Social Icons

Pages

August 1, 2016

9 Cara Ilmiah Untuk Hidup Lebih Bahagia

Topik mengenai kebahagiaan dan kekayaan memang selalu menjadi topik yang paling disukai dan sering dibahas. Topik ini seolah tidak bosan-bosannya dibahas. Memang begitulah kenyataannya karena di blog ini pun topik jenis ini selalu dicari dan dibaca banyak pembaca. Bahkan artikel berjudul Resep Hidup Tenang Tanpa Banyak Beban Pikiran menjadi artikel nomor satu dengan jumlah pembaca terbanyak.

Dari banyaknya pembaca artikel tersebut membuktikan dua hal. Pertama, semua orang menginginkan hidup bahagia, tenang dan tanpa masalah. Yang kedua, semakin canggihnya kehidupan sekarang ini, ternyata menyimpan ironi yang kontras di mana banyak orang mengalami stres dan tekanan yang luar biasa besar dalam hidupnya. Semakin hari, beban kehidupan terasa kian berat yang membuat kita rentan terkena stres. Stres adalah fenomena yang wajar sekaligus mengkhawatirkan saat ini.

Dan pada kesempatan kali ini saya akan bagikan 9 cara ilmiah untuk membantu Anda menjalani hidup dengan lebih bahagia. Apa saja itu?

#1. Berlatihlah untuk tersenyum
Tersenyum membantu Anda menurunkan kadar stres. Kalau bisa tertawalah karena otak Anda mengeluarkan hormon endorfin yang kekuatannya berkali lipat dari morfin. Anda tidak perlu menggunakan narkoba untuk membuat diri Anda senang. Cukup tersenyum dan tertawa.

#2. Belajar bersyukur
Sebenarnya saya sudah capek membahas ini. Anda pasti sudah tahu ini dan mungkin mau muntah mendengar ini. Tapi tak ada salahnya mengingatkan sekali lagi. Dengan bersyukur, Anda akan berterima kasih atas apa yang diberikan pada Anda, bukannya mengeluh dan mengutuk atas apa yang tidak Anda punyai.

#3. Berolahraga
Tahukah Anda bahwa berolahraga terbukti secara ilmiah mampu meredakan stres. Saya sulit menjelaskan bagian ini, tapi Anda akan percaya setelah melakukannya. Bukan hanya stres hilang, tapi juga pikiran lebih rileks dan tubuh lebih bugar, tidak loyo seperti orang kurang darah.

#4. Tidur cukup
Salah satu studi di Amerika menunjukkan bahwa manusia makin kurang tidur, terutama mereka yang tinggal di kota besar. Kurang tidur selain buruk bagi kesehatan, dapat juga membuat Anda tidak fokus dan kelelahan sepanjang hari. Akibatnya stres pun tak terelakkan. Tidur cukup membuat tubuh Anda bugar di pagi hari sehingga Anda siap untuk beraktivitas.

#5. Jalan-jalan keluar.
Jika Anda stres, cobalah keluar rumah dan jalan-jalan menikmati pemandangan luar. Anda bisa jalan-jalan dan duduk di taman atau di mall sambil cuci mata melihat cewek cantik/cowok tampan lalu lalang seperti model catwalk. Mengurung diri Anda dalam kamar dengan gembok sepuluh lapis hanya akan memperparah stres Anda.

#6. Travelling
Jika Anda punya dana berlebih. Tidak ada salahnya Anda liburan keluar kota atau luar negeri. Liburan sangat berguna untuk melepaskan beban pikiran yang jenuh dan sumpek. Liburan membuat Anda rileks, senang dan menikmati hidup. Coba tanya siapa yang tidak suka liburan? Semua pasti suka. Liburan memungkinkan Anda melihat dunia luar sehingga Anda akan menyadari betapa indahnya dunia ini dan betapa bodohnya menghabiskan hidup dengan stres.

#7. Berkumpul bersama keluarga, teman atau sahabat
Bersosialiasi adalah satu kebutuhan manusia yang tidak bisa dianggap sepele. Jika Anda merasa bosan atau stres, cobalah berkumpul bersama teman atau sahabat sesering mungkin. Dengan begitu, Anda bisa menyingkirkan rasa bosan dan stres tersebut untuk sementara waktu. Bukan hanya itu, mereka mungkin bisa memberi Anda solusi yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Selain itu berbincang dan bersenda gurau dengan mereka membuat Anda lebih bahagia.

#8. Bantulah mereka yang membutuhkan
Banyak orang yang hidupnya kurang beruntung dibandingkan Anda. Anda punya kesempatan untuk membantu mereka secara pribadi atau melakukan bakti sosial untuk mereka. Dengan begitu Anda bisa belajar bersyukur atas hidup Anda sekaligus Anda akan merasakan sebuah kepuasan dan kebahagiaan yang sulit dijelaskan dengan kata-kata.

#9. Luangkan waktu melakukan hobi.
Semua orang memiliki hobi, termasuk Anda. Cobalah luangkan waktu secara teratur untuk melakukan hobi. Ini termasuk cara favorit yang dilakukan orang untuk membunuh stres dan menjernihkan pikiran yang terlalu semak. Saya percaya tidak ada orang yang tidak senang saat melakukan hobinya.

Praktikkan sembilan tips ini dan rasakan perubahannya. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.



------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/Suhardi.Inspirator.Motivator
http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi
Instagram: @SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment