Social Icons

Pages

January 14, 2014

6 Rahasia Hidup Simple Dan Bahagia (Part 2)

Selamat datang kembali di bagian dua artikel ini. Jika Anda belum membaca bagian yang pertama, silakan cek di posting sebelumnya atau klik di sini. Pada artikel yang dulu, saya sudah berikan 3. Sekarang saya akan lanjutkan lagi.

#4. Hiduplah pada masa kini dan sekarang.

Tahukah Anda bahwa stres secara umum terjadi karena dua hal, yaitu menyesali masa lalu dan mencemaskan masa depan?

Masa lalu sudah berlalu tanpa bisa diubah kembali. Kata orang, sejarah tak bisa diubah lagi. Itu benar. Apa pun yang telah terjadi dalam hidup Anda akan menjadi sejarah abadi. Ingat itu baik-baik. Kenyataannya, banyak orang suka menghidupkan kembali masa lalunya dalam bentuk ratapan dan penyesalan. Mereka terus terpuruk dalam masa lalu tanpa memperhatikan apa yang sedang terjadi sekarang. Semua ini terjadi karena mereka merasa masa lalu seharusnya seperti ini atau itu, tapi nyatanya tidak. Pernahkah Anda terus terjebak dalam masa lalu dalam waktu lama? Apa yang terjadi? Pilu atau sakit? Bisakah Anda naik ke mesin waktu dan mengubah sejarah? Kalau tidak bisa, seharusnya Anda relakan dan hidup di masa kini.

Selain itu, Anda mungkin suka mencemaskan masa depan. mungkin Anda cemas bagaimana kalau Anda kehilangan pekerjaan, tidak bisa membayar kredit motor, mobil atau rumah, tidak sanggup menghidupi keluarga atau segudang kecemasan lainnya. Saya mau tanya, apakah itu beralasan? Statistik menunjukkan bahwa lebih dari 90% dari apa yang kita takuti dan cemaskan tak pernah terjadi. Semua itu adalah hasil dari halusinasi pikiran yang sedang sakit. Sebenarnya Anda sendirilah yang menakuti diri sendiri.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ketika Anda hidup di masa kini, pikiran Anda ikut fokus ke masa kini dan tidak lagi ke masa lalu atau masa depan. Ini karena pikiran tidak bisa memikirkan dua hal yang sama dalam waktu yang sama sekaligus. Selain itu, perlu diingat bahwa ketika kita memikirkan masa lalu, kita memikirkannya sekarang. Dan ketika kita memikirkan masa depan, kita juga memikirkannya sekarang. Jadi kalau Anda ingin hidup simpel dan bahagia, jalani hidup masa kini dan sekarang. Masa lalu tak bisa diubah lagi, dan masa depan bisa berubah jika Anda melakukan sesuatu di masa kini. Setuju?

#5. Jangan membesar-besarkan hal yang sebenarnya sepele.

Seringkali kita tidak sadar menjadi orang sok sibuk yang suka memusingkan hal yang sebenarnya sepele. Masalah-masalah kecil sebenarnya tidak berarti apa-apa, seharusnya bisa Anda abaikan saat itu juga dan habis perkara. Tapi kadang kita tidak tahan. Akibatnya kita terus mengungkit-ungkit, lama-lama jadi masalah besar. Ungkapan Inggrisnya, don’t sweat the small stuff. Jangan capekkan diri Anda hanya karena hal kecil.

Contohnya, terjebak macet. Terjebak macet ya memang sudah terjadi. Bukan masalah yang luar biasa besar. Bukan hanya kita yang terjebak, orang lain juga kena. Tapi kadang, kita terus menggerutu, memaki-maki, marah, kesal, geram dan galau. Perasaan itu terus terbawa, mungkin Anda melampiaskannya pada orang lain. Hari-hari Anda rusak berantakan hanya karena macet. Padahal kalau Anda bisa santai-santai sambil dengerin musik, macet takkan berefek apa-apa.

Saya pernah lihat orang yang begitu disalip oleh kendaraan dengan suara yang sedikit gelegar, langsung naik darah dan ikut mengejar sambil kebut-kebutan. Apakah itu pantas, padahal itu hanya masalah yang sangat sepele sekali, tapi orang tersebut membuatnya seolah itu bencana besar. Aneh bukan?

Kalau ingin bahagia, singkirkan segera hal-hal yang gak penting apalagi sepele. Pikiran Anda pasti akan lebih jernih dan ringan. Hidup pun terasa simpel karena tidak banyak yang dipikirkan.

#6. Jangan suka membandingkan hidup Anda dengan orang lain secara negatif.

Saya ada tulis artikel yang sangat inspiratif mengenai ini yang judulnya Jangan Bandingkan 3 Hal Ini Jika Ingin Bahagia.

Silakan baca dan renungkan.

Membandingkan diri Anda dengan orang lain secara negatif, membuat Anda tidak akan pernah bahagia. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa membuat Anda iri dan dengki dan menjadikan Anda gelap hati dan mata.

Semua pasti setuju bahwa salah satu cara untuk bahagia adalah bersyukur dengan apa yang Anda miliki. Sikap membandingkan malah menjauhkan diri Anda dari sikap syukur. Silakan baca biar lebih jelas.

Saya sudah babarkan 6 cara secara keseluruhan. Semoga artikel ini membuat Anda lebih berbahagia dan damai. Salam.
---------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
FB --> http://www.facebook.com/suhardi.inspirator.motivator
Twitter --> @SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment