Social Icons

Pages

March 29, 2016

7 Aturan Hidup Tenang Dan Bahagia

Artikel saya yang sebelumnya berjudul 'Resep hidup tenang tanpa beban pikiran' adalah artikel nomor satu yang paling banyak dibaca oleh pembaca blog ini. Jika belum baca, Anda wajib membaca ini.

Dengan melihat banyaknya pembaca artikel tersebut, dapat saya simpulkan bahwa banyak orang ingin sekali mengetahui bagaimana menjalani hidup ini dengan lebih tenang, tanpa banyak pikiran, tanpa banyak masalah.

Zaman sekarang ini, ada begitu banyak hal yang sangat menyita dan menguras pikiran kita baik hal penting dan darurat sampai kepada hal sepele yang tidak berguna sama sekali. Semua itu bertumpuk jadi satu sehingga menjadi beban yang memberatkan pikiran kita. Akibat dari itu semua adalah penyakit mental yang sudah sering kita dengar seperti stres, galau, dan depresi.

Dan pada kesempatan kali ini saya ingin bagikan tujuh aturan yang perlu Anda patuhi untuk meraih hidup yang tenang dan bahagia. Mari saya jelaskan.

#1. Berdamailah dengan masa lalu Anda.
Kenapa harus berdamai? Mungkin Anda rela berdamai dengan masa lalu dan berniat menuntut masa lalu di pengadilan dengan menyewa pengacara sekelas Paris Hotman. Tapi itu semua percuma. Anda takkan bisa mengubah masa lalu yang sudah terjadi. Tak ada yang bisa dilakukan untuk mengubah masa lalu. Jika Anda tidak bisa melepaskan dan berdamai dengan masa lalu, Anda akan terus tersakiti oleh kejadian yang berhubungan dengannya. Jadi, berdamailah dengannya dan tatap masa depan.

#2. Penilaian orang lain bukanlah urusan Anda.
Jika Anda hidup berdasarkan penilaian atau apa yang orang lain harapkan pada Anda, Anda sama seperti wayang yang dikendalikan oleh dalang. Orang lain mengatakan A, Anda pun ikut-ikutan berkata A. orang lain lompat ke sungai, Anda pun ikut lompat dan hanyut. Tidak ada yang berhak menilai diri Anda kecuali Anda sendiri. Orang lain boleh saja menilai, akan tetapi Andalah yang memberi penilaian akhir pada diri Anda. Anda harus bersikap sedikit masa bodo.

#3. Waktu akan menyembuhkan segalanya.
Pernahkah Anda pasrah dan putus asa terhadap suatu masalah yang kelihatannya tidak pernah berakhir? Akan tetapi seiring berlalunya waktu, masalah tersebut pelan-pelan menunjukkan titik terang dan selesai. Intinya adalah apa pun yang terjadi, waktu akan membuat semua itu berlalu. Anda galau? Anda akan melewati itu beberapa waktu kemudian. Anda terkena masalah? Masalah itu akan berlalu. Badai pasti berlalu.

#4. Tidak ada orang yang bertanggungjawab atas kebahagiaan Anda kecuali Anda sendiri.
Hidup Anda sama seperti mobil pribadi Anda. Sudah seharusnya Anda yang menyetir sehingga Anda bebas pergi ke mana pun. Jika Anda membiarkan orang asing yang menyetir, Anda harus pasrah di bawa ke manapun yang mungkin tidak Anda sukai. Anda harus bertanggungjawab atas kehidupan Anda sendiri, terutama kebahagiaan Anda. Banyak orang menggantungkan kebahagiaannya pada orang lain. Banyak contohnya misalnya, “Aku bahagia kalau pasanganku lebih perhatian”, “Aku lebih senang kalau bisa pacaran dengan Lee Min Ho”, “Aku sedih kalau dia terus cuek padaku”, “Aku galau karena gebetanku ditikung orang lain.” Anda tidak bisa seperti itu karena Anda tidak mungkin mengontrol orang lain sepenuhnya. Yang benar adalah Anda bisa mengontrol diri Anda 100% sehingga kebahagiaan pun bisa Anda raih sepenuhnya tanpa terpengaruh apa yang orang lain lakukan pada Anda.

#5. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain.
Saya sudah pernah membahas ini di artikel sebelumnya. Klik di sini untuk membaca.

#6. Jangan terlalu banyak berpikir.
Maksudnya adalah jangan terlalu banyak berpikir hal yang negatif dan bikin pusing. Lama-lama Anda bisa jadi orang gila seperti di pinggir jalan. Pemikiran yang terlalu banyak akan membebani pikiran Anda. Pikiran yang bertumpuk membuat Anda malas dan tidak bersemangat melakukan apa pun. Bagaimana Anda bisa hidup tenang jika pikiran terus terusik dan diganggu oleh banyaknya hal yang masuk ke pikiran Anda?

#7. Smile dan kalau bisa tertawa.
Saat Anda tersenyum dan tertawa, otak mengeluarkan hormon endorfin yang katanya memiliki kekuatan berkali lipat lebih dahsyat dari morfin. Efeknya adalah Anda akan merasa feeling good. Efek samping lainnya adalah wajah Anda lebih cerah dan awet mudah ketimbang mereka yang tiap hari merengut seperti kuali gosong. Cobalah miliki kebiasaan tersenyum atau tertawa. It feels so good. Buktikan sendiri. Tapi ingat, jangan tersenyum apalagi tertawa sendiri di tempat umum, nanti dikira, Ah Anda pasti sudah tahu maksudnya.

Coba lakukan 7 aturan tersebut dengan sungguh-sungguh dan lihat hasilnya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
----------------------------------------------------------------------------
Buku mengenai cara hidup tenang dan bahagia, klik di sini.
----------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/Suhardi.Inspirator.Motivator
http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi
Instagram: @SuhardiMotivasi

1 comment: