Social Icons

Pages

March 6, 2016

5 Tanda Anda Harus Melakukan Perubahan

Hidup selalu berubah dan bergerak secara dinamis. Ini bisa dilihat dari dunia yang terus berkembang dari zaman purba hingga menjadi modern seperti sekarang. Perubahan selalu terjadi. Saking hebatnya, tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan.

Karena perubahan selalu terjadi, ada kalanya kita harus mengikuti perubahan atau kita akan terhempas dan terseret arus hingga tenggelam. Memang tidak semua perubahan perlu kita ikuti, ada beberapa hal penting yang memang menuntut kita untuk melakukan perubahan. Jika kita tidak berubah maka kita akan terkena dampak negatif dari perubahan tersebut.

Contohnya, bayangkan jika sekarang Anda ngotot berbisnis pemutar kaset walkman. Walkman adalah pemutar kaset yang sangat populer pada tahun 90-an karena bisa dibawa ke mana-mana layaknya ipod sekarang. Akan tetapi sekarang tidak ada musik yang ditampung dengan kaset, melainkan dengan CD atau melalui file di flashdisk. Bagaimana kalau Anda ngotot berbisnis walkman? Dewa pun jungkir balik dan angkat tangan meskipun Anda berdoa sampai mulut mengeluarkan busa.

Karena itulah kita harus sedikit lebih peka dengan perubahan. Dan pada artikel kali ini saya akan bagikan 5 tanda di mana Anda harus melakukan perubahan.

#1. Anda tidak puas dan bosan dengan hidup Anda yang sekarang.
Jika Anda merasa hidup Anda terlalu monoton dan begitu-begitu saja, ini pertanda Anda harus segera berbenah. Cari tantangan baru. Cari dan kejar tujuan baru. Jika tidak, Anda akan terus menjalani hari-hari yang membosankan tanpa semangat yang kerjaannya hanya mengurung diri di kamar yang dikunci dengan sepuluh gembok. Lakukan sesuatu yang berbeda dari rutinitas yang biasa Anda lakukan. Cari tahu apa yang sangat ingin Anda lakukan dan kejarlah. Jika Anda terus melakukan hal yang sama, percayalah tak perlu tanya dukun beranak, Anda akan selalu seperti ini.

#2. Hidup Anda sedang dalam kondisi kritis.
Anda pasti pernah mengalami masa-masa sulit yang sangat berat hingga merasa tak ada lagi jalan keluar. Tanda seperti ini sangatlah jelas sehingga Anda kadang harus melakukan perubahan drastis dan berani. Kadang Anda tidak berani berubah meski merasakan sakit akibat kondisi tersebut. Tapi cobalah renungkan mau sampai kapan Anda mau bertahan dengan rasa sakit tersebut? Jika Anda tidak segera berubah, kondisi tersebut tidak akan hilang dan bahkan bisa lebih parah. Jadikan itu sebagai alarm agar Anda segera melakukan perubahan.

#3. Anda terus gagal.
Inilah yang sering membuat orang pada akhirnya berhenti di tengah jalan (menyerah) dan menunggu ditabrak truk. Mereka terus gagal dalam usaha meraih tujuan. Meski sempat bangkit berkali-kali, kadang kesabaran mereka sudah habis sehingga memilih berhenti. Tentunya kondisi seperti itu bisa dihindari dengan menyadari bahwa perubahan harus dilakukan bila kita terus gagal. Saat gagal, itu adalah pertanda tindakan kita tidak efektif sehingga kita harus mencari cara lain. Semua itu menuntut kita untuk melakukan perubahan dalam tindakan. Kalau terus melakukan tindakan yang sama, hasilnya pun tetap sama meski Anda pantang menyerah. Bayangkan Anda bertemu jalan buntu. Sudah tahu jalan buntu namun Anda pantang menyerah dengan menabrak dinding tersebut berkali-kali dengan semangat pasti bisa. Akhirnya sudah jelas, patah tulang.

#4. Anda ingin meraih tujuan yang lebih besar.
Tujuan yang lebih besar membutuhkan tindakan atau sesuatu yang berbeda dari saat kita berhasil meraih tujuan sebelumnya yang lebih kecil. Cara yang kita gunakan saat meraih tujuan sebelumnya kadang tidak cukup untuk meraih tujuan baru yang tentunya lebih luas. Karena itulah Anda harus melakukan perubahan. Diri Anda yang dulu tidak lagi bisa meraih tujuan baru sehingga Anda harus berubah sehingga diri Anda menjadi berkembang dan layak untuk meraih tujuan tersebut. Impian berpenghasilan sepuluh juta perbulan dengna seratus juta perbulan tentunya butuh pendekatan yang berbeda saat meraihnya bukan?

#5. Anda tak punya pilihan lain kecuali memang harus berubah.
Berubah adalah proses yang awalnya tidak nyaman dan sering dihindari banyak orang. Manusia memang dirancang untuk lebih mengejar kenyamanan daripada ketidakpastian akibat melakukan perubahan baru. Jika Anda sudah sangat nyaman dengan pekerjaan Anda saat ini, maukah Anda banting setir mencari pekerjaan lain? belum tentu, bukan? Banyak pertimbangan yang akan membuat Anda banyak pikiran. Apakah pekerjaan itu akan cocok nantinya? Apakah bosnya galak seperti harimau sesak boker? Apakah rekan kerja bisa cocok dengan Anda atau bahkan saling sikut-menyikut dengan cara menjilat pantat bos? Dan banyak lagi pertanyaan lain yang ujung-ujungnya membuat Anda tidak berani berubah. Tapi ada saatnya Anda tak punya pilihan lain selain harus berubah. Di sinilah hidup akan memaksa Anda berubah baik Anda senang maupun tidak senang. Jika tidak, Anda akan terseret arus kehidupan.

Kelima tanda di atas adalah tanda bagi Anda untuk mulai melakukan perubahan. Semoga dengan adanya perubahan, hidup Anda menjadi lebih baik, diri Anda menjadi lebih berkembang dan bertumbuh dan impian Anda bisa tercapai.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
----------------------------------------------------------------------------
Ingin tahu resep hidup tenang tanpa banyak beban pikiran? Klik di sini.
----------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/Suhardi.inspirator.motivator
http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi
Instagram: @SuhardiMotivasi

4 comments:

  1. Artikel yang sangat menginspirasi saya. Sebagai blogger, apa yang ditulis dalam blog ini, layak dijadikan referensi oleh pembaca. Blog motivasi semacam ini adalah oase ditengah kekeringan ilham yang jernih.

    Semoga sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. Saya mencari2 blogg motivasi.salam dari malaysia..saya irda garmin keturunan indonesia.sy mencari butang follow melalui mobile.tak jumpa.moga ketemu lagi

    ReplyDelete
  3. Saya mencari2 blogg motivasi.salam dari malaysia..saya irda garmin keturunan indonesia.sy mencari butang follow melalui mobile.tak jumpa.moga ketemu lagi

    ReplyDelete