Social Icons

Pages

October 7, 2013

Cara Instan Menghilangkan Galau

Tiap orang, setiap hari pasti pernah mengalami saat-saat yang bikin murung, membuat wajah cemberut. Ada saja hal tertentu yang membuat kita sedih, bete, tidak semangat, loyo dan galau. Perasaan seperti ini sungguh tidak menyenangkan dan sebisa mungkin dijauhi orang lain. Tapi apa daya, setiap hari, kondisi dan lingkungan kadang memaksa dan menyeret kita untuk pada akhirnya membuat kita seperti itu.

Saya tak tahu siapa yang pertama kali menemukan kata galau. Yang jelas kata ini sangat populer. Yang sedihnya kata populer ini bersifat negatif. Tapi kita takkan membahas asal usul sejarahnya. Yang ada makin galau raya.

Apakah Anda ingin menjadi ceria dalam hitungan detik? Apakah Anda ingin bisa keluar dari lingkaran galau dan kembali ceria? Saya yakin semua orang juga mau. Siapa sih yang gak mau senang?

Tanpa banyak penjelasan, saya beberkan rahasianya sekarang. Semua orang bisa melakukannya dan semua orang pernah melakukannya. Apa itu?

Senyuman.

Senyum atau bahkan tertawa adalah cara paling instan untuk mengubah galau menjadi ceria. Semua itu terjadi hanya dalam hitungan detik.

Tidak percaya? Cobalah eksperimen kecil ini. Harap lakukan agar lebih berkesan efeknya. Kalau cuma dibaca ya takkan ada perubahan. Besoknya pun paling tidak ingat lagi.

Coba bayangkan hal yang menyedihkan dalam hidup Anda. Bayangkan.

Lalu saat Anda membayangkan hal sedih tersebut, cobalah tersenyum. Apa yang terjadi? Minimal kesedihan tersebut lebih berkurang, dan bahkan hilang. Mengapa bisa terjadi?

Secara ilmiah, pada saat Anda tersenyum atau tertawa, otak Anda mengartikan bahwa Anda sedang senang dan ceria. Otomatis otak akan mengarahkan diri Anda untuk menjadi ceria. Senyum adalah salah satu bentuk fisiologi atau gestur tubuh. Fisiologi mempengaruhi emosi. Ketika Anda senyum, fisiologi senyum ini mengantarkan pesan ke otak dan otak menerjemahkan bahwa Anda sedang senang atau ceria. Sehingga muncullah emosi ceria. Understand?

Kita coba lagi eksperimen lain. Mohon lakukan. Ini penting.

Coba berdiri dengan ke dua kaki agak renggang. Lalu mata melihat ke atas. Ke dua tangan direntangkan dengan telapak menghadap ke atas. Lalu senyum lebar-lebar atau kalau mau lebih mantap, silakan tertawa. Lalu dengan gaya seperti itu, cobalah merasa sedih.

Apa yang terjadi?

Yang ada malah Anda makin tertawa. Eksperimen tadi setidaknya membuktikan bahwa ketika fisiologi atau gestur tubuh Anda menunjukkan Anda sedang senang, Anda akan sulit merasa sedih. Semakin Anda berusaha, akan semakin sulit, semakin aneh, akhirnya semakin lucu dan malah makin tertawa.

Cobalah Anda temui anak kecil yang sedang menangis. Lalu ajak dia lihat ke atas. Pasti tangisannya berhenti. Kepala menghadap ke atas membuatnya sulit menangis. Fisiologi atau gestur tubuh tertentu menghasilkan emosi tertentu. Sebaliknya orang galau, selalu melihat ke bawah. Pernah gak lihat orang galau tapi tatapannya agak ke atas? Sudah percaya?

Senyum bisa dilakukan semua orang, tapi efeknya sangat dahsyat. Bahkan di Amerika Serikat, beberapa rumah sakit jiwa menerapkan terapi senyum pada pasiennya. Dalam beberapa kasus, bahkan ada yang sembuh dari sakit jiwa tanpa obat dan terapi apa pun, melainkan hanya dengan terapi senyum.

Ini juga ada penjelasan ilmiahnya. Ketika Anda tersenyum atau tertawa. Otak menghasilkan semacam hormon yang membuat kita merasa ceria. Hormon ini dinamakan endorfin. Bahkan endorfin ini dipercaya lebih kuat berkali lipat daripada morfin. Anda lihat sendiri manfaat luar biasa dari senyuman. Senyuman mudah dilakukan, tapi efeknya jauh berkali lipat.

Jadi, pada saat Anda sedang galau karena sesuatu hal, mohon plisss, jangan makin membuat diri Anda galau dengan mendengar lagu galau, menonton film galau, atau memikirkan sesuatu yang galau. Sampai bumi terbalik pun, Anda takkan ceria.

Gunakan senyum. Ingat kembali masa-masa menyenangkan atau yang lucu dalam hidup Anda dan tertawalah. Dan jreeeng, dalam hitungan detik, galau reda, berkurang bahkan bisa hilang.

Kalau Anda ingin tahu tips lain menghilangkan galau, baca saja artikel 4 cara cepat memulihkan bad mood.

Semoga bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment