Social Icons

Pages

January 23, 2014

Program Dari Sekolah Yang Menghalangi Sukses

Rata-rata dari kita pasti pernah bersekolah, betul? Kali ini saya akan bagikan sebuah artikel yang mungkin sangat bagus. Jangan buru-buru menilai artikel ini penuh kontroversi. Artikel ini tidak aneh dan sama seperti artikel lainnya. Hanya saja bobot artikel ini sangat luar biasa dan Anda harus membaca ini.

Coba Anda ingat-ingat lagi saat-saat sekolah dulu. Apa yang sangat Anda takutkah saat sekolah? Ada banyak jawaban. Tapi saya yakin semua orang pasti setuju bahwa nilai merah apalagi tinggal kelas adalah salah satu hal yang paling menakutkan bagi siswa, termasuk saya dulu.

Nilai merah atau atau dapat telor busuk di ujian berarti Anda akan dimarahi habis-habisan oleh orang tua. Apalagi tinggal kelas, Anda pasti merasa seperti hidup di neraka. Tak tahu kengerian apa yang akan terjadi.

Demi menghindari efek tersebut, Anda belajar dengan giat. Apalagi pas ujian nasional tiba, belajarlah lebih intens dan gila-gilaan. Tidak heran, kita sering melihat di berita siswa yang stres bahkan sakit. Ketakutan akan tidak lulus ujian menjadi momok menakutkan, jauh lebih menakutkan dibanding hantu sekali pun.

Dari sini Anda tahu bahwa di sekolah kita dilarang keras membuat kesalahan sedikit pun saat ujian. Salah sedikit saja, nilai bisa dikurangi. Apalagi pelajaran matematika atau yang ada hitung-hitungan. Kalau dari awal saja sudah salah, maka semuanya salah total. Kesalahan adalah hal mengerikan semasa sekolah.

Saya sering melihat ada orang tua yang terlalu memaksa anaknya untuk mendapat nilai sempurna. Yang parahnya, meski anaknya sudah dapat nilai 90, tetap juga dimarahi habis-habisan. Pokoknya harus nilai 100. Kalau tidak, jangan harap bisa tenang. Bagi saya, ini sangat miris sekali. Karena terus seperti itu, anak tersebut menganggap kesalahan adalah hal fatal. Berbuat kesalahan sedikit saja saat ujian, itu berarti neraka.

Program seperti ini berlangsung terus dari SD sampai perguruan tinggi. Hitung sendiri berapa tahun. Akibatnya program semasa sekolah ini terus dibawa ke dunia nyata. Inilah yang jadi masalah bagi banyak orang.

Di sekolah kita belajar bahwa membuat kesalahan kecil saja akan dikurangi nilai. Membuat kesalahan besar, bisa-bisa tinggal kelas. Anda membawa keyakinan itu ke dunia setelah kuliah berakhir. Anda tetap percaya bahwa membuat kesalahan itu tidak diperbolehkan.

Padahal kalau Anda ingin sukses, berbuat kesalahan dan kegagalan adalah wajar. Tapi apa daya, mungkin program ini sudah tertanam dengan kuat selama bertahun-tahun. Dan program ini mengendalikan pola pikir Anda.

Ketika ada peluang bagus, Anda tidak berani ambil karena takut gagal. Padahal Anda sudah tidak masuk dunia sekolah lagi, melainkan dunia nyata yang sangat berbeda saat sekolah dulu. Ini yang kadang mensabotase diri sendiri.

Lihat orang-orang sukses. Berapa kali mereka gagal sebelum sukses? Banyak bahkan tak terhitung. Ini wajar. Kalau di sekolah, mungkin mereka sudah tinggal kelas entah yang ke berapa kali. Tapi ini bukan sekolah. Ini adalah dunia nyata yang kalau Anda ingin sukses, Anda harus banyak-banyak berbuat kesalahan dan gagal.

Pendidikan memang penting. Tapi program semasa sekolah ini tidak dibutuhkan lagi. Buang jauh-jauh. Kalau di sekolah membuat kesalahan adalah fatal, di dunia nyata tidak membuat kesalahan adalah hal yang aneh. Bagaimana mungkin Anda bisa sukses kalau tidak pernah melakukan kesalahan, kesilapan atau bahkan kegagalan? Coba renungkan itu baik-baik.

Satu hal yang perlu Anda ingat, di sekolah orang yang sukses besar adalah orang yang tidak membuat kesalahan sedikit pun saat ujian. Dalam kesuksesan dalam dunia nyata, orang yang sukses besar adalah orang yang paling banyak membuat kesalahan dan gagal.

Dalam kehidupan ini, orang yang tidak pernah membuat kesalahan dan gagal adalah orang yang hanya diam tidak bertindak. Tidak bertindak berarti tak ada perubahan dalam hidup. Tak ada yang namanya sukses dengan cara seperti itu.

Kalau Anda masih membawa program semasa sekolah sampai sekarang, Anda pasti bakal menemui kesulitan. Anda jadi takut gagal. Anda takut berbuat kesalahan karena itu berarti fatal. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya. Ketakutan akan kegagalan itulah yang membuat Anda tidak bisa maju. Program ini tidak diperlukan dalam dunia nyata. Program yang harus Anda install sekarang adalah, semakin banyak kesalahan dan kegagalan yang saya lakukan, semakin matang dan kuatlah diri saya. Semakin sering saya gagal, semakin dekatlah diri saya dengan kesuksesan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment