Social Icons

Pages

January 18, 2014

Menjadi Sukses Dengan Filosofi Boneka Shaolin

Apakah Anda tahu boneka Shaolin atau biasa disebut boneka dummy? Yap, boneka ini digunakan sebagai alat untuk latihan kungfu. Kalau Anda suka menonton film silat, pasti pernah melihat boneka seperti itu.

Boneka ini diberi pemberat di bagian terbawah, sehingga boneka ini akan tetap berdiri apa pun yang terjadi. Tidak peduli, dipukul sekuat apa pun, boneka ini pada akhirnya tetap akan berdiri seperti sediakala.

Prinsip inilah yang digunakan oleh orang untuk berlatih kungfu, baik pada saat meninju maupun menendang. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah bonekanya.

Sukses itu kadang tidak mudah. Meski secara teori tidak terlalu sulit, tetapi pada kenyataannya, tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja halangan dan tantangan yang tak terduga. Hal ini yang sering kali menimbulkan kegagalan atau harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

Gagal sekali dua kali mungkin masih bisa tahan. Kadang kita putus asa jika terus gagal berkali-kali meski sudah mencoba berbagai macam cara. Tidak sedikit yang akhirnya memilih untuk menyerah juga.

Berapa banyak orang yang berani bangkit lagi setelah jatuh berkali-kali? Berapa banyak orang yang terus maju meskipun terus-menerus gagal? Berapa banyak orang yang terus berjuang meskipun sudah pernah kalah sebelumnya?

Tidak banyak orang yang seperti itu. Sangat banyak orang yang lebih memilih menyerah. Mereka tidak kuat ketika menyadari diri mereka terjatuh dan kalah. Bahkan tidak sedikit pula yang sudah menyerah kalah sebelum gendang perang ditabuh.

Adakah sesuatu hal yang seharusnya Anda lakukan, tetapi Anda memutuskan untuk berhenti? Coba ingat-ingat kembali hal berharga yang bisa Anda raih jika saja Anda tidak pernah menyerah. Sayang, hal berharga tersebut harus hilang karena Anda memutuskan untuk mengaku kalah. Hal yang bisa membuat Anda bahagia dan bangga jika tercapai ternyata harus terbang begitu saja. Apakah hal tersebut terlalu kecil sehingga Anda membuangnya dengan cara berhenti dan menyerah? Apakah Anda rela menukarkan impian Anda yang begitu berharga dengan sebuah pengakuan bahwa Anda sudah menyerah?

Kalau sudah begitu, kita patut belajar dari filosofi boneka dummy ini. Ketika boneka ini ditendang, dipukul, dihantam atau dihajar, ia tetap berdiri pada akhirnya. Meski sempat jatuh dan terguling-guling, perlahan-lahan ia akan tetap berada pada posisi awalnya, yaitu berdiri.

Boneka ini tak kenal kata menyerah. Tidak ada yang namanya terjatuh terus tidak mau bangun lagi. Ia tidak peduli, berapa ribu kali ia terjatuh karena terjangan orang, ia tetap berdiri tanpa menyerah.

Anda juga setidaknya memiliki mental kuat seperti itu jika ingin sukses. Beranilah bermimpi dan beranilah gagal. Saat gagal beranilah bangkit lagi. Seribu kali Anda jatuh, bangkitlah kembali untuk yang ke seribu satu kalinya.

Orang sukses itu bangkit satu kali lebih banyak daripada jatuh. Orang gagal adalah sebaliknya, bangkit satu kali lebih sedikit daripada jatuhnya.

Semoga filosofi ini mengingatkan Anda untuk tidak mudah menyerah dalam menggapai impian dan semoga Anda senantiasa memiliki mental pantang menyerah sebelum semuanya tercapai.

Semoga bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment