Social Icons

Pages

September 24, 2013

Cara Meraih Sukses Yang Lebih Tinggi

Setiap orang pasti pernah merasakan kesuksesan, baik itu kesuksesan kecil maupun kesuksesan besar. Dalam hidup ini, kita selalu dituntut untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Artinya kita dituntut untuk maju ke depan, bukan tertinggal dan mundur ke belakang.

Ketika Anda sudah meraih apa yang ditargetkan, selanjutnya apa? What’s next? Tentu saja Anda akan menetapkan target yang lebih tinggi dan berusaha untuk mencapainya kembali.

Nah, untuk mencapai target atau tujuan yang lebih tinggi, apakah Anda bisa mengandalkan tindakan dan kemampuan yang dulu? Rasanya sulit. Target yang lebih tinggi tentu saja makin berat tantangannya. Dan itu semua membutuhkan cara lain yang berbeda serta kemampuan yang lebih baik lagi.

Ibarat Anda bermain game. Begitu Anda lolos sebuah level tertentu, Anda memasuki level baru yang lebih sulit. Kemampuan Anda harus cukup mumpuni untuk melewatinya. Kalau tidak, Anda akan terus terjebak di level tersebut.

Kemampuan inilah yang menunjukkan seberapa besar pengembangan diri yang terjadi pada diri Anda. mengembangkan diri adalah sebuah proses untuk mengubah diri Anda menjadi lebih baik, baik itu berupa ketrampilan, skill, pola pikir, mindset, sikap dan lainnya, bukan mengembangkan diri menjadi lebih gendut.

Kenapa kita harus senantiasa mengembangkan diri? Karena dunia berubah begitu cepat. Tiap detik terjadi perubahan yang luar biasa. Kalau kita tidak mengembangkan diri menghadapi perubahan itu, kita pasti akan tertinggal jauh.

Lihat saja kasus Blackberry. Masih segar dalam ingatan kita 3-4 tahun lalu dimana ponsel BB begitu booming dan dicari-cari. Hampir semua orang gila BB. Masa itu adalah masa keemasan Blackberry karena rata-rata orang memakainya. Tapi apa yang terjadi sekarang? Perusahaan ini sekarang malah rugi 1 Miliar Dolar dan terancam bangkrut. Dulunya berjaya, sekarang terpuruk dalam krisis yang begitu parah. Bahkan fitur andalan BB yaitu BBM terpaksa dilepas ke luar, iOS dan Android dan perusahaan direncanakan akan dijual. Ironis bukan?

Lihat saja ponsel BB dulu dengan sekarang, hampir tidak ada perbedaan sama sekali. Artinya tidak ada inovasi yang signifikan. Ketika kompetitor lain berlari kencang dengan inovasi baru, Blackberry malah berjalan di tempat. Tidak heran kondisinya menjadi seperti sekarang.

Oke, intinya target yang besar membutuhkan kemampuan yang sesuai. Saya berikan analogi yang bagus buat Anda.

Bayangkan Anda memiliki gelas yang bisa menampung setengah liter air. Otomatis jumlah air yang bisa ditampung oleh gelas Anda adalah sebanyak setengah liter. Gelas ibarat kemampuan yang Anda miliki. Air adalah target yang ingin Anda capai.

Kalau kemampuan Anda hanya sebesar gelas setengah liter, berarti target yang bisa Anda capai juga lebih kurang air setengah liter. Apa yang terjadi jika target Anda adalah satu liter air, tapi kemampuan Anda tetap sebesar gelas setengah liter? Yang jelas, gelas Anda tak cukup menampung air satu liter. Otomatis setengah liter akan tumpah keluar dan terbuang percuma.

Kalau Anda ingin menampung air satu liter (target), Anda harus memperbesar wadah/gelas Anda (kemampuan). Gelas Anda harus sebesar satu liter atau lebih sehingga bisa menampung air satu liter.

Bagaimana kalau ingin air 5 liter? Tentunya wadah harus diperbesar menjadi baskom. Kalau Anda terus berkutat pada gelas berisi setengah liter air, Anda akan tetap mendapatkan maksimal setengah liter air tidak peduli berapa banyak air yang diberikan kepada Anda. Sisanya akan tumpah. Saya harap analogi ini memberikan pencerahan luar biasa bagi Anda.

Dan salah satu cara untuk memperbesar gelas/wadah Anda adalah mengembangkan diri. Selalu mengembangkan diri sehingga Anda mengalami perkembangan mental dan jiwa untuk menghadapi tantangan ke depan. kalau tidak, Anda akan tergerus oleh perubahan serta tertinggal jauh dari yang lain.

Dan ingat, target yang besar membutuhkan wadah yang besar juga untuk menampung. Semoga analogi gelas dan air di atas bisa mengingatkan Anda untuk selalu mengembangkan diri ke arah yang lebih baik untuk meraih sukses yang lebih besar.

Oh iya. Jika Anda mendapat banyak manfaat dari blog ini, mohon rekomendasikan blog ini pada yang lain. Terima kasih dan salam.
------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment