Social Icons

Pages

July 22, 2015

5 Wejangan Sukses Yang Kurang Tepat

Berbicara mengenai kesuksesan, setiap orang pasti ingin mengetahui caranya dan tiap-tiap orang menggunakan caranya sendiri. Seperti yang Anda ketahui, banyak tip-tip sukses yang sudah Anda ketahui dan mungkin sudah sering Anda dengar sejak kecil. Tapi di balik itu, ada beberapa wejangan yang tidak berlaku lagi sekarang ini. Wejangan tersebut bukannya salah, melainkan kurang tepat dan tidak bisa lagi diaplikasikan di masa sekarang. Jika Anda menerapkannya, bisa jadi Anda akan sulit menemui kesuksesan.

Apa saja wejangan tersebut?

#1. Sukses membutuhkan kerja keras
Siapa pun pasti tahu kalimat ini. Lalu apakah benar kerja keras dapat membuahkan kesuksesan? Kenyataannya adalah tidak semuanya. Banyak orang yang sudah bekerja keras siang malam dan banting tulang sampai lelah, namun tidak sukses-sukses juga. Lihat saja mereka yang bekerja sebagai buruh, tukang becak, tukang bangunan, pekerja kasar lainnya. Mereka bekerja keras namun tidak sukses dan kaya. Yang tepat adalah sukses selain butuh kerja keras, kerja pintar juga sangat penting. Di zaman sekarang ini, mengandalkan otot saja tidak akan cukup. Otak juga harus diandalkan. Bahkan dalam beberapa kasus, kerja menggunakan otak selalu mengalahkan mereka yang hanya mengandalkan otot.

#2. Jika kita tidak pernah menyerah, kita pasti suskes
Kalimat ini juga sangat akrab di telinga kita. Mereka yang sukses pasti tidak pernah menyerah. Kalimat ini hanya setengah benar. Kalimat ini benar jika kita mengambil cara lain untuk meraih sukses. Meskipun pantang menyerah, kita tidak akan pernah sukses jika kita terus melakukan hal yang sama berulang kali. Dengan kata lain, kita akan terus gagal jika melakukan hal yang jelas-jelas membawa kegagalan. Ibarat kita menemui jalan buntu dan terus mengambil jalan tersebut tanpa berusaha mencari jalan keluar yang lain. kita harus fleksibel dengan tindakan dan cara yang diambil. Ketika tindakan A gagal, itu adalah umpan balik agar kita mencari tindakan B. Jika kita ngotot dengan tindakan A, kita akan terus gagal tidak peduli seberapa hebat sikap pantang menyerah yang kita miliki. Fleksibel adalah kunci pentingnya.

#3. Jika ingin sukses, harus punya impian
Kalimat ini sering digaung-gaungkan oleh para motivator. Meskipun benar, tapi menurut saya kurang tepat. Ada yang kurang dari kalimat tersebut. Jika tidak percaya, saya ingin ajukan Anda sebuah pertanyaan. Apakah Anda setuju semua orang punya impian? Pasti setuju, bukan? Lantas apakah semua orang bisa mewujudkan impian. Kenyataan yang harus Anda sadari dan terima adalah kita memang bisa mendapatkan banyak hal tapi kita takkan bisa mendapatkan semua hal yang kita inginkan. Semua orang pasti punya impian untuk sukses, tapi hanya beberapa saja yang benar-benar sukses. Itulah kenyataan yang terjadi di lapangan. Yang tepat adalah selain punya impian, kita harus merasa layak dan pantas mendapatkan impian tersebut. Sebenarnya, semua yang kita raih saat ini adalah apa yang kita rasa layak dan pantas didapatkan. Meski kita punya impian besar, akan tetapi jika kita tidak merasa layak, maka kita tidak akan mendapatkannya.

#4. Pendidikan adalah gerbang menuju kesuksesan
Ini juga sering disalah artikan oleh banyak orang. pendidikan memang penting untuk mempermudah dan mempercepat meraih apa yang kita impikan. Sayangnya banyak orang salah kaprah. Mereka berpikir pendidikan tinggi sama dengan jaminan kesuksesan. Ini kurang tepat. Inilah sebabnya banyak orang berlomba-lomba membekali anaknya dengan pendidikan terbaik dengan pemikiran bahwa mereka pasti akan sukses di masa depan. Padahal pendidikan bukanlah faktor kesuksesan sepenuhnya. Inti sari dari pendidikan adalah pembelajaran dan pengetahuan, bukan garansi kesuksesan. Lihat saja orang-orang sukses di sekitar Anda yang tidak pernah mengenyam pendidikan tinggi. Bahkan sekarang ini ada banyak orang yang berpendidikan tinggi tapi hidupnya berantakan dan hancur. Kenyataannya banyak sarjana yang menjadi pengangguran dan luntang-lantung. Pendidikan membantu kita sebagian, sisanya tergantung kita sendiri.

#5. Semua akan indah pada waktunya
Menurut saya inilah kalimat yang membuat banyak orang tertipu. Kalimat ini sangat tidak tepat. Yakinkah anda semua akan indah pada waktunya? Percayakah Anda semua hal dalam hidup ini akan selalu indah? Saya bukannya bersikap negatif, tapi saya ingin anda realistis dan berani menghadapi hidup. Salah satu kenyataan pahit dalam hidup ini adalah tidak semua hal dalam hidup ini adalah indah. Ada masa-masa di mana hidup ini akan buruk, itupun tergantung cara Anda melihat peristiwa tersebut. Hidup tidak selalu cerah. Akan ada saat di mana ada mendung dan hujan lebat. Bahkan ada saat terjadi badai dan topan bahkan tsunami. Itulah hidup. Hidup tidak akan selamanya indah. makanya Anda harus berani ikhlas dan menerima kenyataan. Saat Anda berani menerima kenyataan pahit, semua hal buruk akan bisa Anda lewati. Kebanyakan motivator hanya menceritakan hidup yang ebak saja. Sebenarnya tujuan utama dari motivasi adalah berani menghadapi hidup. Hidup bukan hanya menikmati hidup indah, tapi pula berani menerima kenyataan dan menghadapi hidup yang tidak indah. Itulah orang-orang yang kuat dalam mengarungi kehidupan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.

Share via Facebook      Share via Twitter
------------------------------------------------------------------------

1 comment:

  1. Sukses bisa diraih setiap orang, tetapi hanya sebagian orang yang benar-benar serius untuk menggapai sukes, sisanya... kebanyakan ngayal.

    ReplyDelete