Social Icons

Pages

May 23, 2014

8 Tips Menciptakan Hari Yang Luar Biasa

Pernahkah Anda merasa hari ini begitu luar biasa, seolah semuanya berjalan mulus dan menyenangkan? Pernahkah pula Anda menjalani satu hari yang sangat buruk dan tidak menyenangkan? Entah mengapa satu hari itu, Anda merasa tidak beruntung. Lalu apakah Anda ingin menciptakan hari yang luar biasa setiap hari? Memang tidak bisa 100%, tapi setidaknya bisa 90% ke atas.

Banyak yang percaya bahwa hari baik atau buruk datang tanpa diundang. Saya tidak setuju sama sekali. Hidup Anda, apa pun yang terjadi, berada dalam kendali Anda sendiri. Memang ada situasi luar yang tampaknya bisa mempengaruhi hari-hari Anda, tapi pada akhirnya Anda juga yang menentukan hasil akhirnya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berikan 8 tips untuk menciptakan hari yang luar biasa.

#1. Buat tujuan atau daftar akitivitas yang akan Anda lakukan pada pagi hari sebelum beraktivitas. Ini adalah tips yang mungkin sudah Anda ketahui, tapi saya yakin banyak yang tidak melakukannya. Tips ini memberikan Anda gambaran mengenai apa yang akan Anda raih hari itu. Ini mengarahkan Anda ke tempat yang ingin Anda tuju. Kalau tidak, Anda pasti akan mudah tergoda untuk melenceng dari jalur dengan melakukan sesuatu yang bukan prioritas.

#2. Berolahraga. Siapa yang sering olahraga pagi? Saya yakin 95% tidak pernah. Banyak orang sulit melakukan ini karena lebih tergoda untuk tidur di kasur empuk ketimbang bangun pagi untuk berolahraga. Olahraga bukan hanya baik untuk tubuh tapi juga baik untuk pikiran Anda. Olahraga secara teratur membuat tubuh lebih bugar dan pikiran lebih jernih sehingga Anda lebih bergairah untuk memulai hari Anda.

#3. Lakukan prioritas. Banyak orang merasa tidak puas dengan hari-harinya mungkin karena lebih banyak menghabiskan waktunya melakukan hal-hal tidak penting. Perlu Anda ketahui, berhasil menyelesaikan prioritas akan mendatangkan kepuasan tersendiri, apalagi prioritas yang besar. Hari Anda pasti diwarnai dengan kepuasan dan kebanggaan. Kalau Anda lebih banyak habiskan waktu untuk chat gak jelas, periksa email gak jelas, baca koran, ngerumpi, main Clash of Clan, prioritas Anda takkan bisa diselesaikan.

#4. Istirahat sejenak jika capek. Salah satu kebiasaan orang modern zaman sekarang adalah bekerja dan beraktivitas tanpa henti. Anda pasti drop dan kelelahan. Kalau Anda sudah lelah, produktivitas Anda pasti menurun. Mesin paling tangguh sekali pun, kalau tidak pernah stop bekerja, pasti akan rusak. Istirahat, meski hanya 15 menit, cukup untuk membuat badan dan pikiran lebih fresh sehingga Anda bisa kembali beraktivitas dengan energi yang telah dicas.

#5. Senyum. Jangan remehkan senyum. Tahukah Anda ketika tersenyum atau tertawa, otak Anda mengaktifkan hormon endorfin yang kekuatannya lebih besar dari morfin. Hormon ini bertanggungjawab terhadap perasaan senang dan bahagia. Itulah mengapa senyum identik dengan senang. Ketika Anda tersenyum, otak Anda akan mengarahkan Anda pada sesuatu yang entah bagaimana membuat Anda lebih enjoy menikmati hidup. Sebagai bonus, orang-orang di sekitar Anda pun nyaman dan senang bersama Anda. Maukah Anda dekat-dekat orang yang selalu cemberut yang wajahnya berkerut kayak pitbull?

#6. Kurangi pembicaraan yang negatif. Pembicaraan yang negatif akan mempengaruhi Anda cepat atau lambat. Mungkin Anda tidak sadar, tapi ini sangat tidak baik bagi mental Anda. Cobalah Anda terhanyut dalam pembicaraan serius mengenai kriminalitas, resesi ekonomi, kebangkrutan, penyakit mematikan, perang, bencana alam dan sebagainya. Anad pasti terbawa suasana dan tanpa sadar emosi Anda jadi negatif. Itu bisa merusak hari-hari Anda ke depan.

#7. Jangan menunda apa yang bisa diselesaikan hari ini. Ini juga pasti sudah Anda hapal luar kepala. Sayangnya berapa banyak yang benar-benar menjiwai ini? Saat Anda menunda hari ini, sesuatu yang tertunda hari ini akan membebani Anda lebih berat untuk hari esok. Semakin banyak penundaan, semakin beratlah beban Anda untuk hari-hari selanjutnya. Itulah yang membuat orang kebakaran jenggot saat deadline tiba. Kalau Anda menyelesaikan hari ini apalagi untuk hari-hari berikutnya, maka Anda makin tenang dan rileks karena pekerjaan tinggal sedikit. Repot dahulu tenang kemudian. Jangan malah terbalik, tenang dahulu kebakarang jenggot kemudian.

#8. Tidur yang cukup. Orang zaman sekarang waktu tidurnya jauh lebih sedikit dibandingkan zaman dulu. Dulu, kita mungkin sudah tidur jam 9 atau 10. sekarang mungkin jam 12 atau malah begadang. Kalau Anda kurang tidur, esoknya Anda pasti merasa tidak enak. Fokus Anda berkurang drastis. Tubuh tidak segar. Bawaannya mau tidur melulu. Produktivitas Anda pasti terganggu. Tidur yang cukup memungkinkan Anda memulai hari esok dengan tubuh yang dicas penuh.

Semoga 8 tips ini membantu Anda menjalani dan menciptakan hari yang luar biasa. Praktekkan dan lihat sendiri hasilnya. Semoga bermanfaat dan salam.
----------------------------------------------------------------------------
Cara Memotivasi Diri Untuk Meraih Sukses, Klik Di Sini.

http://www.twitter.com/SuhardiMotivasi

No comments:

Post a Comment