Social Icons

Pages

August 16, 2015

Cerita Inspiratif - Uang Kotor dan Kusut

Suatu ketika seorang guru memasuki sebuah kelas. Saat masuk, ia mendapati murid-murid dengan wajah yang sangat murung. Ia sudah menduga sebelumnya. Kemarin saat perlombaan Cerdas Cermat (sejenis kuis untuk menguji pengetahuan siswa), beberapa siswa unggulan mereka kalah oleh siswa dari sekolah lain. Siswa tersebut ada di kelas yang sedang dimasukinya.

Karena kekalahan itu, semua siswa di kelas merasa sedih. Mereka tidak bisa menerima kekalahan itu. Mereka jadi diam dan tidak bersemangat saat berlangsungnya pelajaran sekolah. Mereka seperti tidak berada di dalam kelas. Sang guru sempat menanyakan beberapa pertanyaan tapi tidak ada satu siswa pun yang antusias menjawab. Ia juga bertanya apakah ada yang mau mengerjakan soal di papan tulis. Tidak ada yang mengangkat tangan.

Akhirnya guru itu menyerah dan menghentikan pelajaran. Sebagai gantinya ia mengeluarkan selembar uang kertas senilai seratus ribu rupiah dan menunjukkannya pada siswa di kelas. “Yang mau uang ini silakan angkat tangan.

Seluruh siswa mengangkat tangannya.

Sang guru lalu meremas-remas uang tersebut hingga kusut. Ia bertanya lagi, “Yang masih mau uang ini silakan angkat tangan.”

Seluruh siswa mengangkat tangan.

Sang guru kemudian menjatuhkan uang ke lantai dan menginjaknya berkali-kali hingga kotor. Lalu ia memungut uang itu dan bertanya, “Siapa yang masih mau uang ini?”

Seluruh siswa kembali mengangkat tangan.

Sang guru menjelaskan, “Meskipun uang itu sudah diremas dan injak sampai kotor dan kusut, kalian tetap menginginkannya. Uang itu tetap bernilai seratus ribu rupiah, tidak berkurang sedikit pun meski sudah menjadi seperti ini. Kalian juga seharusnya seperti uang ini. Kalian sedih karena kelas kalian kalah dalam Cerdas Cermat. Tapi kalian tetaplah diri kalian seperti dulu. Jangan sakiti diri kalian karena kekalahan. Jangan anggap kalian tidak berguna karena kekalahan itu. Kalian adalah siswa yang pintar dan hebat. Meskipun kalah kalian tetaplah luar biasa. Ingat itu baik-baik.”

Pembaca sekalian,

Seringkali Anda dijatuhkan, diremas-remas dan diinjak oleh kekalahan atau pun kegagalan dalam hidup ini. Itu bukan berarti apa-apa. Jangan jatuhkan dan rendahkan nilai diri Anda karena hal-hal seperti itu. Ingatlah uang tidak berkurang nilainya meskipun diremas, dimasukkan ke dalam air atau diinjak-injak. Nilainya tetap seperti itu tidak peduli apakah bersih atau kotor, rapi atau kusut. Anda juga sama berharganya dengan uang. Nilai diri Anda tidak berkurang sedikitpun meski gagal, kalah, kecewa dan terjatuh. Anda tetap diri Anda.

Jangan seperti kebanyakan orang lain yang ketika kalah langsung mencap dirinya lemah, yang ketika gagal langsung mencap dirinya bodoh, yang ketika jatuh langsung mencap dirinya tidak berguna. Mereka merendahkan nilai dirinya saat mengalami sesuatu yang tidak sesuai harapan.

Anda itu sebenarnya sangat berharga dan bernilai. Anda adalah orang dengan potensi luar biasa yang sedang bersembunyi di dalam diri Anda. Anda mungkin belum menyadari siapa diri Anda. Tapi percayalah akan ada saatnya bagi Anda untuk melihat diri Anda yang sebenarnya. Saat kekalahan dan kegagalan datang, jangan biarkan itu merendahkan nilai diri Anda apalagi sampai membuat Anda merasa tidak berharga sama sekali. Ini sangat membahayakan karena itu sama saja mematikan potensi diri Anda. Jadilah seperti uang yang tetap punya nilainya sendiri.

Semoga bermanfaat dan bagikan ke teman-teman Anda.

---------------------------------------------------

1 comment: