Social Icons

Pages

October 24, 2013

Resep Hidup Tenang Tanpa Banyak Beban Pikiran

Sepertinya stres sudah menjadi teman sehari-hari bagi kebanyakan orang, khususnya bagi yang tinggal di kota-kota besar. Survey membuktikan bahwa orang-orang yang tinggal di kota besar jauh lebih rentan terserang penyakit jiwa ini dibandingkan orang-orang yang tinggal di desa.

Sungguh ironis, kehidupan kota yang katanya sangat penuh hiburan, infrastuktur yang memadai, peluang yang besar serta gaya hidup yang modern dan terlihat menyenangkan ternyata harus dibayar dengan stres. Apakah itu yang Anda inginkan dari hidup ini? Saya yakin semua orang tidak pernah menginginkannya. Semua orang, Anda juga saya ingin hidup yang tenang tanpa beban pikiran. Semua orang ingin pikirannya tenang dan santai dalam menjalani hidup ini. Bukankah hidup ini seharusnya menyenangkan dan harus dinikmati?

Kenyataan ternyata berbicara lain. Untuk itulah artikel ini sengaja saya tulis. Banyak yang bertanya pada saya bagaimana supaya tidak stres dan enjoy menikmati hidup.

Salah satu faktor penting untuk hidup tenang tanpa banyak pikiran adalah menyadari mengapa Anda bisa stres. Umumnya stres terjadi karena Anda punya banyak pikiran. Anda terlalu banyak memikirkan ini dan itu dalam porsi yang terlalu berlebihan. Sama seperti perut yang terus dijejali makanan meski sudah kenyang. Akibatnya pikiran Anda jadi kembung dan kemudian kusut. Pikiran seperti itu sulit diajak tenang.

Dan parahnya, saya sering melihat banyak orang malah stres karena sesuatu yang sebenarnya sangat sepele. Masalah yang sebenarnya kecil atau bisa diabaikan ternyata dibesar-besarkan atau dilebay-lebaykan sehingga seolah jadi masalah besar. Pernahkah Anda bertemu dengan orang seperti ini, yang suka membuat sesuatu yang tadinya tanpa masalah jadi bermasalah atau yang membuat masalah kecil jadi sedemikian besarnya? Itulah orang-orang yang sebenarnya menjerumuskan dirinya ke dalam lembah stres.

Saya sering ditanya oleh orang-orang yang sedang bermasalah. Setelah mereka curhat, ternyata masalah yang mereka alami kebanyakan sepele dan tidak layak dipusingkan. Bahkan ada beberapa yang memusingkan masalah orang lain yang tidak ada hubungannnya dengan mereka. Bukankah waktu terbuang percuma untuk hal-hal seperti ini?

Kalau Anda ingin hidup tenang tanpa banyak beban pikiran, cukup lakukan satu hal ini. Jangan pusingkan masalah-masalah kecil, yang sepele atau yang tidak layak dipusingkan. Masalah-masalah kecil dan sepele seperti inilah yang paling banyak terjadi dalam hidup kita dan banyak orang suka memusingkannya. Heran sekali.

Banyak sekali hal-hal kecil yang menyita perhatian Anda. Sudah menjadi tugas Anda agar semua itu tidak sampai menguras pikiran sampai kusut. Sedikit-sedikit stres. Sedikit-sedikit gelisah. Sedikit-sedikit galau.

Jalanan macet, stres. Dimarahi sedikit, stres. Diejek sedikit, galau. Mati lampu, marah-marah. Ban pecah, pusing tujuh keliling. Pesanan lama diantar, ngumpat habis-habisan. Pesawat delay, stres. BBM lemot, ngeluh. Pernah ketemu dengan orang seperti ini? Mereka ini gampang stres meski hanya hal-hal yang, yah, seharusnya bisa dicuekin. Tapi apa daya, banyak orang tidak bisa melakukannya.

Jangan pernah jejali pikiran Anda dengan sesuatu yang tidak penting. Yang ada makin stres. Jaga pikiran Anda dari sesuatu yang sepele bahkan tidak pantas dipusingkan. Gunakan pikiran Anda untuk sesuatu yang berguna dan bermanfaat.

Jalanan macet, ya biarin. Mau bagaimana lagi? Mengeluh pun takkan bisa membuat jalanan langsung langgeng. Lebih baik Anda gunakan untuk bersiul sambil dengarkan musik ceria. Just enjoy.

BBM pending atau lemot, ya apa boleh buat. Saya kadang tertawa melihat update status aneh-aneh bin kocak yang intinya mengutuki BBM yang lemot. Bahkan ada juga teman saya yang mengeluh dan mengumpat. Langsung saya katakan, “Siapa suruh kamu pakai BB. Kalau gak mau stres karena BBM lemot, buang aja tuh BB. Kalo gak ada BB, kamu gak perlu stres tiap hari.” Kebanyakan langsung terdiam. Agak keras memang, tapi itulah kenyataan.

Kalau memang mau hidup tenang dan pikiran tenang, Anda harus buang jauh-jauh apa pun yang bisa membuat Anda memusingkan masalah itu. Sama seperti teman saya yang suka teler pas BBM lemot. Kalau mereka tidak mau lagi stres, ya jangan pakai lagi BBM. Kalau mau pakai BBM, terima resikonya, jangan stres kalo lemot. Prinsipnya mudah, bukan?

Kesimpulannya, cuekin saja masalah sepele apalagi yang tak berhubungan dengan Anda. Sayang kalau waktunya terbuang untuk hal seperti ini. Sudah paham? 

Kalau sudah, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya dan salam.


------------------------------------------------------

3 comments:

  1. thanks banget gw jadi sadar bahwa hidup itu jangan terlalu ribet.Tapi gw ga yakin kalo hidup bisa sesimpel itu.lu ga bisa ngeremehin hal hal kecil tertentu

    ReplyDelete
  2. Kalau di kantor udah diremehkan Bos, gajih gak cukup, Gue Ingin Usaha sendiri, Tapi Usaha apa Yang cocok buat gue, itu yang bikin stresssssssssssssssss

    ReplyDelete