Social Icons

Pages

December 13, 2013

3 Hal Yang Membuat Anda Sulit Berkembang

Apakah Anda ingin mengubah hidup Anda?

Apakah Anda ingin diri Anda lebih maju dan berkembang?

Lalu apakah Anda merasa kesulitan dan bertanya-tanya mengapa Anda sulit berubah?

Berkembang menjadi lebih baik atau mengubah hidup menjadi lebih baik adalah hal yang diinginkan setiap orang. Semua orang ingin maju dalam arti maju ke arah yang lebih positif, lebih baik dan lebih maju. Tapi ada kalanya Anda merasa sulit sekali untuk berkembang ke arah sana.

Ada beberapa sebab yang membuat Anda sulit berkembang atau maju. Coba simak dan lihat apakah Anda termasuk salah satunya.

#1: Bergaul dengan teman yang salah.

Ada kutipan yang mengatakan jika Anda ingin tahu siapa diri Anda, lihatlah 5 teman terdekat Anda, maka Anda lebih kurang sama seperti mereka. Salah satu penyebab yang mungkin menghambat kemajuan dan perkembangan Anda adalah lingkungan yang kurang mendukung. Seperti pepatah yang mengatakan Anda sulit menjadi elang jika terus bersama ayam. Apalagi jika Anda berada dalam lingkungan yang sangat negatif.

Apa yang terjadi jika Anda dekat-dekat dengan orang yang sedang flu? Lama-lama Anda akan ketularan karena virusnya. Begitu pula kalau Anda terus bersama orang yang negatif, lama-lama Anda akan ikut tertular dan jadi negatif.

Orang-orang yang negatif itu ibarat penghisap yang terus menarik Anda agar tidak menuju ke tempat yang Anda inginkan. Mereka akan terus berusaha membuat Anda melenceng dari jalur.

#2: Terus tinggal di zona nyaman.

Kita adalah makhluk kebiasaan. Jadi Anda cenderung nyaman melakukan sesuatu yang sudah biasa Anda lakukan. Ketika Anda akan melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kali, Anda pasti merasa tidak nyaman.

Nyaman mungkin menurut Anda itu menyenangkan. Ya, memang tinggal di zona nyaman itu enak dan tenang: berada pada pekerjaan yang sekarang, nyaman dengan kehidupan dan situasi yang sekarang dan lainnya.

Tapi harus Anda ingat, kalau ingin berkembang dan maju, zona nyaman adalah penghalang besar. Anda takkan bisa maju atau berubah kalau terus tinggal di dalam zona nyaman. Zona nyaman membuat Anda tetap stagnan dan itu-itu saja. Anda sadar kalau ingin berubah, Anda harus melangkah menuju tempat baru. Itu artinya Anda harus berani meninggalkan kenyamanan yang selama ini Anda tempati. Mutlak tanpa nego.

Pilihan di tangan Anda. Kalau ingin berkembang, Anda harus tinggalkan zona nyaman. Kalau tidak mau, Anda harus puas dengan hidup Anda yang sekarang dan jangan mengeluh.

#3: Takut gagal.

Mungkin inilah penyebab utama mengapa Anda tidak bisa maju.

Mungkin Anda sadar, Anda harus melakukan sesuatu untuk berubah ke arah yang lebih baik.

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Anda harus take action untuk mengubah hidup.

Tapi jauh di lubuk hati, Anda merasa ada suatu kekuatan besar yang menghadang. Apa lagi kalau bukan karena takut gagal.

Takut gagal telah mematikan banyak potensi Anda untuk meraih yang terbaik. Takut gagal telah menciutkan mental Anda bahkan sebelum mencoba. Di satu sisi Anda ingin sekali maju, tapi di sisi lain Anda berpikir, “Bagaimana kalau gagal? Bagaimana kalau jalannya buntu? Bagaimana kalau banyak halangan?”

Semakin lama Anda berpikir, semakin besar rasa takut Anda akan kegagalan. Dengan begitu, tak ada pilihan lain yang bisa Anda ambil selain tetap di tempat.

Baca 10 pelajaran penting tentang kegagalan agar Anda dapat melihat kegagalan dari sisi yang positif.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam.
--------------------------------------------------------------------------

2 comments: