Social Icons

Pages

February 12, 2014

Sebuah Rahasia Kehidupan

Hidup kita ini memiliki lapisan-lapisan yang banyak. Jika kita bisa mengupas lapisan-lapisan tersebut, kita akan mengetahui rahasia kehidupan serta tahu bagaimana cara menjalaninya. Setiap lapisan yang kita kupas, akan memberi kita sebuah pemahaman baru akan kehidupan ini.

Sebenarnya ada banyak sekali lapisan-lapisan yang ingin saya kupas. Tapi tidak memungkinkan karena terlalu banyak. Jadi saya akan bahas ini secara berkala dalam beberapa bagian. Untuk kali ini, saya akan bahas mengenai satu hal.

Salah satu hal yang sering Anda salah nilai adalah persepsi Anda terhadap seseorang. Misalnya Anda menilai orang lain lebih beruntung atau lebih sial dari Anda. Seperti yang saya katakan, hidup itu memiliki banyak lapisan. Kadang kita hanya melihat lapisan luarnya, tapi tidak tahu isi lapisan di dalamnya, sehingga ketidaktahuan ini membuat kita tidak mengerti rahasia kehidupan ini.

Anda melihat orang kaya. Anda iri dan merasa mereka sangat beruntung sedangkan Anda merasa sial dan apes. Anda ingin menjadi seperti mereka.

Anda menganggap mereka hebat, harta berlimpah, rumah besar, banyak mobil mewah. Pastilah hidup mereka sangat bahagia. Padahal mereka sangat stres dan hidup penuh utang. Atau mungkin rumah tangga mereka berantakan. Dari luar mereka membuat Anda iri. Tapi di dalam, mereka punya banyak masalah yang tidak kita tahu.

Saya ada teman yang kenal seorang pemborong yang membangun properti/perumahan. Saya sering dengar betapa dia tiap hari pusing bagaimana supaya perumahannya laku. Uang yang dipakai untuk membangun perumahan tentu dari pinjaman bank yang disertai bunga. Jika tidak laku, otomatis waktu berjalan terus dan jika tidak sanggup melunasi dalam waktu yang ditentukan, Anda bisa tebak sendiri akibatnya. Itulah yang dirasakannya.

Atau mungkin Anda melihat pasangan yang begitu mesra di acara reuni. Mereka terlihat begitu serasi dan membuat banyak orang iri dan kagum. Tapi siapa sangka bahwa mereka sebenarnya hidup saling membenci, tidak saling mencintai, bahkan sedang dalam proses perceraian.

Atau mungkin Anda melihat teman Anda sekolah di luar negeri yang bergengsi. Mungkin Anda merasa masa depannya cerah. Padahal begitu lulus, tetap sulit dapat kerja. Kadang gajinya pun tidak besar dan tidak sebanding dengan gelarnya. Saya sering melihat yang seperti ini.

Mungkin Anda melihat orang yang suka dugem, selalu terlihat happy dan gembira. Padahal ia sedang merasa kesepian, tertekan batin dan sedang dalam masalah berat.

Mungkin Anda melihat anak tetangga Anda sudah besar-besar semua. Tetangga Anda pasti sudah tenang karena anak mereka sudah besar. Padahal mereka sakit hati karena anak mereka tak berbakti, suka judi, suka dugem bahkan pecandu narkoba.

Kita selalu tertipu dengan penampilan luar, tapi tidak pernah bertanya apa yang ada di balik penampilan luar itu. Yang kita tahu hanyalah apa yang terlihat bagus di luar sudah pasti bagus pula di dalam.

Itulah yang seringkali tidak kita sadari. Semua orang punya masalah. Setiap orang punya masa-masa sulit. Kesulitan dan masalah bukan hanya milik orang miskin tapi juga milik orang kaya. Orang menikah ada masalahnya sendiri. Orang lajang juga ada masalahnya sendiri. Orang sukses ada masalahnya, orang gagal juga ada masalahnya. Anak muda ada masalahnya, orang tua juga ada masalah. Jadi tiap orang ada masalah masing-masing. Anda tidak sendirian.

Jadi Anda jangan buru-buru memberi penilaian mentah seperti itu. Jangan Anda merasa bahwa Anda ini sial. Anda harus tahu, banyak orang yang jauh lebih sial dari Anda. Banyak orang yang tidak beruntung melebihi Anda.

Di balik setiap kesulitan yang Anda alami, pasti ada sesuatu yang bisa membuat Anda tersenyum bahagia. Itulah harta berharga yang pasti dimiliki oleh semua orang di dunia ini. Jangan terlalu silau oleh apa yang dimiliki orang lain karena itu belum tentu bisa membuat Anda bahagia.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
-----------------------------------------------------

3 comments:

  1. Artikelnya mantaap Pak Suhardi...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih, silakan kunjungi lagi secara berkala.

    ReplyDelete
  3. sangat menginspirasi sekali, ternyata pemahaman saya mengenai hidup masih minim, artikelnya keren

    ReplyDelete