Social Icons

Pages

August 13, 2014

Kalau Ingin Bahagia, Ingat Ini Baik-Baik

Kalau bicara tentang kebahagiaan, pasti rata-rata orang mengaitkannya dengan harta, ketenaran, popularitas, jabatan dan kekuasaan. Kita terlalu sering diprogram dan pada akhirnya percaya bahwa harta (uang) yang berlimpah, terkenal di mana-mana (banyak fans), punya jabatan tinggi dan kekuasaan adalah jalan menuju kebahagiaan.

Hal ini membuat sebagian besar orang terlalu mendewakan hal-hal di atas sebagai jalan satu-satunya menuju kebahagiaan. Bahkan banyak di antaranya yang rela menghalalkan segala cara untuk mewujudkannya.

Tapi, apakah itu benar adanya? Seperti judul artikel di atas, kalau Anda ingin bahagia, ingat ini baik-baik. Saya berikan contoh.
  •        Cha Dong Hae, mantan anggota SG Wannabe (salah satu grup populer di Korea), Hae memang dikabarkan menderita depresi berat setelah dua tahun lalu ditinggal mati manajernya yang juga bunuh diri.

  •     Tahun 2005, artis Lee Eun Joo ditemukan gantung diri dengan nadi teriris.

  •     Yang paling menghebohkan adalah aktor yang menjadi perintis demam korea, Park Yong Ha, ditemukan tewas gantung diri dengan kabel charger camcorder di kamarnya.

  •    Han Chae Won juga bunuh diri. Sebelum kepergiannya ia sempat menulis di homepage mini miliknya, "Aku ingin berhenti menderita, aku ingin berhenti menangis." Stasiun MBC menggali lebih dalam tentang kasus ini dalam episode Entertainment Plus. Menurut kepolisian, wanita cantik ini pernah mengalami depresi karena ketatnya persaingan di industri hiburan dan sedang dalam masa terapi. Ketika menjalani terapi tersebut, seorang penipu mengaku sebagai seorang manager di salah satu perusahaan di bidang hiburan menipunya sebanyak ribuan dolar beberapa kali. Satu orang bahkan diklaim berjanji akan mempromosikan wanita tersebut di TV jika memberi uang sebesar $80.000. Han Chae Won memiliki keinginan sangat besar untuk dikenal oleh publik. Bahkan ia sempat mengganti namanya tiga kali demi mengharapkan peruntungan dengan namanya yang baru. Setelah memberitahu temannya bahwa tidak ada seorang pun yang ia percayai di dunia ini, Han Chae Won pun bunuh diri.

  •    Jung Da Bin, artis cantik yang juga bunuh diri dengan melilitkan lehernya dengan handuk. Menurut catatan yang ditinggalkan di blog pribadinya sebelum meninggal, ia mengatakan sedang dilanda depresi.

  •        Artis cantik Jang Ja Yeon ditemukan gantung diri di rumahnya. Sebelum meninggal, ia menulis mengenai pelecehan seksual yang dialaminya demi mendapatkan peran. Kasus ini melibatkan nama 31 petinggi industri hiburan dalam dokumen setebal 230 halaman yang ditulisnya. Ia dipaksa melayani nafsu 31 petinggi tersebut demi memuluskan karirnya. Inilah alasan utama bintang Boys Before Flower ini bunuh diri.

  •       Aktris Wong Seung Yeon memulai karirnya sebagai model majalah dan bintang iklan. Ia pun menderita depresi berat setelah gagal audisi berkali-kali, sampai akhirnya bunuh diri.

  •   U; Nee ditemukan tewas gantung diri di rumahnya. Ibunya mengkonfirmasi bahwa anaknya stres dan sempat melarikan diri ke obat-obatan.
Sebenarnya masih banyak lagi. Tapi contohnya cukup sampai sini. Apa maksud dari ini semua.

Camkan ini baik-baik. Kalau memang popularitas dan terkenal bisa mendatangkan kebahagiaan, tidak ada lagi artis yang stres, depresi dan bunuh diri.

Kalau memang kekayaan benar-benar bisa mendatangkan kebahagiaan, lantas mengapa ada banyak orang yang hartanya berlimpah tapi hidupnya hampa, bosan, terjebak narkoba, mabuk-mabukan bahkan sampai bunuh diri? Saya yakin Anda tidak sulit bertemu orang seperti itu.

Benar sekali, kekayaan, popularitas, jabatan dan kekuasaan bisa mendatangkan kebahagiaan, tapi bisa pula mendatangkan ketidakbahagiaan. Kalau kita mendewakan hal tersebut sebagai jalan satu-satunya menuju kebahagiaan, maka kita telah melewatkan banyak hal yang justru bisa mendatangkan kebahagiaan yang lebih bertahan lama.

Hal-hal di atas bukanlah satu-satunya jalan kebahagiaan, melainkan hanya salah satu jalan dari sekian banyak jalan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
-------------------------------------------------------------------------------
Ingin tahu bagaimana membangkitkan motivasi dan semangat dalam sekejap? Klik di sini.

http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment