Social Icons

Pages

February 5, 2014

Sukses Tanpa Usaha Dan Perjuangan

Ada satu orang yang sering bertanya kepada saya, “Bagaimana caranya sukses tanpa perjuangan?” Saya itu orang tersebut hanya bercanda karena bertanya sambil senyum dan tertawa kecil. Bukan hanya sekali dua kali bertanya, tapi beberapa kali saya ditanyai seperti itu. Kadang juga bertanya apakah ada buku yang isinya berisi cara sukses seperti itu.

Meladeni orang seperti ini sama saja membuang-buang waktu. Tidak ada gunanya. Karena saya pun tahu orang tersebut agak malas dan maunya yang enak-enaknya saja. Jadi saya hanya diam saja.

Tapi pada kesempatan kali ini, saya akan jelaskan ini kepada ada. Semoga artikel ini menjadi renungan yang berharga untuk Anda.

Apakah ada cara supaya sukses tanpa perjuangan? Kalau ada yang mengatakan ada, saya langsung akan berlutut dan berguru padanya tanpa banyak pikir. Bahkan saya akan bayar bila perlu.

Kenyataan yang terjadi adalah tidak ada hal yang seperti itu. Sukses itu adalah serangkaian proses dari awal perjalanan menuju apa yang kita inginkan. Dan proses itu sendiri membutuhkan tindakan, usaha dan perjuangan. Jadi, bagaimana mungkin Anda bisa menuju ke suatu tempat sedangkan Anda sendiri diam-diam saja tidak bergerak sama sekali?

Meski tidak mungkin terjadi, kadang saya melihat banyak orang berharap dan bahkan berdoa supaya itu bisa terjadi. Saya pun tidak munafik karena saya juga mau seperti itu – kalau ada. Tapi saya sadar itu adalah harapan yang sia-sia. Kalau Anda berharap Tuhan akan memberikan jalan supaya bisa sukses tanpa usaha dan perjuangan, Anda akan mendapat PHP – Pemberian Harapan Palsu. Semakin Anda meminta, semakin Anda jadi stres karena tak kunjung terjadi.

Coba Anda lihat sendiri orang-orang sukses, apakah ada di antara mereka yang sukses tanpa pernah berjuang sama sekali?

Apakah ada di antara mereka yang entah bagaimana caranya langsung sukses dalam sekejap tanpa melakukan apa pun?

Tidak ada, bukan? Di balik setiap kisah sukses, pasti ada kisah perjuangannya. Anda bisa melihat sendiri bagaimana mereka memulai dari awal, bagaimana mereka menghadapi rintangan, bagaimana mereka terus gagal berkali-kali sampai akhirnya sukses.

Ada yang bilang bisa sukses tanpa usaha, caranya dengan meminta pada jin seperti pada tokoh Aladin. Haduuhhhh, pertama itu fiksi, tak ada hubungannya dengan dunia nyata. Yang kedua, bukankah kita juga harus berusaha untuk menggosok-gosokkan cangkir supaya jin muncul? Bukankah kita juga berusaha berpikir keras mau meminta apa pada jin itu?

Menikah dengan anak orang kaya, anak tunggal, orang tuanya punya perusahaan dan sakit jantung? Itu pun Anda harus berusaha mendekati anaknya. Kadang tidak gampang.

Menang lotere, seperti di Amerika yang kadang bisa menang puluhan sampau ratusan juta dolar? Bukankah Anda juga harus berusaha pergi keluar rumah untuk membeli lotere, berusaha bekerja agar dapat uang untuk beli lotere?

Jadi apa pun itu, sukses butuh usaha. Kalau Anda tidak mau berusaha dan berjuang, jangan pernah berharap untuk sukses. Anda pasti terkena PHP.

Jadi, intinya adalah tidak ada yang namanya sukses tanpa perjuangan. Yang ada adalah sukses dengan cara yang lebih cepat dan efisien. Nah, kalau itu ada.

Ibarat Anda sedang berada di Monas, sedangkan Anda ingin pergi ke Ancol. Ada banyak jalan dan rute menuju ke sana. Ada pula banyak sarana untuk menuju ke sana. Ada banyak pilihan. Kalau Anda ingin cara tercepat, Anda harus menggunakan mobil dan mengambil rute terpendek dan tidak macet. Itu adalah usaha untuk menuju tempat tujuan dengan cara yang paling cepat. Tapi kalau Anda ingin sampai ke sana hanya dengan diam mematung, bisa saja sih sampai ke Ancol. Caranya menunggu bumi terbalik dan berguncang keras. Ada kemungkinan Anda terlempar jauh dan sampai di sana.

Oke, semoga artikel ini menginspirasi Anda dan salam.
----------------------------------------------------------------------------
http://www.suhardicamp.com
http://www.facebook.com/suhardi.inspirator.motivator
http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi

1 comment:

  1. Sukses tidak mempunyai rahasia, kunci sukses semuanya sama.. Perlu kerja keras, tekun, dan tentunya punya pengetahuan apa yang ingin dijalani.

    ReplyDelete