Social Icons

Pages

May 9, 2015

Keputusan Untuk Sukses

Coba jawab pertanyaan ini dengan hati-hati. Ada tiga ekor katak yang sedang berdiri di atas sebuah batu di tengah kolam. Salah satu dari mereka memutuskan untuk melompat ke kolam. Jadi, ada berapa ekor katak yang masih berada di atas batu sekarang? Hentikan membaca, dan jawab dalam hati.

Ini adalah pertanyaan yang bodoh, bukan? Siapa pun bisa menjawabnya, bahkan anak SD sekali pun. Kalau Anda menjawab dua, maka selamat, Anda salah. Jawaban yang benar adalah tetap tiga ekor. Coba lihat kembali pertanyaannya. Salah satu dari mereka memutuskan untuk melompat ke kolam. Katak tersebut memutuskan untuk melompat, bukan melompat. Jadi, apa yang bisa Anda tangkap dari pertanyaan menjebak ini?

Keputusan saja tidak akan cukup mengantarkan Anda sukses. Kalau memang keputusan untuk sukses bisa langsung membuat Anda suskes, semua orang sudah pasti akan sukses. Membuat keputusan adalah hal yang cukup mudah, meski ada juga beberapa orang yang sama sekali tidak berani membuat keputusan. Anda tinggal bilang, “Tahun depan saya pasti sukses. Jadi saya putuskan tahun ini akan berjuang habis-habisan”, itu sudah keputusan. Siapa pun bisa membuat keputusan seperti itu.

Banyak orang yang begitu bersemangat membuat keputusan raksasa dalam hidup mereka. Namun, berapa persen dari mereka yang benar-benar serius dengan keputusannya? Cuma sedikit persentasenya. Yang sedikit inilah yang bukan hanya bisa membuat keputusan, namun berani menyalurkan keputusannya ke dalam bentuk tindakan nyata. Yang lainnya hanya membuat keputusan di mulut saja.

Di buku saya yang pertama, Pattern of Success, memang dikatakan bahwa faktor dasar untuk meraih kesuksesan adalah keputusan. Keputusanlah yang menjadi awal untuk mengubah hidup. Keputusan adalah sebuah kekuatan untuk mengubah nasib seseorang. Tapi keputusan saja tidak akan cukup. Meraih kesuksesan dengan hanya mengandalkan keputusan saja tidak akan banyak membantu. Keputusan Anda untuk meraih sukses hanyalah langkah awal.

Salah satu perbedaan keputusan yang di buat orang gagal dengan keputusan yang dibuat orang sukses adalah asal dari keputusan itu sendiri. Orang gagal membuat keputusan hanya dari mulut saja. Mereka hanya mengatakan akan begini dan akan begitu. Mereka tidak pernah serius dengan apa yang menjadi keputusan mereka. Keputusan seperti itu hanyalah angin yang numpang lewat. Sedangkan orang suskes membuat keputusan dari hati. Mereka membuat keputusan dari sikap dan komitmen. Mereka bukan hanya memutuskan dari mulut saja. Keputusan yang mereka buat diubah menjadi tindakan untuk mewujudkannya. Keputusan seperti itulah yang benar-benar memiliki kekuatan dahsyat untuk mengubah hidup mereka.

Semoga Anda tercerahkan dan jangan lupa bagikan ke teman-teman Anda.

------------------------------------------------------------------------------

No comments:

Post a Comment