Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda
pasti menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan sehari-hari. Bahkan terlalu
banyaknya waktu yang dipakai untuk pekerjaan, sampai-sampai waktu lainnya harus
dikorbankan. Misalnya banyak yang terlalu fokus pada pekerjaannya sampai
melupakan waktu untuk keluarga atau refreshing.
Jika Anda ingin menikmati waktu bersama orang
yang Anda cintai atau sekadar ingin menikmati hidup dengan lebih baik, Anda
harus belajar bagaimana mengelola waktu dengan benar. Jika tidak mengelolanya
dengan maksimal, Anda akan selalu terjebak dalam rutinitas yang seolah tak ada
habisnya dan tidak bisa keluar darinya. Ibarat masuk ke dalam labirin luas dan
tersesat sampai tak bisa keluar lagi.
#1:
Buat daftar apa yang akan dilakukan hari ini.
Jika Anda berlari ke sana kemari kocar kacir seperti anak ayam,
Anda takkan sampai ke tempat tujuan. Inilah yang dilakukan orang yang tidak
tahu apa yang mau dilakukan. Jadi, mereka hanya melakukan apa yang muncul di
pikiran mereka.
Jadi, di pagi hari sebelum Anda mulai
beraktivitas, buatlah daftar dari apa yang akan Anda lakukan hari itu. Buat
jadwal kegiatan Anda. Seorang direktur saja butuh jadwal yang diatur
sekretarisnya. Kalau tidak, mereka juga pasti bingung mau ngapain.
Saya juga telah membahas ini di artikel BagaimanaMenjadi Produktif Dengan 4 Prinsip Praktis.
#2:
Mendelegasikan pekerjaan pada orang lain.
Salah satu penyebab orang terlalu sibuk
sampai tak punya waktu adalah karena mereka terlalu banyak pekerjaan.
Berusaha melakukan semua pekerjaan sendiri
pasti akan membuat Anda stres dan tertekan. Anda juga seorang manusia biasa
yang tak mungkin melakukan semuanya sendirian. Kalau Anda punya pekerjaan yang
bisa dikerjakan orang lain, maka lakukan. Dengan begitu, beban pekerjaan Anda
pasti akan berkurang banyak dan lebih menghemat waktu.
#3:
Tidur yang cukup.
Nah, ini adalah salah satu penyakit yang
diderita orang kota ,
yaitu kurang tidur. Tahukah Anda ketika kurang tidur, konsentrasi dan fokus
Anda pasti buyar. Fisik sangat tidak nyaman. Dengan begitu apakah Anda bisa
maksimal melakukan pekerjaan Anda? Anda pasti lebih lambat mengerjakannya, yang
artinya waktu yang terbuang lebih banyak.
Ketika Anda cukup tidur, energi Anda kembali
dicas penuh. Di pagi hari Anda pasti merasa lebih segar. Dengan begitu, Anda
bisa lebih bergairah dalam menjalani pekerjaan.
Di saat Anda kurang tidur, esoknya pasti
mengantuk berat. Saat mengantuk, Anda itu seperti orang linglung. Kesadaran
Anda berkurang, tidak ada semangat untuk melakukan apa pun.
#4:
Lakukan pekerjaan yang berat terlebih dahulu.
Penyakit kebanyakan orang adalah suka
melakukan hal-hal yang mudah terlebih dahulu. Inilah sebab mengapa banyak orang
kebakaran jenggot saat deadline hampir tiba. Ini karena mereka bersantai-santai
melakukan yang mudah duluan. Begitu deadline mendekat dan pekerjaan makin
berat, stres tinggal menunggu waktu. Akibatnya, untuk mengejar deadline,
terpaksa lembur yang tentunya menghabiskan lebih banyak waktu.
Kalau ujian sekolah kita diberi tahu untuk
mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, di dunia nyata ini tak berlaku.
Ketika kita melakukan pekerjaan berat terlebih dahulu, ada 2 keuntungan.
Yang pertama adalah, ketika berhasil
menyelesaikannya akan timbul suatu perasaan percaya diri. Yang kedua adalah
Anda lebih santai saat deadline datang dibandingkan orang lain yang rambutnya
pasti keriting memikirkan cara menyelesaikan pekerjaan itu.
Semoga dengan 4 trik di atas, Anda bisa
menghemat lebih banyak waktu, dan Anda bisa menikmati banyak hal yang ingin
Anda nikmati.
Salam.
------------------------------------------------------------------------------
No comments:
Post a Comment