Social Icons

Pages

November 4, 2013

3 Sikap Manusia Dalam Meraih Kesuksesan

Pernahkah Anda berpikir dan bertanya kenapa ada beberapa orang yang berhasil dan menikmati kesuksesan yang diidamkan banyak orang, sedangkan di sisi lain banyak pula yang gagal bahkan banyak yang tidak berani mencoba meraihnya?

Saat ini ada begitu banyak sumber daya yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu pencapaian sukses Anda. Lihat saja seminar-seminar dan pelatihan yang begitu marak saat ini yang mampu mengubah dan meningkatkan pengembangan dalam diri Anda. Anda dan orang lain punya peluang yang sama besar untuk meraih apa yang telah diraih orang-orang sukses. Tapi kenyataannya, hanya sedikit yang masuk kategori sukses.

Coba saja tanya diri Anda atau orang lain apakah ingin sukses. Pertanyaan ini mungkin kedengaran bodoh karena semua pasti akan menjawab “YA”. Tapi lihat lagi kenyataan, tetap saja orang sukses sangat sedikit. Lebih banyak yang gagal daripada sukses.

Apa yang salah?

Ya, memang ada yang salah. Permasalahannya ada pada diri sendiri. Dengan kata lain, Anda sendirilah yang menciptakan keberhasilan sekaligus kegagalan yang terjadi. Anda yang harus bertanggung jawab terhadap kehidupan Anda.

Dalam usaha pencapaian sukses, sikap seseorang dapat dibagi menjadi 3 tipe.

Tipe pertama adalah orang yang bersikap “Saya mau sukses”. Orang yang bersikap seperti ini sulit untuk sukses. Karena kenyataannya semua orang mau sukses, tapi lebih banyak yang tidak sukses. Mereka hanya mau sukses, hanya sekadar mau saja, tapi tidak mau membayar harganya. Mereka hanya mau, tapi tidak benar-benar mau. Orang dengan sikap seperti ini hanya akan menjadi pemimpi belaka tanpa mau berusaha untuk mewujudkannya.

Tipe kedua adalah orang yang bersikap “Saya memilih untuk sukses”. Orang-orang dengan sikap seperti ini jauh lebih bisa diharapkan untuk meraih sukses ketimbang tipe pertama. Mereka memiliki keputusan yang kuat untuk sukses. Karena mereka memilih untuk sukses, maka tidak mau pilihan lain yang mengarah pada kegagalan.

Tipe terakhir yang seharusnya dimiliki orang yang ingin sukses adalah “Saya berkomitmen untuk meraih sukses”. Orang yang bersikap seperti ini tak akan menyerah sebelum mencapai apa yang menjadi tujuannya. Mereka berkomitmen penuh 100% untuk meraih impian mereka. Tidak ada alasan apalagi berhenti dalam kamus hidup mereka. Mereka sepertinya membakar jalan di belakang sehingga mereka tak punya pilihan lain selain maju ke depan. Mereka bahkan rela mengorbankan waktu, tenaga, uang atau pikiran untuk meraih kesuksesan. Berkomitmen berarti tetap maju tak peduli apa pun yang ada di depan. Mereka tetap maju tak peduli seberapa besar rintangan di depan mata.

Sikap itulah yang membedakan orang sukses dengan orang gagal. Orang yang punya komitmen bukan hanya mau sukses, tapi benar-benar mau dan benar-benar berhasrat untuk sukses.

Sekarang tanyakan diri Anda, apakah Anda hanya mau sukses atau benar-benar punya komitmen untuk sukses? Setiap orang ingin sukses, tapi banyak rintangan yang menciutkan komitmen yang awalnya tak terbendung. Semua tergantung diri sendiri. Ilmu sukses apa pun yang Anda miliki, kalau Anda tak punya komitmen untuk memanfaatkannya, semuanya jadi sia-sia.

Jalan menuju sukses bukanlah jalan yang lurus dan mulus, di mana Anda bisa berlari kencang tanpa hambatan. Hidup tak pernah menyediakan jalan seperti itu. Kadang jalan yang dilalui begitu jelek, rusak parah, berlubang, banyak kerikil bahkan batuan besar. Semua itu cukup untuk menghentikan Anda yang tidak punya komitmen.

Hanya dengan komitmenlah Anda baru bisa melewati jalanan sulit seperti itu. Kalau Anda tak punya komitmen, Anda mungkin langsung berpikir untuk balik arah. Kalau Anda punya komitmen kuat, Anda sulit untuk dihentikan seperti laju kereta api kencang yang akan menabrak apa pun yang ada di depan jika tidak direm.

Semoga menginspirasi dan salam.
--------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com

No comments:

Post a Comment