Social Icons

Pages

June 7, 2013

Hidup Di Tiga Zona Waktu

Saat ini, kita hidup di dunia ini. Tapi kita sering kali hidup di tiga zona waktu yang berbeda. Tiga zona waktu tersebut adalah masa lalu, sekarang dan masa depan.

Anda pasti menyadari bahwa Anda pernah hidup di tiga zona waktu tersebut. Pertanyaan yang ingin saya ajukan adalah, dari tiga zona waktu tersebut, Anda lebih sering hidup di zona waktu mana?

Orang-orang yang suka hidup di masa lalu adalah mereka yang mungkin sedang dalam penyesalan dan kekecewaan. Mereka selalu berharap untuk bisa kembali ke masa lalu dengan mesin waktu untuk mengubah keadaan. Sayang sekali, itu takkan terjadi. Meski mereka sadar takkan bisa kembali lagi, mereka tetap ngotot menyesalinya seakan berharap penyesalan tersebut bisa menciptakan keajaiban untuk mengubah masa lalu. Ingatlah, masa lalu takkan bisa diubah, tapi hanya bisa dijadikan pelajaran dan pengalaman berharga.


Orang-orang yang suka hidup di masa mendatang adalah mereka yang mungkin terlalu khawatir dan cemas akan kondisi di masa mendatang atau mereka yang terlalu banyak bermimpi. Mereka terlalu cemas akan sesuatu yang belum tentu terjadi. Mereka selalu mengatakan, “Bagaimana kalau...?” pertanyaan yang mereka ajukan selalu negatif. Atau bisa jadi mereka yang suka hidup di zona masa depan adalah orang-orang yang terlalu banyak mengkhayal. Mereka bermimpi menjadi apa pun yang mereka inginkan. Lho, bukankah kita selalu diajarkan untuk memiliki impian? Betul sekali, kita harus punya impian dan berani bermimpi, tapi bukan dipikirkan dan dikhayalkan sepanjang hari, melainkan diwujudkan dalam bentuk tindakan nyata.

Hanya sebagian kecil orang yang benar-benar hidup di zona waktu sekarang atau saat ini. Hidup tidak berjalan di masa lalu atau masa depan, tapi sekarang. Anda melakukan apa pun di saat ini, bukan masa lalu atau masa depan.

Anda membaca artikel ini, pasti dilakukan saat sekarang, bukan masa lalu atau masa depan.

Bahkan ketika Anda menyesali masa lalu atau mencemaskan masa depan, semua itu dilakukan saat sekarang, bukan?

Inti dari apa yang ingin saya sampaikan adalah hiduplah saat ini. Now.

Bagaimana Anda meraih impian di masa mendatang? Semua itu dicapai dengan tindakan saat ini. Apa yang dilakukan saat ini akan menentukan nasib Anda di masa depan. setuju?

Jangan sesali masa lalu, itu sudah berlalu. Jangan pula cemaskan masa depan, itu masih dan belum tentu terjadi. Ketika Anda hidup di zona masa lalu atau masa depan, Anda tidak hidup di zona waktu sekarang. Padahal hidup di zona waktu sekarang sangat menentukan hidup seperti apa yang akan terjadi di masa mendatang.

Semua yang perlu Anda lakukan adalah hidup di saat ini, sekarang, now. Pernahkah Anda mendengar ungkapan, “Hiduplah seakan-akan ini adalah hari terakhir Anda.” Ini adalah imbauan agar kita menjalani hidup saat ini sebaik-baiknya. Cobalah bayangkan, ketika hari ini adalah hari terakhir dalam hidup Anda, apakah Anda mau membuang waktu untuk menyesali masa lalu atau mencemaskan masa depan? Anda pasti memilih untuk hidup saat ini sebaik-baiknya. Anda akan menikmati detik demi detik yang semakin berharga. Saai itu, tak ada lagi yang namanya hidup di zona masa lalu atau masa depan. Yang ada hanya fokus di masa kini.

Anda ingin sukses? Tindakan saat ini yang menentukan.

Anda ingin bahagia? Fokus dan pikiran saat ini yang menentukan.

Anda ingin menjadi juara atau yang terbaik? Latihan saat ini yang menentukan.

Apa pun yang ingin Anda raih di masa depan, semuanya bermula dari tindakan Anda saat ini. Anda ingin panen buah, Anda harus mulai menanam bibitnya saat ini. Anda ingin memanen hasil dari investasi, Anda harus mulai berinvestasi saat ini.

Semua terjadi di zona waktu sekarang, bukan di masa lalu dan masa depan. Masa lalu hanya bisa memberikan pengalaman, itupun kalau Anda mampu melihatnya. Masa depan hanya bisa dijadikan tujuan/impian, itupun kalau Anda berani bermimpi. Mengubah masa lalu menjadi pengalaman dan masa depan menjadi tujuan/impian membutuhkan tindakan nyata dari Anda saat sekarang. So, live now.

Salam.
-----------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment