Social Icons

Pages

April 30, 2014

Bagaimana Tetap Termotivasi Di Saat Sulit

Rasanya hampir semua orang sering terkena sindrom panas-panas tahi ayam. Pertama kali melakukan sesuatu atau memulai sesuatu pasti rasanya sungguh bersemangat. Anda penuh enerjik dan api semangat yang membara. Anda merasa seolah Anda ini tak terbendung. Tak ada siapa pun atau apa pun yang bisa menghalangi Anda. Anda mungkin bahkan merasa sangat luar biasa.

Tapi seiring berlalunya waktu, apa yang terjadi? Anda mulai capek dan lelah karena berbagai alasan. Semangat dan motivasi yang dulunya membara terang sekarang menjadi redup temaram bahkan mati total. Apa yang terjadi?

Ya, Anda kehilangan semangat dan putus asa. Ada banyak kemungkinan. Kemungkinan terbesar adalah terlalu banyaknya rintangan dan terlalu beratnya tantangan yang harus dipikul. Masalah demi masalah yang datang membuat semangat Anda menciut. Kegagalan demi kegagalan yang terjadi membuat Anda putus asa.

Kejadian ini memang tidak ada yang aneh. Semua orang pasti pernah mengalami ini, saya juga pernah. Tapi sayangnya, banyak yang ketika patah semangat, mereka langsung terpuruk tak bisa bangun lagi.

Tetap bersemangat—saya akui—adalah hal yang sulit dilakukan. Tetap termotivasi di saat sulit adalah tantangan yang mungkin terlalu sulit buat sebagian orang. Tapi itulah yang diperlukan agar Anda bisa sukses. Orang sukses juga sering mengalami yang namanya patah semangat. Tapi mereka bisa bangkit kembali. Sedangkan orang gagal, begitu patah semangat, mereka langsung mundur dan menghilang. Itulah yang membedakan antara orang sukses dan gagal. Perbedaannya terletak pada bagaimana mereka mengelola motivasi. Ini sudah dijelaskan di buku saya “The Science of Motivation”. Klik di sini jika ingin tahu lebih detil.

Jika Anda ingin menjadi pemenang, Anda harus tahu beberapa hal yang membuat Anda tetap bersemangat di saat sulit sekali pun.

Yang pertama adalah, sadari mengapa Anda mulai melakukan sesuatu pertama kali. Apa yang membuat Anda melakukannya? Apa yang membuat Anda semangat untuk memulai? Itulah yang harus Anda sadari. Salah satu cara menjaga motivasi tetap menyala adalah menyadari tujuan dan impian Anda. Tanpa impian, Anda bakal kesulitan untuk termotivasi. Tanpa tujuan yang antusias, Anda bakal mudah menyerah oleh tantangan mudah sekali pun. Apa yang membuat Anda memulainya? Pasti ada yang ingin Anda raih, bukan? Ingatlah itu baik-baik.

Yang kedua, sadari bahwa tidak ada impian atau sukses yang gratis. Semua ada harga yang harus Anda tebus baik berupa uang, tenaga, pikiran dan lainnya. Tak ada yang gratis. Bahkan sukses terkadang sangat jual mahal. Itulah yang membuat banyak orang jungkir balik mengejarnya dan tak dapat-dapat. Hanya sedikit orang yang berhasil meraihnya. Mereka adalah orang-orang yang pantang menyerah dan bermental keras.

Yang ketiga, rasakan apa yang akan Anda alami jika tujuan Anda tercapai. Mungkin ini bagian yang paling nikmat. Jika tujuan dan impian Anda begitu bikin ngiler, Anda pasti girang bukan main saat itu berhasil diraih. Perasaan itulah yang harus Anda jaga setiap saat. Perasaan itulah yang akan menemani Anda menembus tembok halangan dan tantangan dalam perjalanan menuju sukses. Bayangkan apa yang akan terjadi pada diri Anda jika berhasil? Pasti luar biasa, bukan?

Yang keempat, milikilah rasa antusias. Kalau Anda tidak antusias terhadap sesuatu, Anda jadi mudah lupa. Percuma punya impian setinggi langit. Kalau Anda tidak antusias, Anda takkan bisa meraihnya. Tak ada semangat yang dicurahkan untuk itu. Saya yakin Anda pun pasti sudah tahu mengenai ini. Jadi saya pun tak perlu menjelaskan lebih banyak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment