Social Icons

Pages

October 29, 2013

Cara Praktis Mengecas Energi Yang Hilang

Pernahkah Anda mengalami kelelahan saat sedang beraktivitas? Atau bahkan sering? Kelelahan disebabkan oleh hilangnya energi secara signifikan. Semua itu terjadi karena banyak faktor, mungkin saja karena kurang tidur, sakit atau apa pun. Kalau Anda mengalami hal seperti itu, ya lakukan saja itu.

Tapi bagaimana pula kalau Anda tetap sering merasa lelah dan capek tanpa alasan yang jelas. Belum siang hari saja sudah lelah dan ngantuk, bola mata tinggal 3 watt.

Nah, kalau sudah begitu, Anda harus melakukan sesuatu. Karena kalau Anda tetap memaksakan diri untuk beraktivitas, semuanya tidak akan maksimal.

Secara umum, kalau energi kita hilang, otomatis konsentrasi jadi buyar, performa fisik menurun, lesu dan loyo. Apa pun yang dikerjakan tidak akan memuaskan.

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Istirahat sejenak. Take a break.

Pada saat energi Anda hilang, itu pertanda Anda butuh istirahat. Tubuh Anda memberi peringatan dalam bentuk lelah, lesu dan loyo. Anda butuh istirahat untuk mengecas kembali eergi yang hilang.

Tidak ada yang salah dengan ini. Anda lihat saja, semua hal di dunia ini butuh break. Mesin paling gahar sekali pun pasti cepat rusak kalau dijalankan tanpa henti.

Anda juga sering lihat di jalan-jalan lintas ada tanda peringatan bagi para supir truk atau mobil agar pinggir sejenak untuk istirahat jika capek. Banya kecelakaan terjadi karena kurangnya konsentrasi pengemudi akibat kelelahan.

Mungkin Anda akan bertanya-tanya, bagaimana mungkin bisa tidur pas bekerja. Istirahat di sini tidak harus tidur, meskipun tidur masuk salah satunya. Ada banyak cara untuk mengecas kembali energi yang hilang.

Yang paling umum dilakukan adalah tidur siang. Sebenarnya tidur siang selama 15-30 menit sudah cukup asalkan Anda benar-benar tidur.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah bermeditasi. Tidak perlu meditasi secara formal. Cukup duduk di kursi, kedua kaki menyentuh lantai, pejamkan mata dan konsentrasi pada napas. Cukup lakukan selama 15 menit. Lebih lama lebih bagus.

Cobalah lakukan secara rutin, dan rasakan sendiri hasilnya. Kalau Anda tidak mencoba sudah bisa dipastikan Anda takkan membuat perubahan. Seperti yang saya katakan tadi, pada saat kita kehilangan energi dalam jumlah banyak, tubuh akan meminta Anda beristirahat. Take a break for a while. Beristirahatlah sejenak. Jangan terlalu memaksakan diri Anda melakukan sesuatu di luar batas dari kapasitas. Anda bisa mengalami kelelahan fisik sekaligus kelelahan mental.

Semoga bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment