Social Icons

Pages

April 18, 2016

Kisah Sukses - Terlahir Buta, Miskin, Tidak Diterima Bersekolah Kini Punya 4 Pabrik

Namanya Srikanth Bollant.

Srinkanth terlahir buta. Bukan hanya itu, ia juga lahir dari keluarga miskin. Saat lahir dan mendapati dirinya buta, tetangga menyarankan agar orangtuanya membunuhnya dengan anggapan bahwa kematian lebih baik daripada ia menderita seumur hidupnya.

Seperti orangtua pada umumnya, mereka tidak tega melakukan itu pada Srikanth. Perjuangan beratnya dimulai pada saat ia mulai bersekolah.

Karena kebutaan yang dialaminya, ia dikucilkan oleh teman-teman sekolahnya. Tidak ada yang mau berteman dengannya. Ia diberi tempat duduk paling belakang. Ia tidak bisa berpartisipasi di kelas. Saat itu pula ia merasa sebagai anak paling miskin sekaligus paling malang di dunia. miskin, kesepian adalah teman yang selalu berada di sisinya waktu itu.

Karena tidak tahan dengan kondisi seperti itu, dua tahun kemudian ayahnya memindahkannya ke sekolah luar biasa. di situlah ia mulai berkembang dan banyak belajar. Tak hanya unggul di berbagai mata pelajaran, tapi juga berbakat dalam permainan catur dan kriket (olahraga paling bergengsi di India).

Namun rintangan kembali menghadang saat ia memasuki SMA. Ia ingin memasuki bidang sains, tapi banyak sekolah sains yang menolaknya. Mereka menganggap Srikanth hanya cocok mempelajari seni karena ia buta. Namun ia tidak menyerah begitu saja. Ia memutuskan memperjuangkan haknya dengan cara menggugat pemerintah. Perjuangannya selama enam bulan akhirnya membuahkan hasil ketika pemerintah mempersilakannya mengambil jurusan sains tapi dengan syarat risiko ditanggung sendiri.

Saat itulah peluang terbuka sangat lebar dan Srikanth menggunakannya sebagai kesempatan untuk membuktikan bahwa mereka salah. Karena buta, ia mencari cara dengan mengubah buku teks ke dalam bentuk audio (audiobooks). Berkat belajar kerasnya siang malam ia berhasil mendapatkan nilai hampir sempurna dalam ujian nasional yaitu 98 persen.

Berkat kegigihan serta prestasinya, ia berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di Amerika Serikat. Tidak tanggung-tanggung, universitas yang menerimanya adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT), universitas teknik terbaik di dunia.


Setelah lulus dari MIT, banyak perusahaan besar berniat merekrutnya tapi ia memutuskan kembali ke kampung halamannya di India dan mulai membangun bisnisnya sendiri.

Usianya masih terbilang muda yaitu 24 tahun namun kekayaannya bisa terbilang cukup fantastis. Ia adalah pemilik Bollant Industries, sebuah perusahaan yang memproduksi kemasan produk ramah lingkungan yang bernilai hampir seratus miliar rupiah.

Dan kini ia memiliki empat pabrik produksi di kota Hubli, Nizamabad, dan dua pabrik di Hyderabad. Uniknya, perusahaan yang didirikannya ini telah mempekerjakan sekitar 150 karyawan yang semuanya menyandang disabilitas.

Apa yang terjadi pada Srikanth tentunya bisa memberikan kita sebuah pelajaran penting bahwa keterbatasan tidak pernah menjadi halangan bagi seseorang untuk meraih impian atau kesuksesan. Keterbatasan hanyalah halangan yang diciptakan oleh pikiran kita sendiri untuk mencegah kita meraih apa pun. Keterbatasan juga merupakan alasan yang biasanya dibuat banyak orang gagal di dunia ini.

Jika Srikanth yang buta, dulunya miskin bisa menjadi hebat seperti sekarang, bagaimana dengan kita yang mungkin masa kecil lebih baik darinya dan tidak buta? Seharunya kita tidak boleh kalah dan terpacu untuk meraih impian kita sendiri.

Semoga artikel ini menginspirasi dan salam.
---------------------------------------------------
The Life's Gold: Rahasia Hidup Bahagia Dalam Waktu Satu Hari. Klik di sini.
---------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/suhardi.inspirator.motivator
http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi
Instagram: @SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment