimanaMenjadi Produktif Dengan 4 Prinsip Praktis.


#2: Mendelegasikan pekerjaan pada orang lain.

Salah satu penyebab orang terlalu sibuk sampai tak punya waktu adalah karena mereka terlalu banyak pekerjaan.

Berusaha melakukan semua pekerjaan sendiri pasti akan membuat Anda stres dan tertekan. Anda juga seorang manusia biasa yang tak mungkin melakukan semuanya sendirian. Kalau Anda punya pekerjaan yang bisa dikerjakan orang lain, maka lakukan. Dengan begitu, beban pekerjaan Anda pasti akan berkurang banyak dan lebih menghemat waktu.


#3: Tidur yang cukup.

Nah, ini adalah salah satu penyakit yang diderita orang kota, yaitu kurang tidur. Tahukah Anda ketika kurang tidur, konsentrasi dan fokus Anda pasti buyar. Fisik sangat tidak nyaman. Dengan begitu apakah Anda bisa maksimal melakukan pekerjaan Anda? Anda pasti lebih lambat mengerjakannya, yang artinya waktu yang terbuang lebih banyak.

Ketika Anda cukup tidur, energi Anda kembali dicas penuh. Di pagi hari Anda pasti merasa lebih segar. Dengan begitu, Anda bisa lebih bergairah dalam menjalani pekerjaan.

Di saat Anda kurang tidur, esoknya pasti mengantuk berat. Saat mengantuk, Anda itu seperti orang linglung. Kesadaran Anda berkurang, tidak ada semangat untuk melakukan apa pun.


#4: Lakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu.

Penyakit kebanyakan orang adalah suka melakukan hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Inilah sebab mengapa banyak orang kebakaran jenggot saat deadline hampir tiba. Ini karena mereka bersantai-santai melakukan yang mudah duluan. Begitu deadline mendekat dan pekerjaan makin berat, stres tinggal menunggu waktu. Akibatnya, untuk mengejar deadline, terpaksa lembur yang tentunya menghabiskan lebih banyak waktu.

Kalau ujian sekolah kita diberi tahu untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, di dunia nyata ini tak berlaku. Ketika kita melakukan pekerjaan berat terlebih dahulu, ada 2 keuntungan.

Yang pertama adalah, ketika berhasil menyelesaikannya akan timbul suatu perasaan percaya diri. Yang kedua adalah Anda lebih santai saat deadline datang dibandingkan orang lain yang rambutnya pasti keriting memikirkan cara menyelesaikan pekerjaan itu.

Semoga dengan 4 trik di atas, Anda bisa menghemat lebih banyak waktu, dan Anda bisa menikmati banyak hal yang ingin Anda nikmati.

Salam.
------------------------------------------------------------------------------
Setiap pencapaian membutuhkan motivasi. Bagaimana menyalakan api motivasi tersebut? Klik di sini.

No comments:

Post a Comment