Social Icons

Pages

August 19, 2013

Rahasia Berpikir Positif

Suatu ketika, seorang pemuda menemui satu orang tua yang terkenal bijak dan mampu menyelesaikan masalah. Tak peduli seberat apa pun masalah seseorang, orang tua tersebut mampu memberikan nasehat, saran dan jalan keluarnya. Dan banyak orang yang puas dan terbantu olehnya. Karena itulah, ia begitu terkenal di mana-mana, dan kehebatannya terdengar oleh pemuda ini.

Setelah bertemu muka dan sedikit berbasa-basi, pemuda ii langsung ke pokok masalah. “Kudengar Anda orang hebat yang bisa menyelesaikan masalah orang. Dan kedatanganku ke sini ingin meminta sedikit saran atau petunjuk.”

Orang tua tersebut tersenyum dan membalas, “Silakan.”

Pemuda ini bertanya, “Aku ingin jadi sukses. Tapi masalahnya kadang aku begitu pesimis dan berpikiran bahwa aku takkan bisa. Kadang aku berpikir aku bisa. Tapi lebih sering aku terjebak dalam pemikiran negatif. Bagaimana ini?”

Orang tua tersebut berhenti sejenak sambil menyerap kembali apa yang diutarakan pemuda ini. Lalu ia mulai menjawab, “Aku akan jelaskan dengan ilustrasi.”

Pemuda ini terlihat antusias karena merasa orang tua tersebut sudah punya solusi.

“Dalam diri setiap orang selalu ada dua jenis ular. Yang pertama adalah ular berbisa dan sangat berbahaya. Yang satu lagi ular tak berbisa dan tak berbahaya. Jika kita tidak memberi makan ular yang pertama, ular ini akan menggigitmu dan mematikanmu dengan bisanya yang berbahaya. Akan tetapi, kalau kita tidak memberi makan ular kedua, ia takkan menyerangmu karena memang tidak berbahaya. Satu-satunya cara menghindari serangan itu adalah memberi mereka makan saat lapar. Ular kedua takkan menyerang ketika lapar, hanya kelaparan lalu sakit dan mati.”

Setelah mendengar ilustrasi tersebut, pemuda ini mengangguk pertanda mengerti.

Orang tua ini lanjut dengan memberikan pertanyaan, “Sekarang aku mau tanya, kalau kedua ular ini bertarung, ular mana yang akan menang?”
Pemuda itu berpikir sejenak dan kemudian menjawab, “Tentu saja ular yang sering diberi makan. Ular yang tak diberi makan pasti tak punya tenaga.”

“Benar sekali,” kata orang tua bijak. “Dan kedua ular itu adalah ilutrasi dari pikiranmu. Ular-ular tersebut sama seperti pikiranmu. Dan apa yang sering kamu pikirkan akan menjadi ularmu.”

Pembaca sekalian,

Pikiran Anda dapat diilustrasikan seperti dua jenis ular seperti pada cerita di atas. Saya ingin tanya, apakah selama ini Anda lebih sering berpikiran negatif atau positif?

Ada begitu banyak orang di dunia ini yang cenderung lebih banyak memikirkan hal-hal yang negatif. Mereka tidak tahu betapa berbahayanya pikiran negatif.

Jika Anda sering memikirkan hal negatif atau hal-hal yang tidak Anda inginkan, artinya Anda memberi makan pada ular berbisa. Ular berbisa (pikiran negatif) ini akan selalu menyerang Anda dan menghalangi Anda dalam meraih apa yang Anda inginkan jika tak diberi makan.

Lalu bagaimana caranya memberi makan? Yaitu dengan pikiran positif. Makanan bagi ular berbisa (pikiran negatif) adalah pikiran yang positif. Ketika ular berbisa diberi makan dan kenyang, maka ia tak menyerang Anda.

Pikiran positif juga bisa diilustrasikan dengan taman yang indah. Jika Anda merawatnya dan menanam tanaman yang indah, taman tersebut akan terlihat indah dan terawat. Jika Anda menelantarkannya, taman itu akan rusak dan ditumbuhi rumput dan ilalang liar.

Itulah yang terjadi jika Anda sudah terbiasa dengan pemikiran negatif. Pikiran negatif dengan mudah menghalangi bahkan mematikan potensi Anda yang sebenarnya sangat besar. Pikiran Anda sangat berharga. Jangan telantarkan begitu saja. Tidak ada orang sukses yang selalu berpikiran negatif.

Satu lagi fakta adalah pikiran positif kekuatannya ratusan kali lebih kuat dibandingkan pikiran negatif. Sebenarnya apa yang terjadi pada kehidupan Anda sekarang adalah hasil dari apa yang Anda pikirkan di masa lalu. Jika saat ini Anda selalu menemui hal-hal negatif, bisa jadi dulunya Anda suka memikirkan hal-hal yang negatif. Jika Anda paham dengan hukum sebab-akibat atau hukum tarik-menarik (Law of Attraction), Anda pasti akan mengerti.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang positif di masa mendatang, mulailah hentikan pikiran-pikiran negatif dan isilah pikiran tersebut dengan sesuatu yang positif. Semua tergantung dari apa yang Anda berikan ke pikiran Anda.

Bagikan artikel ini jika Anda rasa bermanfaat dan salam.
------------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com

No comments:

Post a Comment