Social Icons

Pages

August 16, 2013

Bagaimana Tetap Bangkit Meski Membuat Kesalahan

Siapakah di dunia ini yang tidak pernah membuat kesalahan? Tidak ada sama sekali.

Sepandai-pandainya tupai melompat pasti pernah terpeleset dan jatuh ke kubangan kerbau juga. Nah, dengan kenyataan seperti itu, bisa dikatakan bahwa kesalahan yang Anda perbuat adalah hal wajar yang merupakan bagian dari proses pembelajaran.

Kita mulai dari beberapa contoh. Sewaktu Anda masih belajar berdiri, apakah sekali mencoba langsung bisa? Tentu tidak. Anda berusaha sekuat tenaga untuk menyeimbangkan diri. Keseimbangan yang tidak stabil membuat Anda terus terjatuh. Dari situ Anda mulai belajar dan belajar sampai akhirnya bisa berdiri, berjalan dan berlari.

Ketika Anda mulai belajar menulis huruf ‘a’ atau angka ‘1’, apakah langsung bisa? Kalau angka 1 sih mungkin bisa. Biasanya Anda akan membuat kesalahan dengan menulis huruf dengan tulisan cakar ayam atau tidak pas. Dari situ Anda terus belajar menulis sampai Anda lancar menulis semua huruf dan angka. Kesalahan yang Anda buat bisa dihapus dan diulangi lagi.

Pada saat ujian, siapa sih yang tidak pernah membuat kesalahan? Kalau ada, berarti semua orang terus-terusan dapat nilai 100 di rapor. Nyatanya tidak semua. Meski mungkin pernah dapat nilai 100 sekali dua kali, tapi tidak sering. Karena kesalahan yang dibuat dalam ujianlah membuat nilai Anda berkurang, mungkin jadi 90, 80 atau bahkan 0. Dan itu adalah hal yang wajar, tidak ada yang salah dengan itu.

Dan semua kesalahan yang pernah Anda perbuat terus terjadi mulai dari kecil hingga dewasa seperti sekarang. Kesalahan yang Anda perbuat merupakan proses untuk menumbuhan dan mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik. Tanpa kesalahan, Anda sulit menemukan kebenaran.

Contohnya, Anda berjalan ke arah timur padahal ingin menuju ke barat. Anda akan terus berjalan ke arah timur karena tidak tahu bahwa Anda telah salah. Ketika Anda sudah tahu Anda salah jalan, maka Anda mulai berbalik ke arah yang benar. Kalau Anda tidak menyadari telah membuat kesalahan, Anda akan terus membuat kesalahan. Kesalahan yang Anda sadari adalah alarm yang memberitahu Anda bahwa Anda salah.

Tapi ada kalanya beberapa orang tidak mentoleransi kesalahan. Intinya mereka membenci kesalahan. Kalau bisa mereka inginnya sempurna tanpa kesalahan sedikit pun.

Contoh paling nyata adalah kegagalan.

Siapa pun pernah gagal. kegagalan bukanlah masalah serius. Tapi ada beberapa orang yang menganggap kegagalan adalah kiamat. Lihat saja orang-orang yang menyerah. Mereka menyerah karena tidak kuat lagi menerima kegagalan. Mereka terlalu capek terus-menerus gagal. Bagi mereka, kegagalan adalah pertanda buruk yang haram di dekati.

Lalu bagaimana dengan orang yang sukses? Apakah mereka tidak pernah gagal?

Tentu saja pernah, bahkan tak terhitung banyaknya. Mereka pun pasti pernah gagal. Bedanya adalah, bagi mereka, kegagalan adalah hal yang wajar. Mereka tidak terlalu ambil pusing saat gagal. Tapi bagi orang gagal, kegagalan adalah hal yang hebohnya luar biasa. Orang sukses menjadikan kegagalan sebagai kompas untuk menuju ke tempat yang benar.

Kegagalan terjadi karena hasil dari tindakan yang salah. Itu pasti. Yang ingin saya tanyakan adalah, apa pendapat Anda mengenai kesalahan dan kegagalan? Apakah Anda menganggapnya sebagai sesuatu yang negatif? Apakah Anda menganggapnya sebagai pengalaman yang positif dan berharga? Itulah yang membedakan antara calon orang menyerah dan calon orang sukses.

Ingat, kesalahan bukan bermaksud menjatuhkan Anda. Itu hanya sementara. Kesalahan hanya bertujuan mengingatkan Anda bahwa Anda harus mengambil jalan lain. Kalau kesalahan tidak mau mengingatkan Anda, percayalah Anda akan terus membuat kesalahan itu. Anda akan terus terperosok ke dalam lembah hitam kegagalan.

Coba ingat-ingat kembali di mana Anda sadar telah membuat kesalahan. Apa yang terjadi kemudian? Anda pasti langsung mengubah tindakan, bukan?

Apa yang terjadi saat Anda belum sadar telah membuat kesalahan? Anda pasti terus membuat kesalahan itu, bukan?

Nah, dari sini bisa kita buktikan bahwa kesalahan adalah hal yang wajar dan bahkan berguna. Jadi, jangan takut membuat kesalahan. Orang yang membuat kesalahan berarti sedang bertumbuh. Orang yang tak pernah membuat kesalahan berarti tidak pernah bertindak. Dan orang yang tak pernah bertindak takkan menghasilkan perubahan apa pun.

Salam.
---------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment