Social Icons

Pages

August 1, 2014

Dilema Zona Nyaman

Mungkin Anda sudah pernah mendengar kata zona nyaman atau comfort zone berkali-kali. Ini adalah sebuah zona atau keadaan di mana Anda merasa nyaman dan aman, baik itu berupa tindakan atau kehidupan atau apa pun. Contoh paling mudah adalah profesi. Ketika Anda sudah berkutat pada sebuah profesi dalam waktu lama, biasanya Anda akan merasa nyaman di profesi tersebut.

Tapi, zona nyaman menyimpan sedikit kekurangan dan kelemahan dalam hidup Anda. Zona nyaman memiliki sebuah dilema yang berhubungan langsung dengan Anda.

Zona nyaman memang sangat menyenangkan, karena Anda sudah merasa nyaman di dalamnya. Tapi dalam hal pengembangan diri dan perubahan hidup, zona nyaman adalah musuh dan racun yang menghambat diri Anda. Ingat baik-baik, salah satu yang menghambat Anda untuk mengubah hidup adalah karena Anda begitu asik dan tak mau lepas dari zona nyaman yang selama ini Anda tempati.

Mari saya berikan contoh. Anggap Anda bekerja di sebuah perusahaan. Anda sudah lama bekerja di sana—sudah bertahun-tahun. Tapi Anda tidak puas dengan pekerjaan tersebut karena gajinya kecil dan naiknya pun hanya sedikit dalam jangka waktu yang lama. Anda tahu harus berubah dan berusaha mencari pekerjaan baru yang lebih menjanjikan.

Tapi apa daya, Anda tidak berani berubah. Anda merasa sangat nyaman dengan pekerjaan yang sekarang ini, mungkin karena mudah atau tidak terlalu menyita waktu. Di sisi lain, Anda takut untuk mencari pekerjaan baru. Anda mungkin berpikir, pekerjaan yang baru sangat tidak menyenangkan, mungkin sangat menyita waktu, mungkin membuat Anda super sibuk, mungkin Anda tidak cocok dengan pekerjaan baru tersebut.

Anda malas untuk memulai lagi dari awal. Anda malas memasuki sebuah dunia pekerjaan baru yang sama sekali asing dan mungkin sama sekali berbeda. Anda terlalu sayang kalau harus meninggalkan kenyamanan yang sekarang demi sesuatu yang baru yang sangat tidak nyaman pada awalnya.

Apakah Anda mulai paham dengan siklus ini?

Itulah mengapa zona nyaman sangat berbahaya jika Anda ingin membuat perubahan dalam hal apa pun di dunia ini.

Zona nyaman memang nyaman dan menyenangkan. Tidak ada yang salah jika Anda ingin terus berada di dalamnya. Tapi Anda harus ingat, kalau ingin berubah ke arah yang lebih baik, Anda harus mengorbankan zona nyaman itu.

Beranikah Anda meninggalkannya?

Tidak semua orang berani. Bahkan banyak orang lebih memilih menetap di zona nyaman meski ingin sekali keluar. Mereka takut memasuki zona baru yang terasa asing.

Memang benar, meninggalkan zona nyaman dan memasuki zona baru sangatlah tidak menyenangkan. Sangat sulit dilakukan pada awalnya. Ini dikarenakan naluri manusia yang memang dirancang untuk lebih mengejar kenyamanan daripada ketidakpastian. Berada di luar zona nyaman berarti Anda sedang menuju sebuah zona baru yang tidak pasti (dalam jangka pendek).

Tapi Anda tidak punya pilihan lain. Anda takkan bisa membuat perubahan apa pun kalau terus berada dalam zona nyaman. Zona nyaman hanya akan memberikan apa yang selama ini sudah Anda dapatkan. Kalau Anda ingin lebih, Anda harus keluar dari zona nyaman itu, suka atau tidak suka.

Satu tips buat Anda. Apa yang menjadi zona nyaman Anda saat ini adalah zona asing di masa lalu. Coba resapi kata-kata ini baik-baik. Sebelum merasa nyaman terhadap sesuatu, Anda pasti merasa canggung pada awalnya, bukan? Begitu pula dengan zona nyaman Anda saat ini. Sebelum menjadi zona nyaman, Anda pasti merasa tidak nyaman dan tenang. Seiring berjalannya waktu, Anda perlahan-lahan terbiasa dan mampu beradaptasi sehingga Anda jadi nyaman.

Nah, kalau Anda tidak puas dengan hidup yang sekarang dan ingin mengubah hidup menjadi lebih baik, lebih sukses, lebih kaya dan lebih bahagia, Anda harus minggat dari zona nyaman Anda. Mungkin terasa tidak enak pada awalnya. Itu wajar. Setelah beberapa lama, semuanya akan terbiasa dan zona asing tersebut akan berubah menjadi zona nyaman di masa mendatang.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment