Social Icons

Pages

December 24, 2013

Cara Membangkitkan Harapan (Hope)

Apa itu harapan (hope)?

Harapan secara umum adalah apa yang kita inginkan untuk tercapai. Setiap orang punya harapan. Semua orang pasti pernah mengucapkan harapan pada saat seperti ulang tahun, tahun baru, atau pada momen lainnya.

Nah, tapi ada pula segelintir orang yang bahkan tidak punya harapan. Mereka termasuk yang golongan orang-orang yang putus asa (hopeless). Ketika Anda hopeless, Anda merasa hidup ini begitu tidak bermakna karena memang tak ada yang ingin dikejar dalam hidup ini. Istilahnya patah semangat.


Bagi Anda yang sedang hopeless, apakah ingin kembali membangkitkan harapan Anda yang hilang? Mudah, tinggal ikuti tiga langkah ini.

Langkah pertama adalah miliki tujuan atau target atau impian.

Seperti yang saya katakan, harapan adalah apaa yang kita inginkan untuk tercapai. Maka dari itu, Anda harus tahu apa yang benar-benar Anda inginkan dalam hidup ini. Itulah impian.

Bagaimana mungkin Anda bisa berharap kalau Anda bahkan tidak punya tujuan yang ingin dicapai. Orang yang hopeless adalah mereka yang tidak punya impian. Atau mungkin juga mereka punya impian, tapi tidak punya keberanian untuk bermimpi.

Tidak perlu takut bermimpi. Tak ada yang salah kalau Anda punya impian besar. Anda takkan di denda kok. Lihat saja orang-orang sukses, semua yang berhasil mereka wujudkan dalam hidup mereka dikarenakan impian. Tanpa impian, mereka takkan mampu berharap.

Kalau Anda ingin sukses, Anda harus berani bermimpi, bahkan harus berani bermimpi besar. Dengan begitu harapan Anda akan bangkit kembali.

Langkah kedua adalah jangan takut gagal.

Ini yang mungkin paling sulit dilakukan. Takut gagal membuat banyak orang merasa kalah sebelum mencoba. Inilah yang membuat orang jadi hopeless.

Mengapa harus berani gagal?

Sukses itu butuh perjuangan untuk melewati tantangan dan rintangan. Kadang Anda harus gagal berkali-kali dulu sebelum memetik buah kesuksesan.

Ketika Anda berani gagal, gagal akan menjadi masalah yang biasa-biasa saja. Inilah mental yang harus Anda miliki. Banyak orang ketika gagal, menganggap kegagalan adalah masalah yang sangat serius. Padahal gagal adalah hal yang sangat wajar, jadi tidak perlu terlalu dianggap serius.

Kalau Anda terus menganggap serius sebuah kegagalan, lama-lama Anda akan frustrasi dan akhirnya kehilangan harapan. Kalau sudah begitu, Anda pasti akan berhenti dan menyerah, bukan?

Langkah terakhir adalah percaya pada diri sendiri.

Ini pun kadang menjadi masalah buat sebagian orang. Mereka terlalu merendahkan kemampuan mereka sendiri. Mereka sering bilang, “Ah, aku mana mungkin berhasil. Aku bodoh, tidak punya apa-apa, miskin, jelek lagi.”

Penyataan seperti itu akan mematikan potensi Anda sepenuhnya. Ketika Anda sudah tidak percaya pada diri sendiri, permainan berakhir, game over.

Kalau orang lain tidak percaya pada Anda, Anda tetap bisa berhasil asalkan Anda masih percaya pada diri sendiri. Tapi kalau Anda sudah tak percaya pada diri sendiri, ribuan orang yang mengatakan Anda bisa pun takkan berguna.

Apakah Anda percaya Anda bisa sukses atau minimal mampu meraih target yang ingin dicapai?

Anda harus mampu dan percaya.

Orang yang tak punya harapan pasti tidak percaya dirinya bisa berhasil. Makanya mereka hopeless. Diri sendiri saja sudah tak bisa dijadikan andalan. Siapa lagi yang bisa kalau bukan Anda sendiri?

Terlepas apa pun yang sedang terjadi, Anda bisa membangkitkan kembali harapan Anda. Apakah Anda punya harapan di masa lalu, tapi sudah pupus?

Jangan kecewa, lakukan tiga langkah di atas. Miliki impian, jangan anggap serius hanya karena gagal dan percayalah pada diri sendiri.

Semoga bermanfaat dan salam.
-----------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment