Social Icons

Pages

August 21, 2014

Cerita Inspiratif - Lelucon Yang Sama

Suatu ketika, ada seorang bijak yang sedang berbincang-bincang dengan beberapa orang yang sedang mengalami masalah. Masing-masing dari mereka curhat mengenai masalah yang sedang mereka alami.

Setelah semua orang mengeluarkan unek-unek masalahnya, akhirnya orang bijak tersebut buka mulut. Semua orang dengan bersemangat mendengarkan penjelasan darinya.

Alih-alih mendapatkan solusi, orang bijak tersebut malah menceritakan sebuah lelucon. Mereka tidak mengerti mengapa orang bijak itu menceritakan lelucon. Tapi meski begitu, mereka tetap tertawa karena leluconnya memang sangat lucu.

Usai menceritakan lelucon, lalu orang bijak itu berhenti sejenak. Mereka bersiap-siap dan mulai mendengarkan dengan serius.

Tapi lagi-lagi, orang bijak itu menceritakan lelucon yang sama seperti lelucon pertama. Mereka tambah bingung. Meski begitu, beberapa orang tetap tertawa kecil. Beberapa orang hanya diam.

Setelah itu, orang bijak itu berhenti sejenak. Mereka kembali bersiap mendengarkan solusi dari orang bijak itu.

Tapi lagi-lagi, ia menceritakan lelucon yang sama untuk ke tiga kalinya. Kali ini, beberapa dari mereka hanya tersenyum. Mereka tidak habis pikir dan terus bertanya mengapa orang bijak itu terus mengulang lelucon yang sama.

Dan lagi-lagi, untuk ke empat kalinya, orang bijak tersebut menceritakan lagi lelucon yang sama. Kali ini tidak ada satu pun dari mereka yang tersenyum. Beberapa dari mereka bahkan merengut pertanda kesal.

Dan salah satu dari mereka bertanya, “Pak, kenapa Anda dari tadi terus menceritakan lelucon yang itu-itu saja. Kami meminta solusi dari bapak, bukan lelucon seperti ini.”

Dan orang bijak itu pun membalas dengan tegas, “Kalian lihat sendiri. Hanya empat kali saya menceritakan lelucon yang sama, kalian sudah bosan. Tapi yang saya heran, kalian terus mengingat masalah kalian sampai berkali-kali dalam waktu lama, tapi tidak pernah bosan.”

Semua orang tertegun dan mulai mengerti apa yang ingin disampaikan oleh orang bijak tersebut.

Pada dasarnya, sesuatu yang dilakukan berulang-ulang pasti akan menimbulkan rasa bosan, sama seperti lelucon pada cerita di atas. Pertama kali mendengar, mungkin sangat lucu. Tapi mendengar lelucon yang sama sampai 10 kali mungkin takkan lucu lagi, bahkan bisa muak.

Nah, herannya, mengapa Anda suka sekali mengingat masalah—sampai tak terhitung lagi—tapi tidak pernah bosan? Anda terus mengingat masalah yang sedang terjadi. Anda terus mengingatnya siang malam selama beberapa hari, beberapa minggu bahkan sampai beberapa bulan. Tapi hebatnya Anda tak pernah capek. Aneh, bukan?

Lagi pula apa untung terus memikirkan masalah sampai stres? Yang ada adalah Anda jadi makin tertekan, makin depresi dan kesehatan bisa terganggu.

Lagi pula apakah dengan memikirkan masalah itu bisa dengan otomatis melenyapkannya? Pastinya tidak.

Dari pada pusing memikirkan masalah, lebih baik pikirkan jalan keluarnya. Itu yang paling tepat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
------------------------------------------------------------------------------


1 comment: