Social Icons

Pages

September 11, 2013

Cara Melipatgandakan Produktivitas Dalam Waktu Yang Sama

Selamat datang kembali di Blog saya. Kali ini saya akan bagikan bagaimana Anda bisa meningkatkan produktivitas Anda berkali lipat dalam waktu yang sama. Artinya, mungkin dulu Anda hanya bisa menyelesaikan 1 hal dalam satu waktu. Tapi Anda akan belajar bagaimana caranya menyelesaikan 2 hal dalam satu waktu atau lebih. Inilah yang dimaksud dengan peningkatan produktivitas.

Produktif berarti bisa menghasilkan dan menyelesaikan lebih banyak daripada orang lain. Dengan kata lain, Anda akan jauh lebih maju dan berkembang dalam segala bidang jika Anda mampu meningkatkan produktivitas.

Masalahnya, banyak orang merasa produktivitasnya makin menurun. Mereka ingin menghasilkan lebih banyak, menyelesaikan lebih banyak, tapi waktu yang dibutuhkan semakin lama. Mereka ingin menghasilkan lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit.

Lalu apa rahasianya?

Ada dua. Yang pertama adalah pikiran yang tenang.

Tahukah Anda bahwa pikiran Anda semakin lama semakin sesak. Di zaman yang serba modern, tentu makin banyak hal yang menyesaki pikiran Anda. Tidak heran orang zaman sekarang lebih banyak yang stres.

Kenapa bisa stres? Ya karena pikiran sedang ada kerusuhan dan kekacauan. Pikiran yang rusuh inilah yang menghambat produktivitas. Mari saya jelaskan.

Ketika pikiran Anda sedang rusuh karena banyak masalah, apakah Anda bisa konsentrasi dalam mengerjakan sesuatu? Pasti tidak. Anda memang mengerjakan sesuatu, tapi pikiran Anda terus menembus dunia lain. Dunia lain bukan dunianya pocong kesurupan kuntilanak, tapi dunia di mana pikiran Anda berada. Pikiran Anda sedang memikirkan masalah yang sedang dialami. Meski fisik Anda bekerja, tapi pikiran Anda tidak berada di sana, melainkan fokus ke masalah yang bikin rusuh pikiran Anda. Akibatnya Anda tidak konsentrasi. Akhirnya Anda tidak bisa maksimal. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan malah makin lama.

Perlu Anda ketahui, kalau Anda ingin meningkatkan produktivitas, Anda harus fokus kepada apa yang sedang dikerjakan. Jangan sampai fisik Anda bekerja, tapi pikiran Anda melayang ke adegan lain yang bikin stres. Produktivitas Anda pasti menurun. Cobalah lihat teman kerja Anda yang sedang banyak masalah, pasti kinerjanya menurun. Fokus sudah hilang. Sudah paham?

Yang ke dua adalah konsep multitasking.

Multitasking adalah melakukan beberapa hal sekaligus dalam waktu bersamaan. Contohnya Anda buang air besar sambil merokok dan main handphone. Dalam satu waktu yang bersamaan, ada tiga hal yang dilakukan sekaligus: buang air besar, merokok, main handphone. Itulah multitasking.

Tapi, dalam hal produktivitas, multitasking adalah penghambat. Anda pasti mulai protes. Anda berpikir multitasking memungkinkan melakukan banyak hal sekaligus. Mungkin Anda berpikir multitasking adalah bagian kinerja otak kanan yang tentunya lebih baik. Itu benar tapi kurang tepat.

Penelitian menunjukkan bahwa manusia sebenarnya tidak dirancang untuk multitasking. Memang kita bisa, tapi tidak dirancang untuk itu. Daripada kita berdebat sampai rusuh dan jambak-jambak rambut, lebih baik saya perjelas dengan analogi.

Multitasking adalah perusak fokus. Itu sudah pasti. Ketika pikiran Anda bercabang-cabang, otomatis fokus hilang. Fokus artinya konsentrasi pada satu hal. Seperti yang saya jelaskan pada poin pertama, kehilangan fokus membuat produktivitas tak bisa meningkat.

Coba bayangkan Anda menyetir mobil dengan kecepatan 120 km/jam. Dengan kecepatan secepat itu, Anda pasti fokus sekali. Karena kalau tidak fokus dan lalai, bisa-bisa terjadi kecelakaan. Lalu tiba-tiba handphone berbunyi dan Anda menjawab. Nah, pada saat berbincang lewat handphone, apakah Anda masih berani gas mobil dengan kecepatan 120 km/jam? Saya jamin 100% tidak. Anda pasti menurunkan kecepatan dengan drastis.

Kenapa bisa begitu? Ini karena fokus Anda mulai bercabang, satu untuk menyetir, satu lagi untuk menjawab telepon. Anda takkan berani menyetir cepat. Jangankan Anda, pemain film Fast & Furious pun takkan berani teleponan sambil balap mobil dengan kecepatan tinggi plus nitro. Bisa terbalik-balik tuh mobil.

Nah, dari sini saja sudah terbukti bahwa multitasking memecahkan fokus dan pada akhirnya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu jadi lebih lama.

Jadi, kalau Anda ingin melipatgandakan produktivitas, fokus menyelesaikan satu pekerjaan. Fokus sampai selesai, lalu lanjutkan lagi fokus yang berikutnya. Satu per satu. Ada kutipan yang mengatakan bahwa menguasai satu bidang lebih baik daripada mengetahui banyak bidang tapi tidak menguasai satu pun. Begitu pula, lebih baik Anda fokus ke satu hal sampai selesai daripada Anda mengerjakan banyak hal sekaligus tapi tak fokus.

Fokus memungkinkan Anda untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan maksimal karena Anda menaruh semua konsentrasi, tenaga dan pikiran ke satu hal tersebut. Agar lebih jelas lagi mengenai fokus, silakan baca 4 cara mudah untuk tetap fokus.

Sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya dan salam.
----------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment