Social Icons

Pages

September 7, 2013

Tips Bahagia Di Tempat Kerja

Saya yakin setiap orang yang bekerja pasti ingin merasa nyaman, tenang dan bahagia saat bekerja. Lingkungan kerja yang tidak mendukung tentu membuat Anda tidak betah di tempat kerja. Coba deh Anda bayangkan diri Anda bekerja dalam lingkungan seperti ini: teman kerja yang selalu menjatuhkan diri Anda dengan menusuk dari belakang (maksudnya menjelekkan diri Anda di belakang tapi pura-pura bersikap manis di depan Anda), bos yang suka marah-marah seperti orang sakit jiwa, atau tekanan kerja yang terlalu besar. Dengan kondisi demikian, apakah seorang karyawan bisa bahagia dan tenang? Boro-boro, yang ada rambut malah beruban prematur karena stres.

Begitu pula dengan bos perusahaan. Karyawan yang bahagia tentu sangat berharga bagi produktivitas perusahaan. Semua orang juga tahu ini. karyawan yang bahagia dan nyaman bekerja pasti memberikan kontribusi yang lebih besar ketimbang karyawan yang tidak bahagia.

Tapi ada perusahaan yang memang menjadikan karyawannya nyaman dan betah (contohnya ekstrimnya Google), tapi ada pula yang sebaliknya, sangat tidak nyaman.

Meskipun begitu, Anda tidak bisa terus berharap kondisi dari luar untuk terus menyokong kebahagiaan dalam bekerja. Anda sendiri minimal harus berusaha.

Berikut akan saya berian beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

1. Cintai apa yang Anda kerjakan. Anda sulit bahagia jika terus mengomel tentang betapa bertumpuknya pekerjaan, seolah tak habis-habis. Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, seberat dan secapek apa pun pasti tetap dijalani. Lihat saja pas Anda liburan. Meski capek ke sana kemari seharian, tapi Anda tetap enjoy.

2.  Ciptakan ikatan yang baik dengan teman kerja atau atasan. Jika Anda bisa akrab dengan mereka, otomatis suasana akan terasa lebih dekat dan nyaman. Jangan sekali-kali menyulut api permusuhan dengan orang lain. Anda pasti tahu ada orang yang seperti itu, suka cari masalah. Orang seperti itu pasti akan dikucilkan dan lama-lama lenyap dari peredaran.

3.  Jangan egois. Egois bukan hanya merugikan Anda di tempat kerja, tapi juga berpengaruh di aspek kehidupan lain.

4.  Pertahankan emosi positif. Emosi positif ini bisa berupa semangat, enerjik, optimis, senang dan lain-lain. Kalau emosi Anda negatif, ya keadaan sekeliling Anda akan ikut-ikutan negatif. Emosi itu ibarat virus yang dapat menulari orang lain dengan cepat. Ketika keadaan sekeliling Anda jadi negatif, tentu saja tidak nyaman berada di sana. Untuk lebih jelas, baca 5 Cara Menjadi Orang Yang Positif.

5.  Jangan suka menunda. Nah, ini penyakit bawaan yang dialami kebanyakan orang yang bekerja. Biasanya kalau lagi senggang, apalagi bos lagi hilang, mereka santai-santai dulu dengan chatting, main facebook, main Candy Crush Saga, tidur sambil ngences, bergosip tentang artis X yang jambak-jambak rambut dengan artis Y dan segudang kegiatan yang tak berguna lainnya. Makanya banyak orang kebakaran jenggot pas deadline tiba, karena saat itu baru sadar ternyata banyak yang harus dilakukan. Istilah peribahasanya hepi-hepi dahulu, jantungan kemudian. Seharusnya Anda melakukan sebaliknya, tidak menunda, sehingga Anda bisa tenang dan santai saat deadline tiba karena semuanya sudah beres. Saya ada tulis artikel sebelumnya berjudul Resep Praktis Mengatasi Penundaan. Silakan baca.

6.  Bertemanlah. Ini mirip poin ke 2. Di tempat kerja, Anda mau tak mau harus berkomunikasi dengan orang lain. Untuk itu berusahalah cari teman baru. Perluas lingkungan pergaulan sosial Anda. Jangan sombong, tak mau berteman seolah Anda ini keturunan bangsawan Ratu Inggris yang gak level berteman dengan orang yang tidak selevel. Anda tidak bisa hidup sendiri, suatu hari pasti membutuhkan orang lain.

7.  Atur waktu dengan baik. Ketidakmampuan mengatur waktu dengan baik berakibat tumpuknya pekerjaan yang seolah tak ada habisnya. Sering mendengar orang mengeluh pekerjaan terlalu banyak? Bisa jadi mereka kurang bisa mengatur waktu dan tak tahu mana prioritas yang harus dikerjakan dahulu. Silakan baca artikel Cara Mengatur Waktu Dengan Baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
--------------------------------------------------------------------------------

1 comment:

  1. jika pekerjaan sesuai dengan passion mungkin sedikit banyak akan mempengaruhi suasana di tempat kerja :)

    Lowongan Kerja Terbaru

    ReplyDelete