Social Icons

Pages

December 22, 2014

Satu Prinsip Penting Dalam Menghadapi Masalah

Siapa pun pasti pernah mengalami masalah. Dan pada kesempatan kali ini saya akan bagikan sebuah prinsip penting yang bisa Anda pergunakan untuk mengatasi masalah apa pun. Bahkan prinsip ini bisa mengubah cara Anda memandang hidup ini yang pada akhirnya mengubah hidup Anda menjadi lebih baik.

Untuk itu saya akan berikan dua cerita pendek. Simak baik-baik.

Ada orang tua yang berada di depan rumahnya. Ia berdiri di atas rerumputan seperti sedang mencari sesuatu. Lalu tiba-tiba ada satu pemuda yang heran melihat gerak-gerik orang tua tersebut dan bertanya, “Pak, apa yang sedang Anda lakukan?”

Orang tua tersebut menjawab, “Aku sedang mencari kunci yang hilang.”

Pemuda itu coba memberi saran, “Coba bapak ingat-ingat lagi di mana bapak terakhir kali menaruh kunci itu!”

Lalu orang tua tersebut berhenti mencari dan berpikir sejenak. Lalu ia menjawab, “Mungkin saya taruh di dalam rumah. Di dapur.”

Pemuda itu tentu heran bercampur bingung. “Lalu kenapa bapak cari di luar?” tanyanya.

Dengan santainya orang tua tersebut membalas, “Karena di luar lebih terang.”

Mari kita lanjutkan ke cerita berikutnya.

Seorang bapak sedang mengetuk pintu depan rumahnya dari dalam. Istrinya merasa heran dengan apa yang dilakukan suaminya.

Istrinya bertanya, “Pa, kenapa papa mengetuk pintu dari dalam?”

“Lagi menunggu seseorang,” kata suaminya.

“Lalu kenapa papa mengetuk pintu?” tanya istrinya lagi.

“Siapa tahu dia buka pintu,” jawab suaminya.

Apa yang bisa Anda pelajari dari dua cerita di atas?

Moral cerita di atas adalah seringkali kita berusaha mencari sesuatu di luar, padahal apa yang kita butuhkan atau apa yang kita cari sebenarnya ada di dalam diri kita.

Ketika sedang terjadi masalah, kita sering tergoda untuk menyalahkan apa pun atau orang lain. Kita sendiri tidak pernah introspeksi diri. Kita selalu beranggapan bahwa apa yang yang terjadi dalam hidup ini adalah tanggungjawab orang lain. Banyak orang yang memiliki kebiasaan seperti ini karena kebiasaan ini sangat mudah dilakukan. Tinggal salahkan orang lain dan kita lepas tangan.

Benarkah demikian?

Contoh yang terjadi baru-baru ini adalah kenaikan harga BBM. Reaksi kebanyakan orang adalah menolak. Banyak pula yang stres. Kita pasti lebih suka menyalahkan pemerintah atau apa pun yang menjadi biang kerok kebaikan harga BBM. Silakan kalau kita ingin seperti itu. Tapi, coba pikirkan lagi, apakah itu membantu? Apakah hidup kita menjadi lebih baik? Tidak, bukan?

Saat kita menyalahkan orang lain, kita secara tidak langsung lepas tangan dan tidak mau peduli dengan apa yang terjadi dalam hidup kita. Karena kita merasa orang lain bertanggungjawab, maka kita lepas tangan dan tak berdaya. kita pasrah karena masalah itu ada di orang lain. Padahal yang benar adalah sebaliknya.

Kitalah yang bertangggungjawab terhadap hidup kita sendiri. Pada saat kita bertanggungjawab dan memutuskan bahwa apa pun yang terjadi dalam hidup ini adalah tanggungjawab kita, maka kita merasa berkewajiban untuk melakukan sesuatu.

Ketika masalah datang, yang paling penting adalah apa yang Anda lakukan terhadapnya. Reaksi Anda itulah yang terpenting. Masalah yang sudah terjadi takkan bisa dibatalkan lagi. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan sesuatu terhadapnya. Kalau kita lepas tangan dari tanggungjawab, kita takkan bisa melakukan apa pun. Akibatnya masalah takkan selesai, yang ada malah memburuk.

Untuk lebih jelas, silakan baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Rahasia Membuat Perubahan Besar Pada Dunia. Anda akan sadar bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita adalah cerminan dari apa yang terjadi dalam diri kita.

Ketika terjadi sesuatu, lihatlah ke dalam diri Anda. Semuanya ada di dalam diri Anda. Jangan lihat di luar karena seringkali takkan membantu.

Semoga bermanfaat dan salam. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda.

-------------------------------------------------------------------------------

Twitter: @SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment