Social Icons

Pages

May 1, 2016

Cerita Inspiratif - Ikan dan Katak

Pada zaman dahulu kala, hanya ada dua jenis hewan yang menguasai sungai yaitu ikan dan katak. Katak dulunya mirip seperti ikan dan tidak memiliki kaki seperti sekarang, sehingga tidak bisa hidup di darat.

Ikan dan katak adalah teman baik dan selalu bersama-sama, mencari makan bersama-sama, menjelajahi sungai bersama-sama, bermain bersama dan sebagainya.

Sampai suatu hari mereka berbincang-bincang ringan. Ikan berkata, “Jika aku diberikan permintaan, aku ingin bentuk tubuh yang lebih ramping sehingga aku bisa berenang lebih cepat.”

“Untuk apa?” tanya katak.

“Supaya aku bisa menjelajahi sungai lebih jauh,” jawab ikan. “Aku ingin mengunjungi tempat yang baru. Kalau kamu?”

Katak berpikir sejenak sebelum menjawab, “Aku ingin kaki?”

“Untuk apa?” tanya ikan dengan ekspresi bingung.

“Supaya aku bisa berjalan-jalan di darat,” balas katak.

Ikan berkata, “Buat apa? tidak ada yang menarik di sana. Sungai di sini jauh lebih menarik dan indah.”

Katak tidak mengatakan apa pun dan pembicaraan mereka pun berhenti sampai di sana. Masing-masing dari mereka berdoa kepada Tuhan agar permintaannya di kabulkan. Dan Tuhan pun mengabulkan. Ikan diberi kecepatan dan katak diberikan sepasang kaki.

Sampai suatu hari, di daerah sekitar sungai tersebut terjadi musim kemarau terparah sepanjang sejarah. Hujan tidak turun setetes pun selama dua tahun. Cuaca terik sepanjang hari membuat volume air sungai berkurang drastis sampai akhirnya kering total.

Bagaimana nasib ikan dan katak?

Ikan mati karena tidak ada air. Sedangkan katak tetap hidup karena memiliki kaki dan mampu bertahan hidup di daratan. Ia melihat temannya yang sudah mati dan berkata, “Aku minta kaki untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu. Lingkungan selalu berubah dan kalau aku tidak siap, aku pasti kena imbasnya.”

Pembaca sekalian.

Cerita di atas menggambarkan pentingnya mengantisipasi perubahan yang terjadi dalam kehidupan kita. Di zaman sekarang ini, perubahan terjadi dalam kecepatan yang sangat mencengangkan dikarenakan pengaruh ledakan informasi. Dunia yang sekarang kita tinggali sudah berubah menjadi dunia digital dengan internet sebagai tiang penyangganya.

Akibatnya informasi berlalu lalang dengan sangat cepat dan jumlahnya tidak terhitung lagi. Informasi yang kita terima saat ini mungkin sudah usang dalam hitungan bulan. Semua ini membuat perubahan terjadi dengan sangat cepat.

Perubahan tersebut kadang bisa mempengaruhi hidup kita baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika kita tidak segera mengantisipasi maka kita akan terseret oleh arus perubahan itu.

Masih segar dalam ingatan kita bagaimana Blackberry merajai industri ponsel pada tahun 2008-2009. Akan tetapi pangsa pasarnya tahun demi tahun terus menurun dimakan oleh iPhone dan ponsel Android. Dan sekarang Blackberry hanyalah pemain kecil dengan pangsa pasar yang tinggal sedikit. Salah satu sebabnya adalah Blackberry tidak peka akan perubahan trend ponsel dengan layar sentuh. Blackberry masih pede dengan ponsel ber-keyboard dan mungkin merasa akan menjadi raja selamanya.

Perubahan adalah sesuatu yang pasti. Jika kita tidak mulai berubah dari sekarang, maka cepat atau lambat perubahan tersebut yang memaksa kita untuk berubah dan kalau kita masih tidak mau berubah maka kita akan punah. Mungkin Anda bisa melihat di sekitar betapa banyak perusahaan/bisnis yang tumbang akibat tidak mampu mengikuti arus perubahan.

Perubahan adalah salah satu kekuatan besar yang tidak terbendung. Tidak ada siapa pun di dunia ini yang mampu menahannya. Yang ada kitalah yang harus mengikuti aturan main yang dibuat oleh perubahan di dunia ini. Jika tidak mau, kadang konsekuensinya tidak menyenangkan buat kita.

Contoh lainnya beberapa profesi diperkirakan akan punah karena akan dikerjakan oleh mesin atau robot. Salah satunya adalah pekerjaan yang dikerjakan para buruh. Pekerjaan mereka termasuk pekerjaan yang terstruktur dan berulang-ulang dan biasanya mesin atau robot bisa diprogram untuk melakukannya.

Bagaimana kalau itu sampai terjadi? Apakah kita sudah siap? Senang tidak senang kita harus siap. Kalau tidak siap, kita akan terseret.

Orang yang mampu bertahan dari perubahan apa pun adalah mereka yang memiliki kesiapan dan telah memiliki rencana yang matang saat perubahan tersebut benar-benar terjadi.

Semoga artikel ini menginspirasi Anda dan salam. Jangan lupa bantu share.

--------------------------------------------------
-------------------------------------------------
Instagram: @SuhardiMotivasi


No comments:

Post a Comment