Social Icons

Pages

June 16, 2013

Cerita Inspiratif - Roti Gosong

Di suatu sore, Seorang pria baru pulang kerja. Biasanya, selepas pulang kerja, istrinya selalu menghidangkan makanan sebelum makan malam, yaitu roti bakar isi selai. Ini adalah makanan kesukaannya.

Tapi sore itu, istrinya menghidangkan roti yang agak gosong. Meski begitu, ia tetap memakannya dengan lahap. Dan hal ini diperhatikan oleh anaknya.

Anaknya sempat mendengar ibunya berkata pada ayahnya, “Maaf ya. Hari ini rotinya agak gosong.”

Ayahnya tersenyum dan membalas, “Gak apa-apa kok ma.”

Sebelum mengucapkan selamat malam pada ayahnya di kamarnya, ia sempat bertanya, “Apakah papa benar-benar menyukai roti gosong yang tadi mama berikan.”

Ayahnya menjawab, “Tentu saja. Memangnya ada apa?”

Anaknya membalas, “Setahu aku, papa gak begitu suka dengan roti yang gosong.”

Ayahnya tersenyum dan memberikan penjelasan. “Mamamu pasti capek seharian mengerjakan pekerjaan rumah. Mama tetap berbaik hati mau membuatkan roti buat papa meskipun gosong. Lagian makan roti gosong tidak melukai papa. Di dunia ini, tidak ada siapa pun atau apa pun yang sempurna, selalu ada cacat sedikit. Papa juga kadang sering lupa ulang tahun mama, tapi mama tidak pernah marah.”

Anaknya hanya diam mendengarkan nasihat ayahnya.

Ayahnya melanjutkan, “Papa dan mama selalu berusaha untuk menerima kekurangan masing-masing. Karena itulah, kami jarang bertengkar, apalagi karena hal-hal sepele.

Setelah mendengarkan penjelasan ayahnya, ia lalu mengucapkan selamat malam dan tidur.

Pembaca sekalian,

Ada pepatah yang mengatakan tak ada gading yang tak lecet. Kayaknya ada yang salah dengan pepatah itu, tapi it’s oke lah, yang penting pesannya dimengerti.

Setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ini sudah pasti, Superman saja yang punya kekuatan super masih ada kelemahannya. Tapi banyak orang terlibat dalam masalah karena terjadi konflik dengan kekurangan yang dimiliki orang lain.

Salah satu alasan terjadinya masalah adalah kita tidak mampu menerima kekurangan orang lain. Itu masih mending. Yang jadi masalah besarnya adalah membanding-bandingkan kekurangan orang lain dengan kelebihan yang kita miliki. Ya, ini sudah pasti tidak cocok. Ketidakcocokan inilah yang pada akhirnya menimbulkan konflik yang berujung pada masalah.

Perbandingan ini diibaratkan seperti membandingkan air dengan api. Air diibaratkan kelebihan yang kita miliki sedangkan air ibarat kekurangan orang lain. Kalau disatukan, maka api pasti meninggal dunia. Makanya memperdebatkan kekurangan orang lain yang menjadi kelebihan kita akan berujung pada timbulnya masalah.

Makanya, kita harus sadar, kita bukannya hanya punya sekontainer kelebihan, tapi juga punya segudang kekurangan. Karena itulah kekurangan jika diisi dengan kelebihan maka kekurangan itu akan tertutupi. Itulah mengapa banyak orang mengatakan, perbedaan itu harusnya saling melengkapi, bukan saling menghancurkan. Sinergi seperti itu akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

Tidak percaya? Cobalah tonton film Fast dan Furious 5. Tokoh utama ingin merampok seluruh uang penjahat narkoba yang diletakkan di brankas besar di bank. Di sana mereka mengumpulkan tim yang punya kelebihan masing-masing. Meski cuma film, kita patut belajar. Gabungan dari mereka menghasilkan kekuatan yang besar sekaligus saling menutupi kekurangan masing-masing.

Lihat juga permainan bulu tangkis, basket, sepak bola, voli atau apa pun yang beregu. Pasti masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Kekurangan satu orang ditutupi oleh kelebihan orang lain dan sekaligus memanfaatkan kelebihan semuanya. Itu baru bisa membentuk tim yang kuat dan kompak. Kalau semuanya sibuk mengejek kekurangan orang lain, sudah pasti terjadi konflik dan tim jadi lemah.

Oleh karena itu, terimalah kekurangan orang lain. Kalau memang tidak suka dengan kekurangan mereka ya terima saja, daripada sibuk berdebat yang akhirnya timbul masalah yang jauh lebih besar lagi. Kita sendiri pun pasti tidak suka kalau kita yang dibegitukan, betul?

Semoga Artikel ini bermanfaat dan Salam.
------------------------------------------------------------------------------------
Layaknya kitab kungfu berisi semua ilmu kungfu, kitab motivasi ini berisi semua ilmu dan jurus motivasi terlengkap. Simak di sini.

1 comment: