Social Icons

Pages

April 3, 2014

Cerita Inspiratif - Kucing Pengganggu

Suatu ketika para tikus mengadakan rapat besar-besaran di balik dinding sebuah rumah mewah. Mereka mulai panik dan gelisah dengan seekor yang terus mengincar mereka. Hidup para tikus berada dalam bahaya. Dulu, sebelum ada kucing di rumah tersebut, mereka bebas keluyuran di sekeliling rumah dan mencari makan.

Tapi semenjak ada kucing di rumah itu, mereka tidak lagi bebas. Mereka ketakutan kalau tertangkap kucing itu. Bahkan ada beberapa teman mereka yang mati di tangan kucing.

Karena keadaan sedang gawat, mereka mengadakan rapat untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

Ketua kucing berkata, “Hari ini kita berkumpul karena ada masalah besar. Di rumah ini ada seekor kucing kejam yang membahayakan nyawa kita. Kita bisa saja keluar cari makan, tapi kita tak tahu kapan kucing itu akan menerkam. Kalau kita tidak hati-hati, nyawa kita bisa melayang. Kalau kita terus-terusan di sini dan tidak keluar, kita juga akan mati kelaparan. Apakah ada yang punya solusi?”

Mereka pun mulai berunding. Terdengar suara gemerisik para tikus yang sedang berbincang dan berdiskusi.

Lalu beberapa saat kemudian, salah satu tikus berkata, “Bagaimana kalau kita keluarnya saat malam atau saat kucingnya sedang tidur?

Ketua kucing membalas, “Bisa saja. Tapi itu cukup beresiko. Kucing punya daya pendengaran yang baik dan bisa mendengar kita.”

Tikus lainnya berkata, “Bagaimana kalau leher kucing di pasang lonceng? Jadi kita bisa tahu di mana kucing itu berada saat ia bergerak. Kalau lonceng berbunyi, itu pertanda kucing sedang bergerak, dan kita bisa segera kembali. Kita bisa tetap waspada dan selamat.”

Semua tikus serentak mengatakan, “Ide bagus.” Mereka kelihatan senang dan merasa menang.

Ketua tikus membalas, “Tentu saja ini ide bagus. Tapi siapa yang mau melakukannya?”

Mendadak semua tikus terdiam dan tak ada yang membuka mulut.

Pembaca sekalian,

Mungkin Anda semua punya rencana yang baik dan bahkan luar biasa, tapi kebanyakan tidak dilaksanakan. Rencana hanya bisa diwujudkan jika ada tindakan. Tanpa tindakan, rencana sehebat apa pun takkan berguna. Tanpa tindakan, Anda hanya membuang waktu untuk membuat rencana yang pada akhirnya tidak dilaksanakan.

Ada banyak sekali halangan yang merintangi Anda melaksanakan rencana. Mungkin Anda malas, takut gagal, suka menunda, tidak yakin, dan segudang halangan lainnya. Halangan tersebut membuat rencana yang luar biasa menjadi pajangan belaka.

Rencana diibaratkan sebagai peta. Apa yang akan Anda lakukan terhadap peta tersebut? Kalau Cuma dilihat saja, Anda takkan menuju ke mana pun. Peta adalah panduan untuk membawa Anda dari tempat asal ke tempat yang Anda inginkan. Peta hanya berguna jika Anda mulai melangkahkan kaki.

Begitu pula dengan rencana. Rencana adalah panduan atau jalan untuk mewujudkan apa yang Anda inginkan. Kalau tidak ditindaklanjuti dengan tindakan, Anda takkan bisa mewujudkan rencana tersebut menjadi kenyataan. Ini hal yang pasti, sama pastinya dengan 1+1=2.

Jadi, sebelum membuat rencana, pikirkan dulu apakah Anda bersedia mengambil tindakan. Jika tidak, lebih baik jangan buang waktu Anda.

Banyak orang punya tujuan yang besar, mimpi yang fantastis atau cita-cita yang mulia. Tapi apa daya, mereka kebanyakan berhenti setelah membuat rencana. Begitu rencana selesai, mereka pun ikut selesai dan berhenti karena berbagai alasan dan rintangan.

Tetapkan tujuan, buat rencana dan wujudkan dalam bentuk tindakan nyata. Itu ada resep kesuksesan.

Semoga bermanfaat dan mohon tinggalkan komentar.
---------------------------------------------------------------------------


No comments:

Post a Comment