Social Icons

Pages

June 7, 2014

Mengapa Kegagalan Itu Penting?

Sekitar seminggu yang lalu, saya menonton film yang dibintangi Tom Cruise berjudul ‘Edge of Tomorrow’. Meski sudah tahu bahwa ini film bergenre sci-fi dan ada alien yang jadi musuhnya, saya cukup tertarik dengan alur ceritanya yang menarik dan ada pesan moral di baliknya.

Bagi yang belum menonton filmnya, saya akan ceritakan secara garis besar. Film ini mengisahkan Tom Cruise sebagai prajurit yang dikirim untuk berperang melawan alien dengan memakai baju robot. Nah, saat peperangan dimulai, Tom Cruise banyak membasmi alien tersebut. Ternyata ia berhasil membunuh satu alien yang langka dengan meledakkan alien tersebut. Sialnya, ia juga mati.

Tapi anehnya, ia kembali hidup—film kembali ke setting awal. Maksudnya dirinya hidup kembali dari awal ia berada di camp prajurit. Istilahnya mati ulang balik. Mengapa bisa begitu? Karena ia berhasil membunuh satu alien langka yang membuatnya bisa hidup kembali dari awal setelah mati.

Dan inilah bagian yang menarik. Bukan saja Tom Cruise bisa mengulang kembali hidupnya, ia bahkan bisa mengingat hidupnya yang sudah-sudah. Dengan kemampuannya ini, ia diharapkan bisa menghancurkan bos alien.

Tentu saja Tom Cruise berusaha berkali-kali dan gagal. Mati ulang balik, mati ulang balik, mati ulang balik. Setiap kali ia mati, ia tahu mana yang membuatnya mati sehingga ia bisa menghindarinya. Saat berhasil menghindari, ia kembali mati karena halangan lain. Lalu ia tahu dan berhasil menghindarinya. Lalu di kesempatan lain, ia mati karena hal lain. Begitu hidup kembali ia sudah tahu dan berusaha menghindarinya. Begitu seterusnya sampai ia berhasil menuju ke pusat bos alien, menghancurkannya dan memenangkan pertempuran.

Nah, bisakah Anda tebak apa yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini? Anda pasti sudah tahu.

Itulah gunanya kegagalan. Kegagalan sebenarnya adalah teman yang sangat berguna untuk meraih sukses.

Tapi banyak orang melihat kegagalan sebagai musuh yang harus dihindari jauh-jauh. Bahkan ada segelintir orang yang sudah menyerah sebelum mencoba karena memikirkan kegagalan. Takut gagal membuat banyak orang berhenti, menyerah kalah, menguburkan impian dan bahkan tidak berani mencoba satu kali pun.

Coba lihat kembali Tom Cruise di film tersebut. Ia gagal dan mati. Justru karena itulah, ia bisa tahu mana yang harus dihindari. Ketika berhasil menghindari satu hal dan kembali terhalang, ia jadi tahu mana lagi yang harus dihindari. Semua itu diakumulasikan sehingga ia mendapat gambaran besar dari tujuannya.

Begitu pula dengan kegagalan yang Anda alami. Kegagalan adalah salah satu cara agar Anda sadar telah mengambil jalan yang salah atau tindakan yang kurang tepat.

Coba Anda berjalan ke arah timur padahal Anda ingin melihat matahari terbenam. Anda takkan tahu ke arah mana Anda berjalan sebelum kegagalan menampar kesadaran Anda. Saat Anda sadar dengan kegagalan, Anda baru bisa berbalik arah ke barat. Itulah gunanya kegagalan.

Jika Anda berpikiran positif dan optimis, kegagalan bukanlah hal yang mengerikan. Kegagalan adalah teman yang bisa menyadarkan Anda bahwa Anda salah jalan. Kegagalan akan menjadi teman yang menghindarkan Anda dari jatuhnya Anda ke perangkap yang sama untuk ke dua kalinya.

Jika Anda berpikiran negatif, maka kegagalan menjadi momok menakutkan. Anda jadi takut untuk bangkit dan mencoba lagi. Cara Anda melihat kegagalan akan menentukan apakah Anda akan sukses atau tidak. Kegagalan tidak menentukan sukses atau tidaknya diri Anda. Cara Anda melihat kegagalan itulah yang akan menentukan nasib Anda sendiri.

Orang gagal melihat kegagalan sebagai musuh sehingga tidak mau memilih untuk menyerah ketimbang berusaha lagi dan bertemu lagi dengan kegagalan itu. Orang sukses melihat kegagalan sebagai peluang untuk menghindari kesalahan yang sama untuk kedua kalinya. Orang sukses menjadikan kegagalan sebagai feedback atau umpan balik yang berguna sehingga bisa mengambil jalan yang tepat dan benar.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
---------------------------------------------------------------------------


No comments:

Post a Comment